Contoh Soal dan Pembahasan Termokimia Bagian 1

Yudi

Contoh Soal & Pembahasan Termokimia Bag. I

Soal No.1

Jelaskan pengertian sistem dan lingkungan

PEMBAHASAN :
Sistem adalah segala sesuatu yang menjadi pusat perhatian, sedangkan Lingkungan yaitu hal-hal di luar sistem yang membatasi sistem dan dapat mempengaruhi sistem

Soal No.2
Di dalam gelas kimia direaksikan amonium klorida padat dengan barium hidroksida padat sehingga dihasilkan barium klorida, air, dan gas amonia. Pada reaksi tersebut ternyatasuhu sistem turun dari 25oC menjadi 12oC
Dari fakta tersebut:
a. Tunjukkan manakah yang menjadi sistem dan lingkungannya
b. Temukan apakah reaksi termasuk reaksi endoterm atau eksoterm
c. Buatlah diagram tingkat energinya

PEMBAHASAN :
a. Sistem : Amonium klorida, barium hidroksida, barium klorida, air dan gas amonia, Lingkungan : Gelas kimia
b. Karena terjadi penurunan suhu sistem maka reaksi termasuk reaksi endoterm.
c. diagram tingkat energi
2015-09-06_20-00-31

DOWNLOAD CONTOH SOAL & PEMBAHASAN TERMOKIMIA DALAM BENTUK PDF Klik Disini

Soal No.3
Jika arang (karbon) dibakar dengan oksigen menjadi gas karbondioksida, akan dilepaskan kalor sebesar 393,5 kJ/mol. Tuliskan persamaan termokimianya dan diagram energinya

PEMBAHASAN :
Persamaan Termokimia:
C(s) + O2(g) → CO2(g)         ∆H = -393,5 kJ/mol
Diagram energi
2015-09-06_20-42-13

LIHAT JUGA : Rangkuman Materi Termokimia

Soal No.4
Tuliskan persamaan termokimia dari pernyataan berikut
a. ∆Hfo CaCO3(s) = -1.207 kJ/mol
b. ∆Hco CH3OH(l) = -638 kJ/mol

PEMBAHASAN :
a. Ca(s) + C(s) + 3/2 O2(g) → CaCO3(s)   ∆H = -1.207 kJ/mol
b. CH3OH(l)  + O2 (g) → CO2(g) + H2O(l)   ∆H = -638 kJ/mol

Soal No.5
Pada pembakaran 1,6 gram gas metana (CH4) dibebaskan kalor 80,2 kJ. Tentukan ∆Hco CH4 dan tuliskan persamaan termokimianya (Ar C = 12, H = 1)

PEMBAHASAN :
menentukan jumlah mol CH4

0,1 mol CH4 melepaskan 80,2 kJ, ditanyakan ∆Hco (1 mol) dihitung melalui perbandingan

Persamaan termokimianya:
CH4(g) + 2O2(g) → CO2(g) + 2H2O(l)

Soal No.6
Pada peruraian gas amonia menjadi gas hidrogen dan gas nitrogen diperlukan kalor 46 kJ tiap mol amonia. Tentukan ∆Hfo gas amonia dan tuliskan persamaan termokimianya

PEMBAHASAN :
Reaksi peruraian amonia:
NH3(g) → ½ N2(g) + 3/2 H2(g) ∆H = +46 kJ/mol
Yang ditanyakan adalah ∆Hfo yaitu reaksi pembentukan standar yang merupakan kebalikan dari reaksi peruraian, sehingga nilai ∆H nya menjadi kebalikannya atau ∆Hfo = -46 kJ/mol, persamaan termokimianya:
½ N2(g) + 3/2 H2(g) → NH3(g)  ∆H = -46 kJ/mol

Soal No.7
Ke dalam kalorimeter sederhana direaksikan 25 mL larutan H2SO4 0,5 M dan 25 mL KOH 1,0 M pada suhu 23,5 oC. Ternyata, temperaturnya naik menjadi 30,17 oC. Hitunglah perubahan entalpi reaksi yang terjadi. (Anggaplah bahwa massa jenis larutan 1 g/mL dan kalor jenis larutan 4,2 J/g K)

PEMBAHASAN :
qreaksi = -(qlarutan + qkalorimeter)
Karena kalor kalorimeter diabaikan, maka:
qreaksi = -qlarutan
massa larutan = ρlarutan.Vtotal= 1.(25+25) = 50 gram
∆T = (30,17 – 23,5)oC = 6,67 K
qlar = mlar x c x ∆T
qlar = 50 gram x 4,2 J/g K x 6,67 K = 1400,7 J = 1,4 kJ
mol H2SO4 = 25 mL x 0,5 M = 12,5 mmol
mol KOH = 25 mL x 1 M = 25 mmol
mencari mol H2O

H2SO4 + 2KOH → K2SO4 + 2H2O
m       12,5          25             –             –
r         12,5          25    –     12,5         25    +

s           –              –                 12,5        25
mol H2O = 25 mmol = 2,5 x 10-2 mol
maka untuk 1 mol H2O

Soal No.8
Asam benzoat murni (∆Hc C6H5COOH = -3.277 kJ/mol) sebanyak 1,22 gram (saya koreksi) dimasukkan ke dalam kalorimeter bom yang berisi 1.200 g air (kapasitas kalor kalorimeter = 1.365 J/oC; kalor jenis air 4,18 J/g oC). Hitunglah kenaikan suhu kalorimeter yang terjadi. (Ar C = 12, O = 16, H = 1)

PEMBAHASAN :
menentukan mol asam benzoat

qreaksi = ∆H x mol = -3.277 kJ/mol x 0,01 mol = -32,77 kJ = -32.770 J
qreaksi = -(qlarutan + qkalorimeter)
qreaksi = -(m.c.∆T + C.∆T)
-32.770 J = – (1200.4,18.∆T + 1.365.∆T)
32.770 J = 6381.∆T
∆T = 5,13

Soal No.9
Ke dalam suatu kalorimeter direaksikan 50 cm3 larutan CuSO4 0,1 M dengan serbuk seng (massa seng diabaikan). Ternyata, termometer menunjukkan kenaikan suhu 9 oC. Jika kalor jenis larutan dianggap 4,2 J/g K dan massa jenis larutan 1 g/cm3, tentukan ∆H dari reaksi: CuSO4 + Zn → Cu + ZnSO4

PEMBAHASAN :
massa larutan = ρ.V = 1 x 50 cm= 50 gram
qreaksi = -(qlarutan + qkalorimeter)
Karena kalor kalorimeter diabaikan, maka:
qreaksi = -qlarutan
qreaksi = m.c.∆T
qreaksi = 50.4,2.9 = 1890 J = 1,89 kJ
mol CuSO4 = 0.05 L x 0,1 M = 0,005 mol
∆H = qreaksi/mol = 1,89 kJ/0,005 mol = 378 kJ/mol

Soal No.10
Sebanyak 9,6 gram kristal LiOH ditambahkan ke dalam kalorimeter yang berisi 150 gram air. Setelah kristal LiOH larut, suhu kalorimeter beserta isinya naik dari 27 oC menjadi 33,5 oC. Tentukan entalpi pelarutan LiOH dalam air. (Kalor jenis larutan = 4,2 J/goC dan kapasitas kalor kalorimeter = 11,7 J/oC)

PEMBAHASAN :
qreaksi = -(qlarutan + qkalorimeter)
qreaksi = -(m.c.∆T + C.∆T)
qreaksi = – ((9,6+150).4,2.(33,5-27) + 11,7.(33,5-27))
qreaksi = – 4433,13 J
menentukan mol LiOH

menentukan ∆H LiOH untuk 1 mol

Soal No.11
Pembakaran sempurna 4 gram metana membentuk gas karbon dioksida dan air pada keadaan standar menghasilkan 55,625 kJ. Tentukan entalpi pembakaran molar standar metana

PEMBAHASAN :
menghitung jumlah mol metana

untuk 1 mol (entalpi pembakaran molar standar)

Soal No.12
2P(s) + O2(g) + 3Cl2(g) → 2POCl3(g)          ∆H = -1.150 kJ
H2(g) + Cl2(g) → 2HCl(g)                                ∆H = -184 kJ
2P(s) + 5Cl2(g) → 2PCl5(g)                             ∆H = -640 kJ
2H2(g) + O2(g) → 2H2O(g)                             ∆H = -482 kJ
Hitunglah ∆H untuk reaksi:
PCl5(g) + H2O(g) → POCl3(g) + 2HCl(g)
PEMBAHASAN :
Untuk mencari ∆H melalui hukum Hess dalam bentuk reaksi yaitu cari patokan yaitu zat yang ada muncul satu kali di reaksi-reaksi yang diketahui ∆H nya. Patokan untuk soal ini adalah PCl5, H2O, POCl3, HCl. Kemudian sesuaikan reaksi diketahui sesuai dengan posisi dan jumlah patokan yang ada di reaksi yang ditanyakan, kemudian reaksi dijumlahkan (Jika ada yang sama di kiri dan kanan bisa di coret)sehingga menjadi:
Reaksi I (dibagi 2)                  : P(s) + ½ O2(g) + 3/2Cl2(g) → POCl3(g)                      ∆H = -575 kJ
Reaksi II (Tetap)                    : H2(g) + Cl2(g) → 2HCl(g)                                            ∆H = -184 kJ
Reaksi III (Dibalik & Dibagi 2) : PCl5 → P(s) + 5/2 Cl2(g)                                              ∆H = +320 kJ
Reaksi IV (Dibalik & Dibagi 2) : H2O(g) → H2(g) + ½ O2(g)                                          ∆H = +241 kJ    +

PCl5(g) + H2O(g) → POCl3(g) + 2HCl(g)                    ∆H = -198 kJ

Soal No.13
Diketahui:
∆Hfo H2O(l) = -285,5 kJ/mol
∆Hfo CO2(g) = -393,5 kJ/mol
∆Hfo C3H8(g) = -103 kJ/mol
a. Hitunglah ∆Hc C3H8
b. Berapa kalor yang dilepaskan jika 10 gram C3H8 dibakar sempurna (Ar C = 12, H = 1)
PEMBAHASAN :
a. Jika diketahui data ∆Hfo maka penentuan ∆Hreaksi bisa dicari melalui rumus:
∆Hr = (S∆Hfo produk x koefisien) – (S∆Hfo pereaksi x koefisien)
Reaksi ∆Hc C3H8 yaitu :
C3H8(g) + 5O2(g) → 3CO2(g) + 4H2O(l)
∆Hr = (∆Hfo CO2 x 3 + ∆Hfo H2O x 4) – (∆Hfo C3H8 x 1 + ∆Hfo O2 x 5)
∆Hr = (-393,5 x 3 + -285,5 x 4) – (-103 + 0)
∆Hr = -2219,5 kJ/mol

b. menghitung jumlah mol C3H8

maka ∆Hr nya

Soal No.14
2015-09-09_17-56-07
Hitunglah:
a. ∆Hfo CH4(g)
b. Buatlah diagram tingkat energinya
PEMBAHASAN :
a. menentukan ∆Hfo CH4(g) kita lihat kembali diagramnya
2015-09-09_19-02-52
∆Hfo CH4 dapat ditentukan melalui hukum Hess
Dimisalkan ∆Hfo CHyaitu ∆H1 (Tahap I) dan reaksi yang diketahui sebagai ∆H2 dan ∆H3 (Tahap II)
dimana berlaku:
Tahap I = Tahap II
∆H1 = ∆H2 + ∆H3
∆H1 = -965 + 890
∆H1 = ∆Hfo CH= -75 kJ/mol
b. Diagram Tingkat Energinya

2015-09-09_21-22-12

Soal No.15
Jika spiritus dianggap hanya mengandung alkohol (C2H5OH) saja, berapa gram spiritus harus dibakar untuk menaikkan suhu 100 gram air dari 20 oC menjadi 50 oC? (Dianggap hanya 50% saja kalor yang terpakai)
Diketahui:
∆Hfo  H2O(g) =-240 kJ/mol
∆Hfo  CO2(g) =-394 kJ/mol
∆Hfo  C2H5OH(g) =-277 kJ/mol
Ar C = 12, H = 1, O = 16

PEMBAHASAN :
menghitung kalor yang diperlukan untuk memanaskan air
qreaksi = -(qlarutan + qkalorimeter)
Karena kalor kalorimeter diabaikan, maka:
qreaksi = -qlarutan
qreaksi = -(m.c.∆T)
qreaksi = -(100.4,2.30) = -12600 J = -12,6 kJ
menghitung ∆Ho C2H5OH
reaksi pembakaran C2H5OH
C2H5OH + 3O2 → 2CO2 + 3H2O
∆Hr = (∆Hfo CO2 x 2 + ∆Hfo H2O x 3) – (∆Hfo C2H5OH x 1 + ∆Hfo O2 x 3)
∆Hr = (-394 x 2 + -240 x 3) – (-277 + 0)
∆Hr = -1231 kJ/mol
kalor yang dilepaskan oleh spiritus adalah 2 x -12,6 kJ = -25,2 kJ karena 12,6 itu hanya 50% dari keseluruhan kalor yang dilepaskan
Jadi jumlah mol spiritus adalah


Gr C2H5OH = n x Mr = 0,02 x 46= 0,92 gram

Soal No.16
Diketahui:
∆Hfo  CO2(g) =-394 kJ/mol
∆Hfo  H2O(g) =-285 kJ/mol
∆Hfo  C2H4(g) =+52 kJ/mol
Hitunglah kalor yang dilepas pada pembakaran 6,72 liter gas C2H4 pada suhu 0oC, 1 atm (Ar C = 12, H = 1)

PEMBAHASAN :
menghitung ∆Ho C2H4
reaksi pembakaran C2H4
C2H4 + 3O2 → 2CO2 + 2H2O
∆Hr = (∆Hfo CO2 x 2 + ∆Hfo H2O x 2) – (∆Hfo C2H4OH x 1 + ∆Hfo O2 x 3)
∆Hr = (-394 x 2 + -285 x 2) – (+52 + 0)
∆Hr = -1410 kJ/mol
menghitung jumlah mol C2H4 dalam keadaan STP

maka:
∆H = -1410 kJ/mol x 0,3 mol = -423 kJ

Soal No.17
Diketahui ∆Hfo  CaCO3(s) = -1.207 kJ/mol, ∆Hfo  CaO(s) = -635,5 kJ/mol, dan ∆Hfo  CO2(g) = -394 kJ/mol
Tentukan perubahan entalpi pada proses peruraian CaCO3 dengan reaksi:
CaCO3(s) → CaO(s) + CO2(g)

PEMBAHASAN :
∆Hr = (∆Hfo CO2 x 1 + ∆Hfo CaO x 1) – (∆Hfo CaCO3 x 1)
∆Hr = (-394 x 1 + -635,5 x 1) – (-1.207)
∆Hr = 177,5 kJ/mol

Soal No.18
Diketahui:
HCN(aq) → H+(aq) + CN(aq)    ∆H = +42,8 kJ
H2O (l) → H+(aq) + OH(aq)     ∆H = +53,2 kJ
Hitunglah ∆H dari reaksi : HCN(aq) + OH(aq) → H2O(l) + CN(aq)

PEMBAHASAN :
Reaksi 1 (tetap) : HCN(aq) → H+(aq) + CN(aq)                      ∆H = +42,8 kJ
Reaksi 2 (dibalik) : H+(aq) + OH(aq) → H2O (l)                      ∆H = -53,2 kJ        +
Sehingga :            HCN(aq) + OH(aq) → H2O(l) + CN(aq)    ∆H = -10.4 kJ

Soal No.19
Diketahui persamaan termokimia sebagai berikut.
C4H9OH(l) + 6O2(g) → 4CO2(g) + 5H2O(g)   ∆H = -2.456 kJ
(C2H5)2O(l) + 6O2 → 4CO2(g) + 5H2O(g)  ∆H = -2.510 kJ
Hitunglah perubahan entalpi untuk reaksi:
(C2H5)2O(l)  → C4H9OH(l)

PEMBAHASAN :
Reaksi 1 (dibalik) : 4CO2(g) + 5H2O(g) → C4H9OH(l) + 6O2(g)            ∆H = +2.456 kJ
Reaksi 2 (tetap) : (C2H5)2O(l) + 6O2 → 4CO2(g) + 5H2O(g)                 ∆H = -2.510 kJ        +
Sehingga :           (C2H5)2O(l)  → C4H9OH(l)                                        ∆H = -54 kJ

Soal No.20
Perhatikan siklus Hess berikut.
2015-09-12_22-27-42
Dari siklus Hess di atas, hitunglah nilai perubahan entalpi reaksi:
NH3 + HCl(g) → NH4Cl(s)

PEMBAHASAN :
perhatikan kembali siklusnya
2015-09-12_22-25-27
Dimisalkan ∆Hreaksi NH3(g) + HCl(g)  → NH4C(s) yaitu ∆H1 (Tahap I) dan reaksi yang diketahui sebagai ∆H2 dan ∆H3 (Tahap II)
dimana berlaku:
Tahap I = Tahap II
∆H1 = ∆H2 + ∆H3
∆H1 = +138 kJ + (-314) kJ
∆H1 =  -176 kJ/mol

Soal No.21
Diketahui C2H4(g) → 2C(g) + 4H(g) ∆H = +2.266 kJ dan energi ikatan rata-rata C-H = 413 kJ/mol. Hitunglah energi iakatan rata-rata C=C

PEMBAHASAN :
Struktur ikatannya adalah:
2015-09-13_8-50-59
∆H = (∑pemutusan ikatan) – (∑penggabungan ikatan)
∆H = ( C=C + 4xC-H) – (0)
+2.266 = ( C=C + 4×413)
C=C = 2.266 – 1652 = +614 kJ/mol

Soal No.22
Jika Diketahui energi ikatan S-O = 469 kJ/mol, S=O = 323 kJ/mol, dan O=O = 495 kJ/mol, hitunglah perubahan entalpi dari reaksi berikut:
SO2(g) + 1/2 O2(g) → SO3(g)

PEMBAHASAN :
Struktur ikatannya adalah:
2015-09-13_10-04-18
∆H = (∑pemutusan ikatan) – (∑penggabungan ikatan)
∆H = ( S=O + S – O + ½ O=O) – (S=O + 2xS-O)
∆H = ( 323 + 469 + ½ . 495) – (323 + 2×469)
∆H = (1039,5) – (1261) = -221,5 kJ/mol

Soal No.23
Jika diketahui energi ikatan rata-rata H-H = 436 kJ/mol, Br-Br = 192 kJ/mol dan H-Br = 366 kJ/mol, hitunglah ∆Hfo HBr.

PEMBAHASAN :
Reaksi pembentukan HBr adalah:
½ H2(g) + ½ Br2(g) → HBr(l)
Struktur ikatannya:
½ H-H + ½ Br-Br → H-Br
∆H = (∑pemutusan ikatan) – (∑penggabungan ikatan)
∆H = ( ½ H-H + ½ Br-Br) – (H-Br)
∆H = ( ½.436 + ½.192) – (366)
∆H = (314) – (366) = -52 kJ/mol

Soal No.24
Diketahui:
∆Hfo CO2(g) = -394 kJ/mol
∆Hfo H2O(g) = -285 kJ/mol
∆Hco CH4(g) = -802 kJ/mol
Energi ikatan rata-rata H-H = 436 kJ/mol
Energi atomisasi C(s) → C(g) ∆H = +715 kJ
Tentukan energi ikatan C-H pada CH4

PEMBAHASAN :
Reaksi pembentukan H2O
½ H2 + ½ O2 → HO  ∆H = -285 kJ/mol
Struktur ikatannya:
½ H-H + ½ O=O → H-O-H
∆H = (∑pemutusan ikatan) – (∑penggabungan ikatan)
∆H = ( ½ H-H + ½ O=O) – (H-Br)
-285 = ( ½.436 + ½.O=O) – (2xO-H)
2xO-H = 503 + ½ O=O
Reaksi pembentukan CO2
C +  O2 → CO2       ∆H = -394 kJ/mol
Struktur ikatannya:
C + O=O → O=C=O
∆H = (∑pemutusan ikatan) – (∑penggabungan ikatan)
∆H = ( C + O=O) – (2xC=O)
-394 = ( 715 + O=O) – (2xC=O)
2xC=O = 1109 +  O=O
Reaksi pembakaran CH4
CH4 + 2O2 → CO2 + 2H2O  ∆H = -802 kJ/mol
Struktur ikatannya:
2015-09-13_11-22-43
∆H = (∑pemutusan ikatan) – (∑penggabungan ikatan)
∆H = (4xC-H + 2xO=O) – (2xC=O + 4xO-H)
– 802 = ( 4xC-H + 2O=O) – ((1109 +  O=O)+(2x(503 + ½ O=O))
– 802 = ( 4xC-H + 2O=O) – ((1109 +  O=O)+(1006 +  O=O))
– 802 = ( 4xC-H + 2O=O) – (2115 +  2O=O)
-802 = (4xC-H -2115)
4xC-H = -802 + 2115
C-H = 328,25 kJ/mol

Soal No.25
Diketahui ∆Hfo CO2(g) = -394 kJ/mol, ∆Hfo H2O(g) = -285 kJ/mol, dan ∆Hfo C2H5OH(l) = -227 kJ/mol. Tentukan nilai kalor bakar dari alkohol (C2H5OH). (Ar C = 12, H = 1, O = 16)

PEMBAHASAN :
Mr C2H5OH
Reaksi pembakaran CH4
C2H5OH + 3 O2 → 2CO2 + 3H2O
∆Hr = (∆Hfo CO2 x 2 + ∆Hfo H2O x 3) – (∆Hfo C2H5OH x 1 + ∆Hfo Ox 3)
∆Hr = (-394 x 2 + -285 x 3) – (-227 + 0)
∆H= -1643 + 227 = -1416 kJ/mol
Nilai kalor bakar = ∆Hr x Mr = -1416 kJ/mol x 46 = 65.136 kJ/gram

Sumber Soal : Kimia Kelas XI, Pengarang Unggul Sudarmo Penerbit Erlangga

DOWNLOAD CONTOH SOAL & PEMBAHASAN TERMOKIMIA DALAM BENTUK PDF Klik Disini

 

KINI HADIR LAYANAN BERTANYA TUGAS & PR PREMIUM (FAST RESPOND!!)

CUKUP PAKAI FASILITAS SMS, WA atau BBM Dan PR Mu Terbantu Dengan Cepat

Hanya Rp. 5.000 (Lima Ribu Rupiah) Per soal yang ditanyakan.
Mata pelajaran yang bisa ditanyakan Kimia, Fisika, Biologi, Matematika. (Tingkat SMP & SMA).
Misal kamu mau nanya 3 soal berarti tinggal di kali Rp. 5 rb Jadi totalnya 15 rb
Dana bisa di transfer ke rekening BNI 0360871320 an Yudi Syarif H
Pertanyaan akan kami layani sesudah menunjukan bukti transfer lewat WA dengan no HP ada di bawah

Dijawab oleh guru yang sudah ahli di bidangnya
Layanan Bantuan PR/Tugas dari jam 14.00 s.d 21.30 WIB
(menghindari kecurangan saat ujian)

INFORMASI LEBIH LANJUT HUB : 089622667471 (SMS / WA)

ARTIKEL TERKAIT

43 Komentar

  1. sulfia
    sulfia
    13/11/2015 at 8:02 pm

    terimakash pak Yudi , saya baru saja memulai mengajar di kelas XI, masih belum begitu paham menyelesaikan soal-soal thermo, smg ini menjadi amal sholeh, terimakasih

  2. sulfia
    sulfia
    13/11/2015 at 8:11 pm

    pak Yudi kenapa soal no.9 kok cuma sampai Qr saja , yang diminta soal kan perubahan entalpi reaksi?

  3. Yudi
    Yudi
    13/11/2015 at 9:47 pm

    Sama2 bu. Amin, jika perubahan entalpi yang diminta dalam satuan kJ maka akan sama dengan Qr tapi kalau diminta satuannya kJ/mol tinggal dibagi mol dari CuSO4, nanti saya tambahkan

  4. rian
    rian
    01/03/2016 at 8:46 pm

    terima kasih, pak .
    bloknya keren .
    Saya tunggu postingan selanjutnya ya, pak.

  5. Yudi
    Yudi
    01/03/2016 at 10:17 pm

    sama-sama..ok

  6. ari
    ari
    13/03/2016 at 5:28 pm

    Pak nomor 1 bukannya reaksi eksoterm ya?

  7. Yudi
    Yudi
    16/03/2016 at 7:02 pm

    no 1 yang mana? no 1 bertanya sistem & lingkungan

  8. Vira meilinda
    Vira meilinda
    03/04/2016 at 3:21 pm

    Pak yudi, mau nanya nih. Soal nmr 8 yg q larutannya bknnya hanya pake m air saja?Kok itu ditambah sm m asam benzoat?.satu lagi nih pak soal nmr. 10 yg di tanya entalpi pelarutan berarti soal itu mengecoh kita dan bknnya berati q kalorimeternya di abaikan ya pak?.tlong jelasin ya pak.. mksh sebelumnyaa. Dgn adanya web ini sngt membantu saya mempelajari kimia smg bapak mndpt bnyk pahala. Aamiin

  9. debbyza
    debbyza
    05/04/2016 at 7:23 am

    pak ko gabisa di print 🙁

  10. adi saputra
    13/04/2016 at 6:08 pm

    bagus soal soalnya but gax bisa dicopy huh

  11. Yudi
    Yudi
    15/04/2016 at 8:07 am

    makasih, bisa di download kok adi

  12. Yudi
    Yudi
    15/04/2016 at 8:14 am

    betul debbyza, mohon dimaklum kami melindungi karya yang kami buat

  13. Yudi
    Yudi
    15/04/2016 at 9:56 am

    no 8 sudah dikoreksi. yang no.10 q kalorimeter tidak diabaikan..aminn thanks vira

  14. Innola
    Innola
    24/08/2016 at 8:59 am

    Pak, mau meminta koreksinya itu yang nomer 2, disoal kan dijelaskan suhu sistem turun berarti suhu lingkungan naik maka seharusnya termasuk reaksi eksoterm bukan endoterm.

  15. Anggraini
    Anggraini
    31/08/2016 at 4:16 pm

    Pak yang nomor 13 itu kan ditanya entalpi pembakaran kenapa jawabannya entalpi reaksi?

  16. Anggraini
    Anggraini
    31/08/2016 at 4:33 pm

    Pak yang nomor 15 itu kan kalor yang dkeluarkan kenapa dikali 2? bukannya dibagi 2? kan kalor yang terpakai hanya 50%?

  17. Anggraini
    Anggraini
    31/08/2016 at 4:49 pm

    Pak Yudi yang nomor 22 struktur SO2 bukannya o=s=o?

  18. Radya hadianto
    Radya hadianto
    01/09/2016 at 7:02 pm

    Yang no 15, kalor yang dilepaskan spiritus 2 x -12,6. Mengapa kalornya dikali 2 ?

  19. Liana
    Liana
    04/09/2016 at 4:05 pm

    Pak, kalau beli cd sama pezmbahasan yang diyoutube isinya beda gak ya

  20. Yudi
    Yudi
    06/09/2016 at 7:08 pm

    entalpi reaksi itu secara umum. pembakaran juga termasuk reaksi. jadi sama saja anggraini

  21. Yudi
    Yudi
    06/09/2016 at 7:09 pm

    sama saja..kalau beli sambil nyumbang juga buat pengembangan website

  22. Yudi
    Yudi
    06/09/2016 at 7:12 pm

    suhu turun itu menandakan terjadinya proses endoterm. karena termometer sebagai lingkungan yang merasakan turunnya suhu. kalor pada termometer ditarik oleh sistem. atau dalam rumusan delta H = – m.c delta T. jika suhu turun maka delta T negatif. negatif kali negatif akan positif sehingga delta H nya positif atau endoterm

  23. Yudi
    Yudi
    06/09/2016 at 7:33 pm

    kalor yang dilepaskan oleh spiritus adalah 2 x -12,6 kJ = -25,2 kJ karena 12,6 itu hanya 50% dari keseluruhan kalor yang dilepaskan. jadi 100% adal dua kali kalor yang dilepaskan

  24. Yudi
    Yudi
    06/09/2016 at 7:34 pm

    bukan anggraeni. struktur lewis SO2 melibatkan kovalen koordinasi. jadi rumus strukturnya O=S-O

  25. alpha
    alpha
    09/09/2016 at 8:14 am

    Soal no 8 jawbannya srius itu 5000an drjt celcius ??? Gila tahan ya

  26. Yudi
    Yudi
    09/09/2016 at 4:46 pm

    ada solusi lain?

  27. Natasya Kamil
    Natasya Kamil
    12/09/2016 at 8:52 pm

    thxx banget pakk.. btw no.8 aku pake mol-nya asam benzoat, satu aja, jadinya perubahan suhunya nantinya cuma 0,5 celcius. saya rasa itu lebih make sense sih.. tapi yaudah aku tulis aja dua2nya ^^ makasih pak

  28. nia syaniah
    nia syaniah
    18/09/2016 at 5:16 pm

    pak yudi tolong nomor 9 nya diperbaiki .

  29. Yudi
    Yudi
    19/09/2016 at 2:25 pm

    yang salahnya ada dimana nia?

  30. nibrasky
    21/09/2016 at 3:47 am

    kak yudi mau nanya
    rumus delta h= q/n atau -q/n ? sementara ini aku nyimpulin kalau reaksinnya eksoterm itu pake -q/n terus kalau endoterm pake q/n. terus aku mau nannya kalo misalnnya delta h nya udah diketahui yaitu -430 terus molnnya 2 terus kita mau cari kalor yang dilepas berarti itu kan reaksi eksoterm ya. nah itu jadi -430=-q/n2 atau -430=q/2 ??

    terus buat yang soal nomer 10 itu kalau delta hnnya positif reaksinnya endoterm dong? padahal kan di soal reaksinnya eksoterm (terbukti suhunnya naik)

    terus aju juga mau nannya kalo rumus delta h=q/n digunakannya pas apa dan ada syarat apa gitu buat pake rumus itu?

    ditunggu jawabannya hehe
    makasih sebelumnnya ^_^
    sangat bermanfaat nih artikel

  31. nibrasky
    21/09/2016 at 4:17 am

    terus aku mau nannya kalo buat yang nomer 7 itu perubahan entalpi reaksinnya yang dihitung kenapa yang K2SO4? kenapa engga yang H2O aja? hehe soalnnya aku baca dari salah satu sumber kalo reaksi penetralan itu tergantung dari hasilnnya yaitu air.

    terus buat yang rumus qreaksi=-(qlarutan+qkalorimeter)

    bedannya q larutan sama q reaksi apaa? kan yang direaksikan itu larutan itu itu juga :3

    makasih

  32. Yudi
    Yudi
    21/09/2016 at 10:49 am

    delta H = q/n dipakai jika ditanyakan kalor per 1 mol. atau satuannya J/mol atau kJ/mol. rumusnya tetap baik ekso atau endo. no 10 ada kesalahan itu harusnya delta H = -4433,13/0,4 jadi jawabannya seharusnya -11.082 kJ/mol eksoterm

  33. Yudi
    Yudi
    21/09/2016 at 10:56 am

    betul sudah kita betulkan. thanks koreksinya

  34. Yudi
    Yudi
    25/09/2016 at 9:21 pm

    saya rubah massanya menjadi 1,22 gram. kalau di buku itu terlalu besar kalau 1220 gram

  35. LILI
    LILI
    02/10/2016 at 10:23 am

    pak kenapa soal yang no 7 mol h2o dicari, dan kenapa mol h2o yang dibagikan dengan q larutan di saat pencarian delta H ?

  36. Yudi
    Yudi
    03/10/2016 at 4:28 pm

    karena ini perubahan entalpi netralisasi yang diukur permol H2O yang terbentuk

  37. Frisca
    Frisca
    05/10/2016 at 3:38 pm

    Makasiii banyak ya pembahasannyaa

  38. nadia
    16/10/2016 at 7:37 pm

    Pak yang no7 itu kan sisanya ada 12.5 K2SO4 dan 25 H20 knp yang dipakai 25 sisa dr H2O padahal K2SO4 juga memiliki sisa

  39. putri
    16/10/2016 at 7:42 pm

    Pak yang no7 itu kenapa harus H20 yg dibagi dalam -q reaksi sedangkan K2SO4 memiliki sisa juga ,tolong jelaskan pak saya tidak paham

  40. Yudi
    Yudi
    17/10/2016 at 9:36 pm

    sebenarnya delta H netralisasi untuk 1 mol asam atau 1 mol basa. tapi bisa juga digunakan H2O sebagai patokannya. delta H yang saya cari patokannya adalah H2O. maka delta H tersebut per 1 mol H2O yang dihasilkan

  41. gunawan
    28/10/2016 at 9:13 pm

    tank you

  42. ihza mahendra
    ihza mahendra
    05/12/2016 at 5:54 am

    Pak mau tanya.. Itu yg nomer 1 kan terjadi penurunan suhu sistem..berarti ada suhu yg lepas kel lingkungan… Bukanya eksoterm…
    Mohon penjelasanya..

  43. Yudi
    Yudi
    05/12/2016 at 6:30 am

    penurunan suhu dirasakan oleh lingkungan. karena mengukur suhu itu menggunakan termometer yang merupakan lingkungan. jadi yang mengalami penurunan suhu bukan sistemnya tapi lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Pesan kamu*

Komentar kamu akan ditinjau dulu sebelum ditampilkan

Name*
Email*
Url