Contoh Soal Berita Bahasa Indonesia SMP

Contoh Soal Berita Bahasa Indonesia SMP

Teks Berita 1

Pada hari Jumat (30/12) Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan peresmian masjid Al Jabbar yang terletak di Kawasan Gedebage, Kota Bandung. Masjid ini kemudian ditetapkan sebagai Masjid Raya Provinsi Jawa Barat. Peresmian masjid ini dihadiri oleh sejumlah pejabat kementerian, para kepala daerah, dan juga Wali kota Bandung Yana Mulyana.

Teks Berita 2

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara peresmian masjid Al Jabbar menyebutkan bahwa pembangunan masjid Al Jabbar memiliki sejarah panjang. Sejak tahun 2017, saat masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil bertindak sebagai arsitek dari masjid Al Jabbar tersebut. Sedangkan proses groundbreaking dilakukan pada masa Gubernur Ahmad Heryawan.

Soal No.1
Kesamaan informasi pada kedua teks di atas adalah …
  1. Ridwan Kamil mengajak seluruh warga Bandung untuk datang ke masjid Al Jabbar
  2. Ridwan Kamil meresmikan masjid Al jabbar di Kawasan Gedebage
  3. Peresmian masjid Al Jabbar mengundang sejumlah pejabat pemerintahan
  4. Masjid Al Jabbar memiliki kapasitas 30.000 orang

PEMBAHASAN :
Berdasarkan pada penjelasan kedua teks berita tersebut dapat diketahui bahwa kesamaan informasi yang terkandung di dalamnya yaitu Ridwan Kamil meresmikan masjid Al Jabbar.
Jawaban B

Soal No.2
Dalam proses menggali suatu berita, jurnalis berpedoman pada 5W 1H. Lokasi peristiwa pada berita tersebut dijelaskan pada …
  1. Teks 1
  2. Teks 2
  3. Kalimat 1 teks 2
  4. Kalimat 2 teks 1

PEMBAHASAN :
Unsur-unsur dari 5W 1H yaitu what, where, when, who, why, dan how. Lokasi peresmian masjid Al jabbar terletak di Kawasan Gedebage, kota Bandung yang dijelaskan pada teks berita 1.
Jawaban A

Soal No.3
Berwisata ke kebun binatang sangat digemari oleh anak-anak. Akan tetapi selama pandemi covid-19 tempat-tempat wisata terutama kebun binatang tidak dapat beroperasi seperti biasa. Hal ini menyebabkan banyak hewan-hewan koleksi kebun binatang yang sakit bahkan mati karena kurangnya perawatan. Pihak pengelola mengalami kesulitan dalam merawat koleksi binatangnya karena tidak ada adanya pemasukan yang biasanya diperoleh dari tiket pengunjung.
Isi berita dari teks berita di atas adalah …
  1. Pandemi covid-19 terjadi di mana-mana
  2. Wisata ke kebun binatang sangat digemari oleh anak-anak
  3. Pandemi covid-19 mengakibatkan banyak binatang yang sakit dan mati
  4. Pengelola kebun binatang banyak merumahkan karyawannya

PEMBAHASAN :
Teks berita di atas menjelaskan tentang dampak pandemi covid-19 terhadap tempat wisata kebun binatang, yaitu pandemi covid-19 mengakibatkan banyak binatang yang sakit dan mati karena tidak adanya biaya untuk operasional kebun binatang.
Jawaban C

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 4 dan 5!

1) Pada tanggal 20 Februari 2020, saya berobat ke Puskesmas yang dekat dengan rumah saya. 2) Di sana antrian cukup panjang dan tampak para pegawai puskesmas tersebut sibuk melayani pasien. 3) Saya menunggu cukup lama dan setelah diperhatikan antrian menumpuk di bagian administrasi, 4) padahal waktu yang dibutuhkan oleh dokter untuk memeriksa pasien lebih sebentar dibandingkan di bagian administrasi. 5) Saya pikir di Puskesmas tersebut perlu adanya perbaikan sistem di bagian administrasi.

Soal No.4
Pernyataan yang bukan merupakan fakta pada teks di atas ditandai dengan nomor …
  1. 1
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 4
  4. 5

PEMBAHASAN :
Fakta merupakan suatu keadaan atau peristiwa yang benar-benar terjadi atau sesuai kenyataan. Pada teks di atas yang bukan merupakan fakta adalah nomor 5, yaitu saya pikir di Puskesmas tersebut perlu adanya perbaikan sistem di bagian administrasi.
Jawaban D

Soal No.5
Kritikan terhadap pihak Puskesmas dari teks di atas adalah …
  1. Sistem antrian di Puskesmas tersebut harus diperbaiki
  2. Harus ada perbaikan di bagian administrasi
  3. Masyarakat banyak yang berobat ke Puskesmas
  4. Jumlah pasien yang datang ke Puskesmas harus dibatasi

PEMBAHASAN :
Kritikan adalah tanggapan yang mengungkapkan baik atau buruknya sesuatu dan  kemudian memberikan saran/ jalan keluar. Kritik bisa diungkapkan secara tersurat maupun tersirat. kritikan yang tepat untuk teks di atas ada pada kalimat 5) Saya pikir di Puskesmas tersebut perlu adanya perbaikan sistem di bagian administrasi.
Jawaban B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page