Soal & Pembahasan TPA Bahasa Indonesia SBMPTN 2018

Soal & Pembahasan TPA Bahasa Indonesia SBMPTN 2018

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal Nomor 1 – 5

(1) Bentuk investasi tidak hanya berupa logam mulia properti, atau saham. (2) Hal itu telah dibuktikan Tjammy yang telah mengoleksi kain tradisional nusantara selama lebih dari 40 tahun. (3) Total koleksi kain miliknya mencapai lebih dari 500 buah. (4) Koleksinya, misalnya,  berupa kain antik yang sudah punah karena sudah tidak lagi diproduksi. (5) Salah satu koleksinya yang paling berharga adalah songket Lepus Naga Besaung yang motifnya dirangkai dengan kain berbahan emas murni yang berasal dari Palembang. (6) Ilustrasi berikut menunjukkan bahwa ada alternatif investasi lain  untuk dikoleksi berdasarkan rasa cinta terhadap warisan nenek moyang yaitu ragam kain tradisional sebagai bagian budaya Nusantara

(7) harga kain songket Palembang cukup fantastik. (8) orang Palembang kalau mau naik haji cukup menjual 1 atau 2 kain songketnya.  (9) kain ganda ikat dari Bali dibanderol dengan harga Rp125 juta. (10) Tjammy setuju bahwa kain tradisional nusantara merupakan bentuk investasi. (11)  Padahal, kalau mau dijual harus kepada orang yang tepat. (12) Peminat barang tersebut bukan hanya masyarakat dalam negeri,  melainkan juga kolektor luar negeri yang antusias dan amat berminat pada kain-kain tradisional Indonesia

(diadaptasi dari https://lifestyle.kompas.com/)

Soal No.1
Apa gagasan utama paragraf utama?
  1. Kain tradisional dapat menjadi investasi.
  2. Investasi dapat berupa logam mulia, properti, atau saham.
  3. Tjammy mengoleksi lebih dari 500 kain Nusantara.
  4. Songket Lepus Naga Besaung merupakan songket termahal.
  5. Kain antik punah karena tidak diproduksi lagi.

PEMBAHASAN :
Gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti dalam suatu teks atau paragraf.  inti permasalahan yang dibahas dalam teks tersebut adalah kain tradisional yang dapat menjadi investasi. paragraf tersebut dibangun menggunakan pola analogi dalam kalimat penjelasnya, contohnya perbandingan dengan bentuk investasi lain atau perbandingan harga jual kain tradisional.
Jawaban A

DOWNLOAD SOAL & PEMBAHASAN TPA BAHASA INDONESIA SBMPTN 2018 DALAM BENTUK PDF KLIK DISINI

Soal No.2
Kesalahan penggunaan tanda baca ditunjukkan pada kalimat….
  1. (1)
  2. (4)
  3. (9)
  4. (11)
  5. (12)

PEMBAHASAN :
Tanda baca yang sering terdapat kesalahan Dalam penggunaannya adalah tanda koma. Tanda koma berfungsi untuk memisahkan kalimat setara, memisahkan unsur perincian, memisahkan antara anak kalimat dan induk kalimat, memisahkan kata seruan, menemani konjungsi antarkalimat di awal kalimat, memisahkan petikan langsung di dalam kalimat.  kesalahan penggunaan tanda koma  dapat ditemukan pada kalimat (9). Kalimat (9) terdapat tanda koma  yang memisahkan antara subjek dan predikatnya yaitu Bali dan dibanderol.
Jawaban C

Soal No.3
Manakah pertanyaan yang jawabannya tidak terdapat dalam teks?
  1. Ada berapakah koleksi kain tradisional nusantara milik Tjammy?
  2.  Apakah investasi berupa logam mulia atau saham lebih baik daripada investasi kain tradisional?
  3. Apakah mengoleksi kain tradisional mencerminkan rasa cinta pada budaya Nusantara?
  4. Apa yang menyebabkan Songket Lepus Naga Besaung berharga?
  5. Apakah hanya menjual satu atau dua kain songket Palembang cukup untuk biaya naik haji?

PEMBAHASAN :
Untuk menentukan kalimat tanya yang tidak sesuai, maka kita harus memahami terlebih dahulu isi paragraf. Pertanyaan yang berkaitan dengan investasi lain selain kain tradisional tidak dijelaskan pada  paragraf. maka pertanyaan yang tidak terdapat jawabannya di dalam teks adalah Apakah investasi berupa logam mulia atau saham lebih baik daripada investasi kain tradisional? maka jawabannya adalah B
Jawaban B

Soal No.4
Kata berikut pada kalimat (6) merujuk pada….
  1. Investasi kain tradisional sebagai kekayaan Nusantara.
  2. Adanya alternatif investasi lain selain emas.
  3. Kain songket palembang yang berbahan emas murni.
  4. Biaya haji yang dapat ditutupi dari penjualan kain.
  5. Harga dua jenis kain tradisional nusantara.

PEMBAHASAN :
Pada kalimat (6),  kata berikut menunjuk pada  bagian yang disebutkan di bawahnya kemudian dijelaskan tentang biaya haji yang dapat ditutupi dari penjualan kain. kalimat ini juga menjelaskan bahwa harga kain yang cukup fantastis tanda.
Jawaban D

Soal No.5
Kata sambung yang salah adalah….
  1. kalau pada kalimat (8)
  2. atau pada kalimat (8)
  3. bahwa pada kalimat (10)
  4. padahal pada kalimat (11)
  5. melainkan pada kalimat (12)

PEMBAHASAN :
Kata sambung terdiri dari tiga jenis:

  • koordinatif, menggabungkan/mempertentangkan
  • korelatif, menggunaksan pasangan konjungsi
  • subordinatif, memberikan keterangan tambahan.

Kata sambung padahal menunjukkan pertentangan antara bagian yang dirangkaikan. Dalam teks tersebut penggunaan kata sambung padahal kurang tepat karena bukan bermaksud mempertentangkan tapi menambahkan informasi.
Jawaban D

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 6 – 8

(1) Penyakit stroke  adalah gangguan fungsi otak akibat aliran darah ke otak mengalami gangguan. (2) Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan Otak tidak terpenuhi dengan baik. (3) Penyebab stroke ada dua macam, yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah dan adanya Pembuluh darah yang pecah.

(4) Umumnya stroke diderita oleh orang tua karena proses penuaan yang menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit serta lemak yang menyumbat pembuluh darah. (5) Pada beberapa kasus terakhir menunjukkan peningkatan kasus stroke yang terjadi pada usia remaja dan usia produktif (15-40 tahun). (6) Pada golongan ini, penyebab utama stroke adalah stres, faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti penyalahgunaan narkoba dan alkohol. (7) Pada kasus stroke usia remaja, faktor keturunan merupakan penyebab utama terjadinya stroke. (8) Sering ditemukan karena Stroke yang disebabkan oleh pembuluh darah yang mudah pecah atau kelainan sistem darah, seperti penyakit hemofilia dan thalasemia yang diturunkan oleh orangtua penderita. (9) jika Ayah atau Ibu menderita diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung, kemungkinan anak terkena stroke menjadi lebih besar.

(diadaptasi dari http://rsudleuwiliang.bogorkab .go.id/)

Soal No.6
Kalimat yang tidak efektif terletak pada kalimat….
  1. (2)
  2. (4)
  3. (5)
  4. (6)
  5. (8)

PEMBAHASAN :
Kalimat efektif adalah kalimat yang minimal memiliki subyek dan predikat. Pada kalimat (5) terdapat konjungsi di awal subyek yang menyebabkan subyek berubah menjadi keterangan dalam kalimat tunggal dan anak kalimat dalam kalimat majemuk.
Jawaban C

Soal No.7
Apa simpulan teks tersebut?
  1. Penyakit stroke kebanyakan dialami oleh orang usia lanjut.
  2. Penyakit stroke disebabkan gangguan aliran darah ke otak.
  3. Sumbatan atau pecahnya pembuluh darah mengakibatkan stroke.
  4. Stroke dapat terjadi pada usia remaja, produktif dan usia lanjut.
  5. Penyebab stroke adalah stres, penuaan, gaya hidup, dan keturunan.

PEMBAHASAN :
Gabungan informasi dari awal sampai akhir merupakan simpulan dari sebuah teks. Informasi keseluruhan dari teks ini adalah mengenai stroke yang dapat menyerang semua kalangan dan usia. Maka simpulan yang benar adalah jawaban D
Jawaban D

Soal No.8
Apa gagasan utama yang tidak tepat untuk melanjutkan teks tersebut?
  1. Penanganan stroke
  2. Risiko stroke
  3. Ancaman stroke
  4. Gejala stroke
  5. Penelitian stroke

PEMBAHASAN :
Kesatuan informasi dan makna antar paragraf-paragraf penyusunnya membangun sebuah teks. Paragraf pertama menjelaskan definisi stroke, paragraf kedua membahas siapa yang rentan terkena stroke, paragraf selanjutnya membahas gejala, risiko, penelitian, dan penanganan penyakit stroke. Sedangkan ancaman stroke kurang tepat dijadikan gagasan utama dalam teks tersebut karena terlalu luas.
Jawaban C

teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 9-11

Teks A

(1) Ekspansi Android sudah menyentuh berbagai hal. (2) Bahkan, adanya potensi yang menjanjikan pada masa depan diakui oleh petinggi BlackBerry yang lebih memilih Android ketimbang platform BlackBerry 10. (3) dia secara tersirat mengungkapkan bahwa kesiapan BlackBerry untuk menyambut masa depan bersama Android sudah dimulai melalui salah satu produknya. (4) Namun,  dia tidak ya BlackBerry akan tetap mengandalkan dua platform untuk bermain di bisnis ponsel. (5) Ada kemungkinan mereka akan memilih Android sebagai pilihan di ponsel besutannya.

Teks B

(1) Aplikasi Android pada BlackBerry sudah dimulai lewat salah satu produknya, yaitu BlackBerry Priv. (2) Selain itu, semua solusi enterprise yang dikembangkan juga dapat digunakan pada platform lain untuk waktu yang lama (3) itu adalah perkembangan alami Android. (4) BlackBerry sudah memberikan update versi 10.3.3 dan versi 10.3.4 untuk meningkatkan keamanan ponsel dan fitur baru lainnya. (5) CEO   Blackberry mengonfirmasi peluncur dua ponsel Android baru setelah merilis ponsel Android perdananya, Priv. (6) Dilihat dari sisi penjualan peluncuran tersebut cukup sukses.

(Diadaptasi  dari https://inet.detik.com/)

Soal No.9
Kalimat manakah yang maknanya sejajar dengan kata ekspansi pada kalimat (1) Teks A?
  1. Kapal Phinisi Nusantara mengarungi Samudera Hindia.
  2. Inggris pernah melakukan pendudukan di daerah Afrika.
  3. Pemerintah sedang mengembangkan kurikulum baru.
  4. Kabupaten Manggarai sedang merilis desa wisata baru.
  5. Petani berusaha mengembangbiakan varietas padi jenis baru.

PEMBAHASAN 
Untuk mengetahui kesejajaran makna maka kita harus mengerti mengenai definisi kata tersebut. Ekspansi memiliki definisi perluasan wilayah suatu negara dengan menduduki wilayah negara lain. Sedangkan pada teks tersebut kata ekspansi digunakan pada perluasan pemakaian wilayah Android hingga ke Blackberry. Maka jawaban yang tepat yang bermakna sejajar adalah jawaban B
Jawaban B

Soal No.10
Apa simpulan kedua teks di atas?
  1. Pemasaran ponsel meningkat karena menggunakan teknologi Android.
  2. Android drama pengguna karena dirancang bagi kemudahan pencarian informasi.
  3. Aplikasi ponsel berkembang pesat setelah menggunakan sistem Android.
  4. Bisnis ponsel Android yang menjanjikan membuat produsen ponsel berinovasi.
  5. Ponsel terkini memadukan dua teknologi modern yang mempercanggih ponsel.

PEMBAHASAN :
Simpulan yaittu gabungan informasi yang mewakili kedua teks tersebut. Kedua teks tersebut membahas tentang bisnis ponsel Android yang menjanjikan membuat produsen ponsel berinovasi.
Jawaban D

Soal No.11
Informasi manakah yang terdapat pada Teks B tetapi tidak terdapat pada Teks A?
  1. Aplikasi Android di BlackBerry.
  2. Jenis BlackBerry terbaru.
  3. Perkembangan pesat Android.
  4. Ekspansi Android.
  5. Perpaduan teknologi Android.

PEMBAHASAN :
Informasi yang terdapat pada teks B dan tidak terdapat pda teks A adalah jenis Blackberry terbaru. Pada teks A tidak membahas jenis Blackberry terbaru hanya membahas keputusan Blackberry menggunakan platform Android dalam seri terbarunya.
Jawaban B

Soal No.12
Kalimat manakah yang salah satu katanya ditulis secara tidak tepat?
  1. Mungkin akan ditemukan banyak mikroorganisme dalam larutan itu.
  2. Akhir-akhir ini telah dikembangkan minibasket sebagai sebuah alternatif.
  3. Sekarang ini kita dapat menemukan toko serbaada di daerah pelosok.
  4. Nama nangka Belanda kurang dikenal bila dibandingkan dengan sirsak.
  5. Yang menjadi juara penulisan puisi pada tahun itu adalah anak tunawicara.

PEMBAHASAN :
Penulisan kata yang ditulis secara tidak tepat bisa disebabkan karena:

  • Kesalahan penggunaan huruf kapital.
  • Kesalahan penggunaan huruf miring.
  • Kesalahan penggunaan gabungan kata.
  • Kesalahan penggunaan istilah khusus

Penulisan nama jenis buah tidak boleh menggunakan huruf kapital. Pada jawaban D yang benar seharunya nangka belanda
Jawaban D

Soal No.13
Kalimat manakah yang didalamnya terdapat pilihan kata yang tidak tepat?
  1. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengucapkan terima kasih kepada hadirin.
  2. Kepribadian siswa yang satu tidak boleh dibandingkan dengan kepribadian siswa lain.
  3. Kita  harus berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang gemilang.
  4. Akan tetapi, akhirnya pemerintah tetap memperoleh hak kepemilikan lahan tersebut.
  5. Tenggat pengumpulan tugas kelompok belajar kelas XI belum diumumkan guru kami.

PEMBAHASAN :
Kalimat yang menunjukkan pilihan kata yang tidak tepat adalah pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengucapkan terima kasih kepada hadirin. Pada kalimat tersebut terdapat pilihan kata yang bertele-tele dan berlebihan atau tidak menggunakan diksi yang baik. Diksi merupakan pilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaannya untuk mengungkapkan gagasan.
Jawaban A

Soal No.14
Kalimat manakah yang mengandung bentukan kata yang tidak tepat?
  1. Sejak tahun lalu pemerintah telah memprakarsai pembangunan rumah murah.
  2. Para siswa mempertunjukkan kebiasaan mereka dalam acara pentas tutup tahun.
  3. Dalam ujian SIM peserta harus menyimulasikan cara berkendara yang benar.
  4. Kapolres telah menyerahterimakan kunci rumah kepada anggotanya yang berjasa.
  5. Pada Pekan Olahraga Nasional yang lalu Jawa Barat memeroleh medali terbanyak.

PEMBAHASAN :
Kalimat yang mengandung bentukan kata yang tidak tepat biasanya pada kata turunan yang memiliki kata dasar berawal lesap/hilang/lenyap, yaitu awal konsonan s, k, p, atau t. Pada jawaban E kata memeroleh memiliki bentukan kata yang tidak tepat, seharunya memperoleh.
Jawaban E

Soal No.15
Manakah kalimat yang tidak efektif?
  1. Lembaga itu mengeluarkan hasil survei yang bertujuan menunjukkan elektabilitas calon.
  2. Politisi berbicara mengenai strategi pemenangan partai nya pada pemilu mendatang.
  3. Meskipun permasalahan keluarganya cukup pelik, dia tampak tabah menghadapinya.
  4. Kedekatan tersebut bermacam-macam: kedekatan emosional, ideologis, dan sosial.
  5. Dengan rendahnya angka partisipasi masyarakat, berarti program itu dinilai gagal.

PEMBAHASAN :
Kalimat efektif adalah kalimat yang minimal memiliki subyek dan predikat. Pada jawaban D kalimat tersebut tidak memiliki predikat sehingga dapat dikatakan sebagai kalimat tidak efektif.
Jawaban D

DOWNLOAD SOAL & PEMBAHASAN TPA BAHASA INDONESIA SBMPTN 2018 DALAM BENTUK PDF KLIK DISINI

Sebelumnya Contoh Soal & Pembahasan Ekosistem Tingkat SMP
Selanjutnya Contoh Soal Sistem Gerak Pembahasan & Jawaban Tingkat SMP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.