Contoh Soal Cerita Pendek dan Novel Bahasa Indonesia SMP

Contoh Soal Cerita Pendek dan Novel Bahasa Indonesia SMP

Arti Persahabatan
Karya: Tafassahu

Salah satu sahabat terbaik Riska yaitu Ika, berasal dari keluarga sederhana, rumahnya yang masih satu kecamatan dengan Riska, membuatnya gampang untuk bermain atau sekedar bertemu dengan Riska. Namun pada hari ini sahabatnya Ika tak pernah keliatan lagi, sudah hampir 3 minggu ini.
“Kok Ika ngga’ pernah keliatan? Kemana ya, biasanya dia selalu masuk sekolah”.
“Mungkin sakit”, jawaban dari Mama.
“Kalo begitu coba nanti sore aku pengen ke rumahnya lagi”, kata Riska sangat bersemangat.
Sudah beberapa kali Riska mengetuk pintu, tetapi tak ada jawaban dari dalam rumah, kemudian tiba-tiba muncul orang dari sebelah rumah.
“Ada apa mba”, tanya orang lelaki itu
“Saya mau mencari teman saya, Ika namanya”, jawabnya cepat
Alangkah terkejutnya Riska mendengar jawaban dari lelaki itu, jika Ika yang selama ini dia kenal dan menjadi sahabatnya mengontrak di rumah itu, kemudian kembali ke desanya karena menurut kabar orang tuanya sudah berhenti bekerja akibat di PHK oleh perusahaannya.
Sekembalinya Riska ke rumah, ia hanya bisa melamun dan tidak bisa berbuat apa-apa. Lantas ia pun bergegas ingin mencari Ika di desanya. “Mama, aku ingin mencari Ika, biarkan dia bisa melanjutkan sekolahnya lagi”, tanyanya
“Baiklah kalo itu keinginanmu, mari bergegas dan segera mencari alamat Ika dahulu”, jawab Mamanya dengan penuh perhatian
Akhirnya keinginan Riska terpenuhi, dan selama beberapa jam bertanya-tanya di tempat pedesaan yang pernah Riska ketahui, bisa menemukan alamat rumah Ika. Kedatangannya pun disambut haru dan isak tangis oleh keluarganya termasuk Ika. Pelukan hangat di antara mereka menjadikan persahabatan semakin erat.
Bacalah kutipan cerpen di atas dengan seksama untuk mengerjakan soal 1-3!

Soal No.1

Konflik utama dalam kutipan cerpen di atas adalah …

  1. Riska berteman baik dengan Ika
  2. Mama Riska membantu mencari alamat Ika
  3. Riska ingin mencari Ika, karena Ika pindah ke desa
  4. Riska tidak melanjutkan sekolah

PEMBAHASAN :
Konflik utama pada kutipan cerpen di atas Riska berteman baik dengan Ika, dan Ika tiba-tiba tidak pernah masuk sekolah lagi. Hal ini ditunjukkan pada kalimat “Ika tak pernah keliatan lagi, sudah hampir 3 minggu ini” dan “Mama, aku ingin mencari Ika, biarkan dia bisa melanjutkan sekolahnya lagi”, tanyanya
Jawaban C

Soal No.2
Suasana dalam cerpen di atas adalah …
  1. Tenang
  2. Mencekam
  3. Sunyi
  4. Ribut

PEMBAHASAN :
Suasana dalam kutipan cerpen di atas adalah tenang. Hal ini terlihat dari dialog antara Riska dan Mama. Riska meminta Mamanya untuk mencari Ika, agar Ika dapat bersekolah kembali. Dialog terjadi dengan situasi yang tenang tanpa keributan.
Jawaban A

Soal No.3
Nilai moral yang terdapat pada kutipan cerpen di atas adalah …
  1. Riska ingin membantu Ika kembali bersekolah
  2. Riska memiliki banyak sahabat
  3. Mama Riska membantu mencari alamat Ika
  4. Tetangga Ika orang yang baik

PEMBAHASAN :
Nilai moral adalah hal-hal baik berkaitan dengan akal, tingkah laku, dan sikap yang dapat diterima secara umum. Berdasarkan kutipan cerpen di atas nilai moralnya adalah Riska bersahabat baik dengan Ika, sehingga Riska ingin membantu Ika kembali bersekolah.
Jawaban A

Bacalah kutipan novel Laskar pelangi berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 4-5!

Ketika penerimaan murid baru, terdaftar kurang lebih 9 murid. Akan tetapi, sayangnya kuantitas tersebut tidak mencukupi syarat keberlangsungannya pendidikan di SD Muhammadiyah itu.
Bahkan, beberapa waktu sebelum adanya hal tersebut, pemerintah daerah dengan melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di Sulawesi Selatan, sedah memberikan peringatan pada pihak Sekolah Dasar Islam tersebut mengenai perencanaan penutupan sekolah yang bisa dikatakan sudah tua itu.
Hal tersebut akan direalisasikan bilamana sekolah tidak mampu mencukupi syarat minimal jumlah murid, yaitu paling tidak 10 siswa. Seperti yang sudah dikatakan, bila hal itu terjadi, mau tidak mau ataupun suka tidak suka, sekolah yang bersangkutan tidak diijinkan untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar.

Karya: Andrea Hirata

Soal No.4
Latar tempat kutipan novel di atas berada di …
  1. SD PN Timah
  2. SDN Inpres
  3. SD Belitong
  4. SD Muhammadiyah

PEMBAHASAN :
Berdasarkan kutipan novel di atas latar tempatnya berada di SD Muhammadiyah, ditunjukkan pada kalimat “Akan tetapi, sayangnya kuantitas tersebut tidak mencukupi syarat keberlangsungannya pendidikan di SD Muhammadiyah itu”.
Jawaban D

Soal No.5
Konflik yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah …
  1. SD Muhammadiyah bersaing dengan SD PN Timah
  2. SD Muhammadiyah sudah tua
  3. SD Muhammadiyah akan ditutup karena kekurangan murid
  4. SD Muhammadiyah kekurangan guru

PEMBAHASAN :
Ketika penerimaan murid baru, terdaftar kurang lebih 9 murid. Akan tetapi, sayangnya kuantitas tersebut tidak mencukupi syarat keberlangsungannya pendidikan di SD Muhammadiyah itu.
Hal tersebut akan direalisasikan bilamana sekolah tidak mampu mencukupi syarat minimal jumlah murid, yaitu paling tidak 10 siswa.
Kedua kutipan tersebut menggambarkan konflik pada novel Laskar Pelangi.
Jawaban C

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page