Ga Lulus SNMPTN? Kenapa Galau, Keep Moving Guys!

Yudi

Tanggal 9 Mei 2015 kemaren kita yakin banyak dari teman-teman yang galau karena ga masuk PTN lewat jalur SNMPTN. Gimana ga, udah kebayang gimana enaknya masuk PTN yang diimpikan tanpa harus susah-susah ngapalin buat ujian SBMPTN. Sedih wajar sih, tapi jangan kelamaan. Kita masih ada harapan kembali buat ngewujudin mimpi yang sebelumnya sedikit terkubur karena salah satu jalan tertutup. Waktu Saya mau kuliah dulu, jalur PTN juga sama kayak sekarang. Dulu ada jalur UMPTN and PMDK. Tapi ga kayak sekarang jalur Undangan yang dulu namanya PMDK pengumumannya ga dempet ke ujian UMPTN/SBMPTN tapi jauh-jauh sebelumnya. Jadi kalau kita udah pasti ga lulus, masih banyak waktu buat persiapan UMPTN. Mungkin banyak dari kalian semua yang udah yakin bakal masuk PTN lewat SNMPTN Undangan. Tapi pas liat pengumuman, Gubrak!!! ternyata ga masuk. Trus kebayang tuh waktu tes SBMPTN tinggal kurang dari sebulan lagi, belum persiapan, belum baca-baca..waaah!!. But, Don’t Panic Ambil Jurus 1000 langkah buat persiapan SBMPTN atau tes masuk PT lainnya. Kalau boleh ngasih saran, coba deh di simak.

1. Saya yakin waktu mau UN kamu sedikitnya udah belajar. Evaluasi lagi mana materi-materi yang belum kamu kuasain. Kalau banyak yang belum dikuasai?? Wah pilih deh materi yang sanggup kamu kuasain dalam waktu mepet, tapi harus bener-bener dikuasai dari kedalaman materi dan variasi soalnya. Oh ya jangan lupa materi yang dikuasai harus yang sering muncul di SBMPTN atau tes PT lainnya.

2. Kalau kamu udah maju ke step penguasaan, coba deh cari-cari soal yang sederhana dulu. Udah bisa dan bikin kamu semangat mulai deh cari soal yang levelnya agak tinggi dikit. Kalau ga bisa jangan ditutup bukunya. Bagusnya kamu punya buku pembahasan soal-soal SBMPTN. Saat kamu ga bisa dan mentok, jangan takut dan malu buat liat pembahasannya.

3.  Cari pembahasan soal-soal yang tidak acak, maksudnya cari buku-buku pembahasan yang pembahasannya per bab atau per rumpun materi. Jadi kamu bisa nemuin variasi soal dalam satu bab. Kebayang kalau kamu belum nguasain materi tapi liat soal yang campur aduk. Yang ada tambah frustasi deh.

4. Lakukan itu terus menerus tiap hari (konsisten), korbankan dulu waktu maenmu, waktu jalan-jalanmu buat ngapalin dulu persiapan ujian SBMPTN. Kalau ga gitu tragedi 9 Mei bakal terulang lagi. Amit-amit kan.

5. Fokus belajarnya, maksudnya kamu susun tuh jadwal belajarnya. Senin belajar matematika, Selasa kimia, dll. Ketika kamu belajar matematika jangan biarkan buku kimia ada disampingmu. Karena pastinya bikin buyar lagi konsentrasi, karena kimia masih belum bisa..hihi

6. Cari temen atau guru yang bisa dijadikan tempat diskusi atau bertanya saat kamu kesulitan menghadapi soal-soal tertentu. Kalau mau kerja kelompok jangan sampai berakhir jadi kumpulan maen-maen ya, ntar malah ngerujak ujungnya.

Jadi mulai deh dari sekarang. Jangan tunggu lagi, karena masuk PT salah satunya bisa bikin kamu lebih sukses di masa depan. So guys. Let’s Prepare Right Now!

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Pesan kamu*

Komentar kamu akan ditinjau dulu sebelum ditampilkan

Name*
Email*
Url