GIMANA SIH CARA LULUS MASUK PTN ?

Yudi

Buat kamu siswa kelas XII SMA, mesti  siap-siap meninggalkan indahnya masa SMA. Tapi sebelum itu, kamu  harus siap-siap menghadapi setumpuk ujian. Mulai dari Ujian Sekolah, Ujian Nasional (UN), sama Ujian praktek. Sudah beres itu semua, mulai deh kamu harus mikir lagi buat langkah ke depan, mau kerja atau mau ngelanjutin sekolah lagi. Kalau mau lanjut mesti pilih Masuk PTN atau PTS?. Masing-masing orang kayaknya bakal punya pendapatnya masing-masing. Beberapa orang ada yang ga fanatik masuk PTN, karena sekarang banyak PTS di Indonesia yang kualitasnya bagus dan bisa menandingi kualitas PTN. Baik dari kelengkapan maupun kesempatan bekerja setelah lulus. Tapi bagi kamu yang fanatik pengen masuk ke PTN, kamu ga sekedar hanya punya mimpi saja buat masuk PTN, tapi musti dipikirkan siasat & strategi biar bisa masuk ke PTN yang kamu idamkan. Rata-rata anak SMA yang saya temukan, masih pada galau harus gimana dan harus kemana ngelanjutin kuliahnya. Buat yang mau masuk PTN coba deh disimak beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

MASUK PTN ITU GA SAMA KAYAK KAMU MASUK SMP NEGERI ATAU SMA NEGERI

Kenapa sampai ga sama? ga sama karena perlu usaha yang lebih buat masuk PTN. Kalau biasa bersaing masuk SMP atau SMA,  tingkat saingannya paling sekota. Coba kalau masuk PTN, kamu harus bersaing dengan puluhan ribu pesaing se-indonesia. coba deh lihat contoh daftar peminat masuk ITB tahun 2013 dan yang diterimanya di tahun 2014. Diambil dari halaman resmi SBMPTN.

KODE

NAMA

DAYA TAMPUNG 2014

PEMINAT 2013

UJI KET.
351015

FAK. ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN (FITB)

108

2.422

351023

FAK. TEKNIK PERTAMBANGAN & PERMINYAKAN (FTTM)

134

3.251

351031

  FAK. MATEMATIKA & ILMU PENGET. ALAM (FMIPA)

136

2.248

351045

  FAKULTAS TEKNIK SIPIL & LINGKUNGAN (FTSL)

166

3.155

351053

SEKOLAH FARMASI (SF)

58

1.045

351061

SEKOLAH ILMU & TEKNO. HAYATI – PROG. SAINS

50

994

351075

SEKOLAH TEK. ELEKTRO & INFORMATIKA (STEI)

162

2.927

351083

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI)

156

2.168

351091

FAKULTAS TEKNIK MESIN & DIRGANTARA (FTMD)

118

2.564

Mau lihat PTN yang lain? klik disini.

Kalau kita bisa berhasil masuk SMP atau SMA Negeri Favorit, tapi kalau mau masuk PTN kamu harus lebih waspada. Bayangin aja kita harus bersaing sama ribuan bahkan ratus ribu orang yang pilihannya sama dengan kita. Masuk PTN itu bisa jadi gampang bisa juga jadi susah, semuanya tergantung strategi kamu dan usaha kamu buat belajar. Kalau kamu yakin bener mau masuk ke PTN, dan sukses di sana. Perhatikan juga pemilihan jurusannya. Coba deh disimak saran dari saya.

PILIH JURUSAN YANG SESUAI DENGAN BAKAT & MINAT KAMU

Pengamatan saya di sekolah, ketika pemilihan program IPA atau IPS banyak siswa-siswa yang milihnya ga merhatiin minat sama bakatnya. Bagusnya, milihnya bener-bener sesuai bakat & minatnya bukan salah satunya. Contoh kecil beberapa siswa ada yang milih program IPA karena minat aja, tapi bakatnya ada di program IPS, misalnya jago debat, jago presentasi sama komunikasinya bagus, jiwa entrepeuneurnya yahud. Tapi ngitungnya kurang jago, daya imajinasinya kurang. So pasti pasti bakal keteteran di program IPA. Atau Dia bakatnya di IPA tapi malah ga minat ke IPA. Sama halnya kaya gitu, masuk kuliah juga mesti merhatiin bakat & minat kamu. Sederhananya mulai deh jawab pertanyaan di bawah ini:

  • Kamu di sekolah paling suka pelajaran apa?
  • Di bab mana kamu suka pelajaran itu?
  • Kamu orangnya kaya gimana sih?
  • Coba kelebihan kamu apa aja?
  • Kalau kekurangannya apa aja?

Kenapa harus tau semua itu? Karena di setiap jurusan PTN akan menuntut skill yang berbeda-beda. Contoh nih, kalau kamu mau jadi guru. Kekurangan kamu suaranya kecil atau ga enak di denger, pasti dong ga cocok. Atau kamu orangnya pemalu terus masuk ke jurusan ilmu komunikasi yang menuntut kerja berhadapan dengan berbagai macam orang. Jadi milih jurusan tuh harus bener kamu banget. Jangan terpengaruh karena trend, kamu lebih tahu sama kualitas kamu kelebihan dan kekurangannya. Jadi bagusnya kamu yang paling tepat milih jurusannya. Coba minta pendapat orang lain, tapi setelah kamu ngasih informasi mengenai bakat minat kamu ke orang itu. Biar yang ngasih saran tahu jurusan mana yang tepat buat kamu. Kamu bisa juga tanya-tanya jurusan yang kamu pilih di web ini. Masuk aja ke http://tanya-tanya.com/tempat-nanya-pelajaran-dan-pr/ pilih kategorinya konsultasi jurusan PTN.

PILIH JURUSAN & PTN YANG KAMU PILIH SESUAI KEMAMPUAN DIRI

Saya yakin 100% kamu pasti akan masuk PTN tahun ini, tapi syaratnya kamu harus milih jurusan yang tepat sesuai dengan kemampuan kamu. Kalau di bimbel, masing-masing jurusan di tiap PTN punya yang namanya passing grade/persentase batas minimum lulus. Yang begituan jangan dianggap sepele, karena bikin passing grade itu bukan hasil karangan atau asal-asalan. Apalagi buat bimbel yang udah yahud. Passing grade menjadi patokan buat membantu siswanya lolos ke PTN. Jadi, mereka bikin passing gradenya seakurat mungkin. Jangan aneh kalau passing grade beda-beda. Karena masing-masing bimbel punya cara yang berbeda menentukan passing gradenya.

Tugas kita sekarang adalah ngukur diri kita ada dimana. Gimana cara ngukurnya? Nih saya kasih tips ya

1. Sering-sering ikutan Try Out (TO) SBMPTN, mau yang bayar atau yang gratisan, bisa manual atau bisa ikut secara online seperti di web ini. Sebelum TO pastikan kamu belajar dulu semaksimal mungkin. Jangan sampai ga belajar karena pasti hasilnya ga karuan. Jadi inget, belajar dulu sebelum TO !

2. Catat tiap hasil TO kamu dari awal sampai mendekati ujian SBMPTN. Ambil rata-ratanya, jadikan itu buat referensi pemilihan jurusan di SBMPTN.

3. Ambil passing grade dari beberapa bimbel yang sudah yahud, bisa minta ke temen yang les di sana. Liat passing graden dari beberapa bimbel dan ambil yang hampir mirip.

4. Amannya pilih pilihan I kamu di atas sedikit passing grade yang kamu miliki dari hasil TO. Kalau passing grade kamu 40 %, maksimal ambil yang 45 %. Pilihan II ambil yang mirip-mirip passing grade kamu. Pilihan III ambil yang di bawah passing grade kamu.

So, milih jurusan itu gampang-gampang susah, Cuma perlu waktu serius kamu untuk menentukannya. Jangan asal jeplak, asal disuruh ortu, atau asal ngikutin Trend. Hasilnya nanti kamu ga masuk, sayang kan mesti nunggu setahun lagi.

ARTIKEL TERKAIT


 

2 Komentar

  1. zulkiflytasman
    zulkiflytasman
    08/10/2015 at 5:19 am

    bermanfaat sekali infonya !

  2. Yudi
    Yudi
    08/10/2015 at 9:10 am

    Semoga terus membantu.

Tinggalkan Balasan

Pesan kamu*

Komentar kamu akan ditinjau dulu sebelum ditampilkan

Name*
Email*
Url