Home / Biologi / Contoh Soal & Pembahasan Ruang Lingkup Biologi UN SMA

Contoh Soal & Pembahasan Ruang Lingkup Biologi UN SMA

Contoh Soal & Pembahasan Ruang Lingkup Biologi UN SMA

Soal No.1 (UN 2014)
Fenomena kematian ikan secara massal di suatu perairan pantai yang disertai perubahan fisik air laut menjadi kemerahan dan kemunculan organisme bersel tunggal yang melimpah merupakan masalah yang harus dipecahkan oleh ahli Biologi. Penanganan masalah tersebut melibatkan objek Biologi dengan pendekatan cabang ilmu dan tingkat organisasi Biologi….
  1. iktiologi-populasi
  2. toksikologi-populasi
  3. fisiologi-komunitas
  4. sitologi-sel
  5. ekologi-individu

PEMBAHASAN :
Fenomena adanya kematian ikan dapat diindikasikan adanya pencemaran racun dalam air. Ilmu yang mempelajari tentang pencemaran yaitu toksikologi. Karena yang mengalami kematian hanya jenis ikan saja maka tingkat organisasi biologinya yaitu pada tingkat populasi, populasi merupakan sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya. Penjelasan pilihan lainnya:

  • iktiologi : cabang ilmu zoologi yang mempelajari kehidupan (biologi) ikan.
  • fisiologi : salah satu dari cabang-cabang biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan.
  • sitologi : ilmu yang mempelajari tentang sel
  • ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.
  • sel :  kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup.
  • komunitas : sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.
  • individu : organisme tunggal

Jawaban B

DOWNLOAD CONTOH SOAL RUANG LINGKUP BIOLOGI BENTUK PDF Klik Disini

Soal No.2 (UN 2014)
Penggunaan stem cell (sel punca) untuk terapi diabetes melitus tipe 1 dilakukan berdasar pada prinsip pluripotensi stem cell dalam hal kemampuan berdiferensiasi. Terapi tersebut melibatkan objek biologi yang dikaji dalam cabang ilmu dan tingkat organisasi….
  1. anatomi-sel
  2. fisiologi-organ
  3. embriologi-jaringan
  4. genetika-molekul
  5. histologi-jaringan

PEMBAHASAN :
Penggunaan stem cell merupakan kajian biologi mengenai jaringan yang dipelajari melalui ilmu histologi. Yaitu ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis. Sel punca memiliki kemampuan untuk membentuk jaringan yang baru menggantikan jaringan lama salah satunya digunakan dalam pengobatan diabetes melitus tipe 1. Maka objek biologi yang dikaji ada pada tingkat jaringan.
Jawaban E

Soal No.3 (UN 2014)
Alelopati merupakan mekanisme kimiawi tumbuhan dalam menghadapi kompetisi dengan tumbuhan lain. Fenomena tersebut dipelajari pada tingkat organisasi dan objek biologi yang dikaji melalui cabang ilmu….
  1. komunitas-fisiologi
  2. individu-ekologi
  3. populasi-evolusi
  4. organ-morfologi
  5. komunitas-ekologi

PEMBAHASAN :
Alelopati merupakan cara kerja tumbuhan menghadapi persaingan dengan tumbuhan lainnya. Ilmu yang mempelajari mekanisme suatu makhluk hidup yaitu fisiologi atau ilmu mekanis, fisik, dan biokimia fungsi makhluk hidup, organ-organ mereka, dan sel-sel yang mereka tersusun. Alelopati tersebut digunakan tumbuhan untuk menghadapi kompetensi dari tumbuhan yang lain atau dari kumpulan populasi yang terdiri dari berbagai spesies tumbuhan yang saling berinteraksi dalam suatu habitat, dengan kata lain berada dalam suatu komunitas. Penjelasan lain pilihan jawaban:

  • ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.
  • evolusi : perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya
  • morfologi : cabang biologi yang mempelajari bentuk dan struktur organisme dan fitur struktural spesifik mereka.

Jawaban A

Soal No.4 (UN 2014)
Kontribusi biologi dalam pemecahan masalah pangan, antara lain dapat dilakukan melalui teknik poliploidisasi menggunakan kolkisin untuk menghasilkan tanaman pangan unggul dengan produktivitas tinggi. Penelitian untuk tujuan tersebut dilakukan terhadap objek tumbuhan dengan melibatkan perpaduan cabang ilmu Biologi….
  1. Biokimia-Genetika
  2. Biokimia-Morfologi
  3. Sitologi-Anatomi
  4. Genetika-Evolusi
  5. Taksonomi-Evolusi

PEMBAHASAN :
Tanaman pangan unggul yang dihasilkan menggunakan kolkisin yaitu buah tanpa biji yang dapat menghambat pententukan benang spindel dari mikrotubulus. Proses ini melibatkan proses kimiawi dan ilmu yang mempelajarinya yaitu biokimia. Sedangkan untuk mempelajari genetika dan hereditasnya perlu dipelajari menggunakan ilmu genetik
Jawaban A

Soal No.5 (UN 2014)
Fenomena merebaknya keong emas yang semula diintroduksi sebagai binatang hias, tetapi berubah menjadi hama pertanian merupakan masalah yang perlu ditangani dengan pendekatan biologi. Objek Biologi tersebut diteliti dalam cabang ilmu dan tingkat organisasi Biologi….
  1. taksonomi-populasi
  2. ekologi-biosfer
  3. evolusi-ekosistem
  4. ekologi-populasi
  5. evolusi-komunitas

PEMBAHASAN :
Keberadaan keong emas yang berubah peran dari binatang hias menjadi hama pertanian dapat dikaji dengan ilmu yang membahas hubungan antara makhluk hidup dan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya yaitu ekologi sedangkan tingkat organisasinya karena hanya melibatkan kumpulan keong emas maka dikatakan berada pada tingkat populasi yaitu sekumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah pada waktu tertentu.
Jawaban D

Soal No.6 (UN 2014)
Terjadinya reaksi penolakan tubuh setelah transplantasi hati merupakan permasalahan yang memerlukan penanganan berdasarkan kajian biologis. Kajian tersebut dilakukan pada objek Biologi dalam cabang ilmu dan tingkat organisasi….
  1. Imunologi-Organ
  2. Teratologi-Jaringan
  3. Onkologi-Sel
  4. Histologi-Jaringan
  5. Anatomi-Sel

PEMBAHASAN :
Terjadinya penolakan tubuh sesudah transplantasi hati disebabkan karena perbedaan hati yang akan di transplantasikan dengan sistem kekebalan tubuh (imun) orang tersebut. Cabang ilmu yang mempelajari sistem imun yaitu Imunologi sedangkan tingkat organisasinya berada pada tingkat organ yaitu hati.  Penjelasan pilihan lainnya:

  • Teratologi : ilmu embriologi yang khusus mempelajari tentang akibat, mekanisme dan manifestasi embrionik yang cacat (abnormal).
  • Onkologi : sub-bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker.
  • Histologi : ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis.
  • Anatomi : cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup.

Jawaban A

Soal No.7 (UN 2014)
Salah satu upaya penanganan masalah sampah dapat ditempuh melalui rekayasa genetika untuk menghasilkan bakteri pendegradasi plastik. Upaya tersebut melibatkan objek Biologi yang dikaji pada cabang ilmu dan tingkat organisasi Biologi….
  1. Mikrobiologi-Sel
  2. Biokimia-Molekul
  3. Genetika-Molekul
  4. Mikrobiologi-Ekosistem
  5. Ekologi-Komunitas

PEMBAHASAN :
Cabang ilmu biologi yang mengkaji bakteri seperti dalam soal dipelajari oleh Mikrobiologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai mikroorganisme salah satunya yaitu bakteri. Sedangkan tingkat organisasi biologi yang dipelajari berkaitan gen yang berada di dalam sel. Sehingga tingkat organisasi biologinya berada pada tingkat sel.
Jawaban A

Soal No.8 (UN 2013)
Perkembangan ilmu Biologi molekular di bidang peternakan melalui teknik fertilisasi in vitro bermanfaat untuk….
  1. pemenuhan pangan berupa protein
  2. mencegah penularan penyakit
  3. pembuatan biogas
  4. menghasilkan antibiotik
  5. membuat hewan tahan penyakit

PEMBAHASAN :
Pada teknik fertilisasi in vitro embrio dapat dihasilkan di luar uterus induk betina dalam jumlah tertentu. Dan sebelum embrio ini ditanam dalam uterus induk betina dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu pada nitrogen cair bersuhu –196 derajat celcius. Embrio dari jenis unggul ini kemudian dapat diimplantasikan ke induk sapi betina yang tidak unggul bunting semu dari species yang sama. Dengan demikian akan cepat diperoleh banyak sapi unggul. Sapi unggul salah satunya adalah tahan terhadap berbagai penyakit
Jawaban E

Soal No.9 (UN 2013)
Taksonomi, Anatomi, dan Fisiologi tumbuhan merupakan cabang ilmu Biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk….
  1. mengembangkan industri jamu sebagai alternatif obat-obatan herbal
  2. menemukan vaksin dan antibiotik dari tumbuhan
  3. mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia
  4. memproduksi jenis makanan yang bernilai gizi tinggi
  5. mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit.

PEMBAHASAN :
Taksonomi berkaitan dengan ilmu yang mempelajari prinsip dan cara klasifikasi makhluk hidup, anatomi berkaitan dengan cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup., sedangkan fisiologi berkaitan dengan berlangsungnya sistem kehidupan. Pengembagan industri jamu memanfaatkan ketiga ilmu tersebut. Dengan taksonomi dapat diketahui jenis tumbuhan yang bisa dibuat sebagai jamu, dengan ilmu anatomi dapat mengetahui struktur organ tumbuhan yang akan digunakan sebagai jamu dan dengan ilmu fisiologi dapat diketahui zat-zat bermanfaat apa yang terkandung dalam tumbuhan tersebut sehingga dapat dimanfaatkan dalam penyembuhan lewat jamu.
Jawaban A

Soal No.10 (UN 2013)
Ilmu Biologi berkembang pesat di berbagai bidang kehidupan. Salah satu cabang Biologi yang termasuk ilmu terapan adalah Bioteknologi. Contoh peranan bioteknologi di bidang lingkungan adalah….
  1. pembuatan dan penggunaan obat sintetik
  2. mengontrol proses kimia dalam tubuh makhluk hidup
  3. mendeteksi penyakit yang menyerang hewan dan tumbuhan
  4. mengendalikan penyebaran penyakit pada suatu daerah.
  5. penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di pantai.

PEMBAHASAN :
Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Pada pilihan jawaban yang paling sesuai adalah penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di pantai
Jawaban E

Soal No.11 (UN 2013)
Perkembangan ilmu Biologi di bidang Anatomi dan Fisiologi dalam dunia kedokteran dapat digunakan untuk mengatasi penyembuhan berbagai penyakit pada manusia yaitu….
  1. identifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit pada manusia atau hewan
  2. pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang, dan hati.
  3. pengaturan pola makan bergizi menggunakan teknik rasio
  4. rekombinasi susunan gen virus flu burung buatan
  5. penemuan vaksin dan antibiotik

PEMBAHASAN :
Anatomi cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Sedangkan fisiologi berkaitan dengan ilmu yang mempelajari tentang fungsi dan juga mekanisme kerja berbagai organ tubuh makhluk hidup. Kedua ilmu tersebut dapat mengatasi penyembuhan yang berkaitan dengan pencangkokan ginjal, jantung, sumsung tulang belakang dan hati. Anatomi menjelaskan struktur dan organisasi organ-organ tersebut sedangkan fisiologi memaparkan fungsi dan mekanisme organ-organ tersebut saat pencangkokan
Jawaban B

Soal No.12 (UN 2013)
Teknologi kultur jaringan diterapkan dalam memenuhi kebutuhan tanaman pertanian yang bermanfaat untuk….
  1. menciptakan tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit
  2. membentuk tanaman yang produktivitasnya tinggi
  3. menghasilkan bibit unggul dalam jumlah banyak dengan sifat yang bervariasi
  4. menghasilkan bibit tanaman dalam jumlah banyak dengan sifat seragam
  5. menciptakan tanaman transgenik dengan sifat yang berbeda dari induknya.

PEMBAHASAN :
teknologi kultur jaringan merupakan metode guna mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali. Metode ini digunakan salah satunya untuk menghasilkan bibit tanaman dalam jumlah yang banya dengan sifat yang sama dengan induknya (seragam).
Jawaban D

Soal No.13 (UN 2013)
Manfaat kemajuan perkembangan Bioteknologi untuk mengungkap kasus kejahatan di bawah ini adalah….
  1. identifikasi korban kejahatan melalui pemeriksaan golongan darah.
  2. visum tubuh korban untuk mengetahui jenis peluru yang ditembakkan
  3. pemanfaatan anjing pelacak untuk menemukan narkotik yang diselundupkan
  4. pemanfaatan anjing pelacak untuk mencari pelaku kasus pencurian
  5. sidik DNA untuk menentukan terdakwa kasus kejahatan

PEMBAHASAN :
Bioteknologi merupakan ilmu terapan biologi yang memanfaatkan makhluk hidup dalam teknologi untuk kepentingan manusia. Sidik DNA merupakan serangkaian tes untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi genetik melalui asam deoksiribonukleat atau yang lebih sering disingkat DNA. Sidik DNA ini dimanfaatkan untuk memecahkan masalah hukum melalui sidik jari seseorang yang dimiliki setiap individu yang berbeda-beda. Selain itu, Sidik DNA pun dapat digunakan untuk menentukan hubungan kekerabatan
Jawaban E

Soal No.14 (UN 2012)
Perkembangan ilmu Biologi pada bidang Mikrobiologi dan Patologi sangat berguna bagi dunia kedokteran untuk….
  1. Mengidentifikasi DNA manusia
  2. pencangkokan organ tubuh
  3. melakukan fertilisasi in vitro
  4. pengaturan pola makan yang baik
  5. mengidentifikasi mikroba penyebab penyakit

PEMBAHASAN :
Mikrobiologi merupakan ilmu cabang dari biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme. Sedangkan Patologi mempelajari penyakit dan penyebabnya. Pilihan yang tepat adalah mengidentifikasi mikroba yang merupakan bagian dari mikroorganisme yang merupakan penyebab penyakit yang dipelajari oleh patologi
Jawaban E

Soal No.15 (UN 2012)
Dahulu orang beranggapan bahwa penyakit malaria disebabkan udara buruk. Berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran/kesehatan, penyakit ini dapat dibasmi dan diupayakan penyembuhannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara efektif pencegahan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles sp adalah….
  1. melepas predator nyamuk Anopheles
  2. memutus daur hidup nyamuk Anopheles
  3. mengobati penderita malaria sampai tuntas
  4. mengisolasi penderita malaria di ruang khusus
  5. memproduksi obat kimia sebanyak mungkin

PEMBAHASAN :
Proses pencegahan dilakukan sebelum terjadinya gigitan nyamuk Anopheles terhadap manusia. Pilihan C dan D merupakan cara sesudah terjadi gigitan nyamuk tersebut ke manusia. Pencegahan yang paling tepat adalah memutus daur hidup nyamuk Anopheles. Nyamuk Anopheles bertelur dalam air dan akan menetas menjadi jentik-jentik. Maka cara memutus daur hidupnya adalah dengan menguras bak mandi dan mengubur benda-benda yang tergenang air.
Jawaban B

DOWNLOAD CONTOH SOAL RUANG LINGKUP BIOLOGI BENTUK PDF Klik Disini

Lihat Juga

Contoh Soal & Pembahasan Keanekaragaman Hayati UN SMA

Contoh Soal & Pembahasan Keanekaragaman Hayati UN SMA Soal No.1 (UN 2014) Burung, buaya, ikan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: