Contoh Soal Artikel Bahasa Indonesia SMP

Contoh Soal Artikel Bahasa Indonesia SMP

Soal No.1
Kenaikan harga BBM membuat masyarakat ekonomi lemah menjadi resah. Masyarakat mengkhawatirkan kenaikan harga BBM akan diikuti pula dengan kenaikan harga barang lainnya. Misalnya kenaikan bahan-bahan pokok atau sembako yang akan sangat mmepengaruhi kehidupan masyarakat.
Gagasan utama pada paragraf di atas adalah …
  1. Kenaikan harga BBM menurut pengamat
  2. Kenaikan harga BBM menurut masyarakat
  3. Pengumuman kenaikan harga BBM
  4. Kenaikan harga BBM membuat resah

PEMBAHASAN :
Gagasan utama atau gagasan pokok adalah pokok permasalahan yang terkandung dalam kalimat utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.
Gagasan utama pada paragraf di atas yaitu ” Kenaikan harga BBM membuat resah ” . Gagasan tersebut diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas yang berisi gagasan-gagasan bersifat khusus.
Jawaban D

Soal No.2
Banyak bangunan bersejarah merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda. Bangunan-bangunan tersebut ada yang masih terawat, tapi ada juga yang sudah lapuk dan berlumut. Seperti di Jalan Asia Afrika Bandung, bangunan zaman kolonial Belanda masih banyak yang terawat bahkan digunakan sebagai gedung perkantoran.
Kalimat yang berisi fakta terdapat pada kalimat ke …
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4

PEMBAHASAN :
Kalimat fakta adalah kalimat yang berisi gagasan yang dapat dibuktikan kebenarannyan dan bersifat objektif.

Pada paragraf di atas kalimat yang berisi fakta adalah banyak bangunan bersejarah merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda.
Jawaban A

Soal No.3
Beberapa waktu lalu dunia internasional dihebohkan dengan menyebarnya virus covid-19 diberbagai negara. Virus covid-19 sangat cepat menginfeksi tubuh manusia, bahkan dapat menyebabkan kematian. Infeksi virus covid-19 dapat dicegah dengan melakukan protokol kesehatan secara ketat. Slogan protokol kesehatan 5M sangat dianjurkan oleh Kemenkes yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Dengan melakukan protokol kesehatan secara disiplin terbukti dapat mencegah infeksi virus covid-19.
Simpulan pada paragraph di atas adalah …
  1. Penduduk dunia banyak yang terkena virus covid-19
  2. Protokol kesehatan 5M dapat mencegah infeksi virus covid-19
  3. Virus covid-19 dapat dicegah dengan vaksin
  4. Orang yang terinfeksi virus covid-19 harus dikarantina

PEMBAHASAN :
Simpulan adalah pendapat akhir yang mencakup keseluruhan isi teks. Pada paragraf di atas dijelaskan bahwa Infeksi virus covid-19 dapat dicegah dengan melakukan protokol kesehatan secara ketat.
Jawaban B

Soal No.4
Demam drama Korea dan K-POP sedang melanda negara kita. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menggemari drama korea dan K-POP. Selain itu juga kuliner yang berasal dari negeri ginseng ini banyak dicari sehingga tempat makan ala Korea menjamur di mana-mana. Dunia fashion juga ikut terpengaruh oleh gaya berpakaian seperti yang ada di drama-drama Korea.
Rangkuman yang tepat untuk paragraf di atas adalah …
  1. Bisnis kuliner makanan Korea sangat menjanjikan
  2. Korea dijuluki sebagai negeri ginseng
  3. Muda-mudi berpakaian ala drama Korea
  4. Budaya Korea sedang menjamur di Indonesia

PEMBAHASAN :
Rangkuman adalah rangkaian pokok-pokok dari sebuah teks. Maka rangkuman yang tepat untuk paragraf di atas yaitu budaya Korea sedang menjamur di Indonesia.
Jawaban D

Soal No.5
Badan Kependudukan dan keluarga Berencana (BKKBN) RI mengeluarkan sebuah program dalam upaya penurunan dan pencegahan stunting. Program tersebut melalui pengembangan aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil). Sasaran dari program aplikasi Elsimil meliputi calon pengantin, ibu hamil, pasca persalinan, dan anak-anak usia balita. Pemeriksaan lingkar lengan, lingkar badan, tinggi dan berat badan dari calon mempelai menjadi prasyarat untuk pernikahan sangat penting dalam rangka mencegah kehamilan yang berpotensi stunting.
Kritikan yang tepat terhadap BKKBN adalah …
  1. Edukasi masyarakat mengenai kesehatan lebih utama dibandingkan dengan aplikasi
  2. Program BKKBN mengenai Elsimil sangat bagus
  3. Perekrutan pendamping calon mempelai perlu dilakukan
  4. Peningkatan ekonomi msyarakat dapat menunjang program aplikasi Elsimil

PEMBAHASAN :
Teks di atas menjelaskan tentang pentingnya untuk mencegah stunting. Pencegahan tersebut tentu harus terdeteksi dari awal, yaitu sejak akan dilakukannya pernikahan. Oleh karena itu, aplikasi Elsimil ini diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya stunting.
Jawaban A

Soal No.6

Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!

  1. Study tour ke Museum Geologi Bandung selalu dijadikan salah satu program sekolah
  2. Jadwal keberangkatan pada hari Kamis, 16 Februari 2022 pukul 07.00
  3. Banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang diperoleh di Museum Geologi Bandung
  4. Museum Geologi Bandung adalah tujuan utama acara study tour sekolah kami
  5. Rombongan kami menggunakan 6 buah bus dengan jumlah siswa 300 orang
  6. Guru pembimbing yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 orang

Susunan acara secara berurutan dari kalimat-kalimat di atas  adalah …

  1. 1,6,5,2,3,4
  2. 1,2,4,5,3,6
  3. 4,2,5,6,3,1
  4. 5,3,2,4,6,1

PEMBAHASAN :
Kalimat-kalimat di atas menjelaskan mengenai perjalanan study tour di suatu sekolah. Agar menjadi laporan yang tersusun secara sistematis dengan merujuk pada hubungan gagasan antarkalimat. Maka susunan yang tepat adalah 4,2,5,6,3,1
Jawaban C

Soal No.7
Penyebab kebakaran hutan dapat terjadi secara alami atau karena ulah manusia. Kebakaran hutan secara alami dapat disebabkan oleh sambaran petir, letusan gunung api, dan gesekan antara tumbuhan kering pada saat cuaca panas. Sedangkan penyebab kebakaran hutan karena ulah manusia berasal dari beberapa kegiatan seperti pembukaan lahan untuk pertanian atau perkebunan, pengembangan industri, pengembangan pemukiman, dan kelalaian manusia (nyala api, rokok, percikan listrik, dll).
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi paragraph di atas adalah …
  1. Pada musim hujan tidak akan terjadi kebakaran
  2. Kebakaran karena ulah manusia dapat dicegah
  3. Kebakaran hutan sudah biasa terjadi di Indonesia
  4. Faktor manusia yang menyebabkan kebakaran hutan

PEMBAHASAN :
Dari paragraf di atas dapat diketahui bahwa penyebab kebakaran ada dua yaitu penyebab secara alami dan karena ulah manusia. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh perbuatan manusia dapat dicegah, sedangkan yang terjadi secara alami sulit dihindari.
Jawaban B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page