Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan Isolator Dan Konduktor Panas Tingkat SD

Rangkuman Materi Isolator Dan konduktor Panas Tingkat SD

Kemampuan Benda Menghantarkan Panas

Panas dapat berpindah atau merambat dari yang memiliki temperatur tinggi/ panas ke temperatur yang lebih rendah/ dingin. Ada benda yang cepat panas jika terkena sinar matahari atau api dan ada juga benda yang tidak cepat panas. Panas atau kalor adalah suatu bentuk energi yang lebih dikenal sebagai energi panas. Sedangkan suhu/ temperatur adalah ukuran panas atau dinginnya suatu benda. Suhu dapat diukur dengan menggunakan termometer.

  1. Jenis-jenis benda yang menghantarkan panas
    Benda-benda yang dapat menghantarkan panas disebut konduktor, contohnya benda-benda yang terbuat dari logam seperti alumunium, kuningan, tembaga, seng, besi, dan baja. Alumunium bersifat ringan dan sangat mudah menyerap panas sedangkan besi bersifat berat dan dapat menghantar panas secara bertahap sehingga cocok sebagai bahan untuk membuat setrika. Memasak air  akan lebih cepat mendidih bila menggunakan wadah/ panci yang terbuat dari logam dibandingkan dengan menggunakan wadah dari tanah liat.
  2. Jenis-jenis benda yang tidak menghantarkan panas
    Benda-benda yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator, contohnya benda-benda seperti kertas, plastik, karet, styrofoam, lilin, dan kayu. Bahan isolator digunakan untuk membuat tangkai atau pegangan peralatan memasak sehingga dapat menyekat/ meredam panas.

Mengidentifikasi Benda Isolator Dan Konduktor

Contoh benda konduktor:

  1. Panci, wajan, ceret

    Sumber gambar : Id.wikipedia.org
    Peralatan rumah tangga yang sering dipakai di dapur terbuat dari bahan konduktor karena sering terkena api. Bahan konduktor juga membantu proses memasak menjadi lebih mudah dan cepat.
  2. Setrika
    Untuk merapikan pakaian memerlukan suhu yang panas pada setrika. Alat setrika ini mengubah energi listrik menjadi energi panas. Maka untuk mendapatkan energi panas tersebut, alas setrika harus terbuat dari logam.

    Sumber gambar : Id.wikipedia.org
  3. Tutup panci atau tutup oven

    Sumber gambar : shopee.co.id
    Tutup panci, tutup oven, ataupun tutup wajan biasanya terbuat dari kaca. Kaca termasuk benda konduktor tapi kaca tidak sebaik logam pada saat menghantarkan panas.

Contoh benda isolator:

  1. Gagang wajan, gagang panci, dan gagang setrika

    Sumber gambar : oyimedia.comGagang pada peralatan memasak terbuat dari benda isolator seperti kayu, plastik, atau karet sehingga ketika memasak gagang tidak terasa panas.
  2. Sarung tangan/ pelindung tangan

    Sumber gambar : bukalapak.com
    Contoh peralatan dapur lain yang terbuat bahan isolator adalah sarung tangan. Sarung tangan ini digunakan untuk memegang peralatan dapur yang gagangnya terbuat dari bahan konduktor. Masih banyak jenis panci atau wajan yang gagangnya terbuat dari bahan konduktor.

Contoh benda konduktor dan isolator

  1. Termos

    Sumber gambar : az.wikipedia.org
    Contoh perpaduan bahan konduktor dan bahan isolator  adalah termos air panas. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah termos adalah alumunium dan kaca untuk bagian dalam sedangkan plastik dan gabus untuk bagian luar. Contoh lain peralatan yang merupakan perpaduan konduktor dan isolator adalah pananak dan pemanas nasi atau magic com.

Contoh Soal & Pembahasan Isolator Dan konduktor Panas Tingkat SD

Soal No.1
Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat menghantarkan panas adalah …
  1. Plastik
  2. Besi
  3. Kayu
  4. Gabus

PEMBAHASAN :
Benda-benda yang terbuat dari logam adalah bahan-bahan yang dapat menghantarkan panas seperti alumunium, kuningan, tembaga, seng, besi, dan baja.
Jawaban B

Soal No.2
Benda-benda yang dapat menghantarkan panas disebut …
  1. Isolator
  2. Radiator
  3. Konduktor
  4. Magnet

PEMBAHASAN :
Benda-benda yang dapat menghantarkan panas disebut konduktor. Sedangkan benda-benda yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator.
Jawaban C

Soal No.3
Benda isolator yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah …
  1. Gayung
  2. Wajan
  3. Setrika
  4. Oven

PEMBAHASAN :
Benda-benda yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator, contohnya benda-benda yang terbuat dari kertas, plastik, karet, styrofoam, lilin, dan kayu. Wajan, setrika, dan oven dapat menghantarkan panas sedangkan gayung terbuat dari plastik tidak dapat menghantarkan panas.
Jawaban A

Soal No.4
Benda-benda dari bahan konduktor baik digunakan pada peralatan memasak, karena …
  1. Dapat meredam panas
  2. Dapat menstabilkan suhu
  3. Dapat menyerap dingin
  4. Dapat menghantarkan panas

PEMBAHASAN :
Peralatan rumah tangga yang sering dipakai di dapur terbuat dari bahan konduktor karena sering terkena api. Bahan konduktor juga membantu proses memasak menjadi lebih mudah dan cepat (dapat menghantarkan panas dengan baik).
Jawaban D

Soal No.5
Panas atau kalor dapat merambat dari temperatur …
  1. Rendah ke temperatur rendah
  2. Tinggi ke temperatur tinggi
  3. Tinggi ke temperatur rendah
  4. Rendah ke temperatur tinggi

PEMBAHASAN :
Panas dapat berpindah atau merambat dari yang memiliki temperatur tinggi/ panas ke temperatur yang lebih rendah/ dingin. Ada benda yang cepat panas jika terkena sinar matahari atau api dan ada juga benda yang tidak cepat panas.
Jawaban C

Soal No.6
Peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan konduktor dan isolator sekaligus adalah …
  1. Cobek
  2. Termos
  3. Gayung
  4. Wajan

PEMBAHASAN :
Contoh perpaduan bahan konduktor dan bahan isolator  adalah termos air panas. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah termos adalah alumunium dan kaca untuk bagian dalam sedangkan plastik dan gabus untuk bagian luar. Contoh lain peralatan yang merupakan perpaduan konduktor dan isolator adalah pananak dan pemanas nasi atau magic com.
Jawaban B

Soal No.7
Alat listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi panas adalah …
  1. Setrika
  2. Kipas angin
  3. Kulkas
  4. Lampu

PEMBAHASAN :
Untuk merapikan pakaian memerlukan suhu yang panas pada setrika. Alat setrika ini mengubah energi listrik menjadi energi panas. Maka untuk mendapatkan energi panas tersebut, alas setrika harus terbuat dari logam.
Jawaban A

Soal No.8
Alat untuk mengukur suhu adalah …
  1. Isolator
  2. Moderator
  3. Barometer
  4. Termometer

PEMBAHASAN :
Suhu/ temperatur adalah ukuran panas atau dinginnya suatu benda. Suhu dapat diukur dengan menggunakan termometer.
Jawaban D

Soal No.9
Peralatan dapur berupa sarung tangan karet atau silikon sering digunakan untuk memegang peralatan masak, tujuannya adalah …
  1. Sebagai penahan panas
  2. Untuk menghantarkan panas
  3. Untuk mempercantik peralatan dapur
  4. Untuk menahan dingin

PEMBAHASAN 
Contoh peralatan dapur lain yang terbuat bahan isolator adalah sarung tangan. Sarung tangan ini digunakan untuk memegang peralatan dapur yang gagangnya terbuat dari bahan konduktor sehingga dapat menahan panas. Masih banyak jenis panci atau wajan yang gagangnya terbuat dari bahan konduktor.
Jawaban A

Soal No.10
Berikut ini benda-benda yang terbuat dari bahan isolator adalah …
  1. Ember, gayung, setrika
  2. Wajan, pensil, panci
  3. Gerabah, sarung tangan, sendok besi
  4. Gayung, baskom, ember

PEMBAHASAN :
Benda-benda yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator, contohnya benda-benda yang terbuat dari kertas, plastik, karet, styrofoam, lilin, dan kayu. Maka benda-benda isolator pada pertanyaan di atas adalah gayung, baskom, ember.
Jawaban D

 

Sebelumnya Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan Struktur Bumi & Matahari Tingkat SD
Selanjutnya Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan Energi Listrik Dan Penghematannya Tingkat SD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.