Rangkuman Materi Hidrolisis, Garam Asam, Basa , Netral

Admin
Hidrolisis adalah penguraian/pemecahan oleh air. komponen garam baik kation maupun anion yang berasal dari asam lemah atau basa lemah akan bereaksi  dengan air/terhidrolisis. Sedangkan kation dan anion garam yang berasal dari asam

  kuat dan basa kuat tidak dapat bereaksi dengan air.

 Jenis-jenis Garam berdasarkan asam basa penyusunnya:

Garam dari asam kuat dan basa kuat. (Tidak terhidrolisis)

Contoh : NaCl (berasal dari NaOH dan HCl), KBr (berasal dari KOH dan HBr)

Garam ini tidak akan bereaksi dengan air. Hal ini disebabkan kation dan anionnya berasal dari asam kuat dan   basa kuat. Nilai pH larutan garamnya = 7 (netral)

Contoh Reaksi Hidrolisis NaCl:

Na+ (aq) + H2O(l) ® (tidak bereaksi)

Cl (aq)+ H2O(l) ® (tidak bereaksi)

Contoh Soal:

Tentukan pH dari 10ml larutan NaCl 2 M

Jawaban:

pH = 7 (netral), karena garamnya berasal dari asam kuat dan basa kuat

Download Rangkuman Hidrolisis Klik Di Sini

Garam dari asam kuat dan basa lemah. (Hidrolisis sebagian/parsial)

 Contoh : NH4Cl (berasal dari NH4OH dan HCl), Al2(SO4)3 (berasal dari Al(OH)3 dan
H2SO4)
Garam ini akan terhidrolisis sebagian/parsial yaitu hanya ion positif (kation) yang
berasal dari basa lemah yang bereaksi dengan air.

Contoh Reaksi Hidrolisis dari NH4Cl:

NH4+ + H2O → NH4OH + H+

Cl + H2O ® (tidak bereaksi)

Karena menghasilkan ion H+ maka garam ini akan bersifat asam, jumlah [H+] dapat

dihitung melalui rumus:

Perhitungan pH

pH = – log [H+]

Keterangan:

Kw = Tetapan Ionisasi Air = 10-14

Kb = tetapan ionisasi basa lemah

M = Molaritas Kation

Kh = Tetapan hidrolisis

LIHAT JUGA : Contoh Soal & Pembahasan Hidrolisis

Tipe soal I: Jika diketahui di soal hanya garam maka langsung masuk rumus.

Contoh Soal:

Tentukan pH dari larutan (NH4)2SO4 0,05 M (Kb NH3 = 10-5)

Jawaban:

Jumlah kationnya (NH4+) berjumlah 2 maka konsentrasi dikali 2

 pH = 5

Tipe soal II:

Jika diketahui di soal asam dan basanya. Maka harus direaksikan dengan metode m, r , s

Contoh Soal:

Larutan 1L NH4OH 2 M bereaksi dengan 1 L H2SO4 1 M tentukan pH campuran!

Jawaban:

Reaksi :

               2NH4OH(aq) + H2SO4(aq) → (NH4)2SO4 + 2H2O

Mula2        2 mol                 1 mol                   –               –

Reaksi        2                         1 –                       1              2 +

Sisa           –                          –                         1 mol       2 mol

Ciri Hidrolisis:

Asam dan Basa akan habis

Menentukan M garam


Masuk Rumus :

pH = 4,5

LIHAT JUGA : Video Pembelajaran Hidrolisis

Garam dari asam lemah dan basa kuat. (Hidrolisis sebagian/parsial)

Contoh : CH3COONa (berasal dari CH3COOH) dan NaOH), KCN (berasal dari KOH dan HCN)

Garam ini akan terhidrolisis sebagian karena hanya salah satu ion yang bereaksi dengan air yaitu ion negatif (anion) yang berasal dari asam lemah.

Contoh Reaksi Hidrolisis CH3COONa adalah

CH3COO + H2O → CH3COOH + OH

Na+ + H2O ® (Tidak bereaksi)

Karena menghasilkan ion OH maka garam ini akan bersifat basa

Perhitungan pH

pOH = – log [OH]

pH = 14 – pOH

Keterangan:

Kw = tetapan kesetimbangan air = 10-14

Ka = tetapan ionisasi asam lemah

M = Molaritas anion

Tipe soal I: Jika diketahui di soal hanya garam maka langsung masuk rumus.

Contoh Soal:

Tentukan pH dari larutan CH3COONa 0,1 M (Ka CH3COOH = 10-5)

Jawaban:


Jumlah anionnya (CH3COO) berjumlah 1 maka konsentrasi dikali 1

pOH = 5

pH = 14 – 5 = 9

Tipe soal II:

Jika diketahui di soal asam dan basa. Maka harus direaksikan dengan metode m, r , s

Contoh Soal:

Larutan 0,5L KOH 2M bereaksi dengan 0,5 L HCN 2M tentukan pH campuran!

Jawaban:

Reaksi :

                KOH(aq) + HCN(aq) → KCN + H2O

Mula2        1 mol          1 mol            –          –

Reaksi        1                 1 –                 1         1 +

Sisa            –                  –                   1 mol  1 mol

      Ciri Hidrolisis

   Asam dan Basa akan habis

Menentukan M garam

hidrolisis

Masuk Rumus :

hidrolisis

pOH = 4,5

pH = 14 – 4,5 = 9,5

Garam dari asam lemah dan basa lemah. (Hidrolisis sempurna)

Contoh : NH4CN (berasal dari NH4OH dan HCN)

Garam ini akan terhidrolisis sempurna yaitu ion positif (kation) yang berasal dari basa

lemah.dan ion negatif (anion) yang berasal dari asam lemah.

Contoh reaksi hidrolisis NH4CN adalah

NH4+ + H2O → NH4OH + H+

CN + H2O → HCN + OH

Sifat asam dan basa ditentukan oleh besarnya Ka dan Kb, Jika:

Ka > Kb garam akan bersifat asam

Ka < Kb garam akan bersifat basa

Ka = Kb garam akan bersifat netral

Perhitungan pH

Jika Ka > Kb (garam asam) Rumusnya:

hidrolisis
Jika Ka < Kb (garam basa) Rumusnya:

hidrolisis

Keterangan:

Kw = tetapan kesetimbangan air = 10-14

Kb = tetapan ionisasi basa lemah

Ka = tetapan ionisasi asam lemah

Contoh Soal:

Tentukan pH dari larutan NH4CN 0,05 M (Kb NH3 = 10-5, Ka HCN = 10-8)

Jawaban:

Ka < Kb maka akan bersifat basa

hidrolisis

pOH = 5,5

pH = 14 – 5,5 = 8,5

Download Rangkuman Hidrolisis Klik Di Sini

 

KINI HADIR LAYANAN BERTANYA TUGAS & PR PREMIUM (FAST RESPOND!!)

CUKUP PAKAI FASILITAS SMS, WA atau BBM Dan PR Mu Terbantu Dengan Cepat

DONASI:
SMP : Rp. 5.000 per pertanyaan
SMA : Rp. 6.500 Per pertanyaan.
Perguruan Tinggi : Rp. 7.500 Per pertanyaan ( Hanya Kimdas dan Fisdas)
Tingkat SMP, SMA mata pelajaran yang bisa ditanyakan Kimia, Fisika, Matematika.

Dijawab oleh guru yang sudah ahli di bidangnya
Layanan Bantuan PR/Tugas dari jam 15.00 s.d 20.00 WIB
(menghindari kecurangan saat ujian)

INFORMASI LEBIH LANJUT HUB : 089622667471 (SMS / WA)

ARTIKEL TERKAIT


23 Komentar

  1. fransisca wally gonza
    fransisca wally gonza
    12/03/2016 at 11:47 am

    Adduuh, aku tuh selalu pusing ka klo belajar kimia, bingung, tapi semoga artikel ini membantu pembelajaran aku aminn…

  2. Yudi
    Yudi
    12/03/2016 at 2:22 pm

    sip..mudah2an membantu

  3. anjar rahmawati
    anjar rahmawati
    18/03/2016 at 9:18 pm

    Ngebantu banget kak makasih 😂 http://anjarrahma26.blogspot.co.id

  4. Yudi
    Yudi
    19/03/2016 at 6:41 pm

    sama2 anjar

  5. Graciana Sarha
    Graciana Sarha
    21/03/2016 at 8:32 pm

    Catatan kimia aku ilang dibawa temen. Dan rangkuman ini membantu banget. Big thanks author!

  6. oger
    oger
    22/03/2016 at 10:15 pm

    lumayan buat contekan makasih

  7. nining
    nining
    23/03/2016 at 10:41 am

    mkasih kak…mmbantu bnget..

  8. XyClv AixCy
    XyClv AixCy
    24/03/2016 at 9:19 am

    Ngebantu banget. Thanks

  9. Gaby
    27/03/2016 at 8:09 pm

    makasih banyak kak, seharian ini udah banyak bgt belajar dari website ini dan beberapa video di youtube.. membantu banget! Makasih yaa… sukses terus!

  10. Drake Auryn Tanwi
    Drake Auryn Tanwi
    27/03/2016 at 10:16 pm

    terima kasih ini sangat membantu

  11. Rudi Haryanto
    02/04/2016 at 1:53 pm

    top lah pokonya

  12. Mut
    Mut
    12/04/2016 at 9:14 pm

    Makasiiik really helpful

  13. Ainin Amini
    13/04/2016 at 4:51 am

    Kalau yang ini mah ngebantu begete ^_^ TQ fAA

  14. Yudi
    Yudi
    15/04/2016 at 8:12 am

    sama-sama ainin

  15. Yudi
    Yudi
    15/04/2016 at 8:13 am

    sama-sama mut

  16. Cindi Cornelia
    Cindi Cornelia
    25/04/2016 at 8:11 pm

    Boleh minta wa atau line nya gak.biar bisa tanya2 gitu kak soal kimia

  17. Yudi
    Yudi
    29/04/2016 at 8:24 pm

    untuk bertanya gratis masuk sini http://tanya-tanya.com/tempat-nanya-pelajaran-dan-pr/, kalau fasilitas wa atau media pesan lainnya diperuntukan bagi yang berbayar.. 🙂

  18. filza
    filza
    20/05/2016 at 7:37 pm

    makasih kak membantu banget

  19. bekal kami
    23/05/2016 at 6:38 am

    awesome bagus banget sangat membantu dalam belajar

  20. Ariy boya
    23/05/2016 at 3:04 pm

    makasi pak bun

  21. Yolin
    25/05/2016 at 12:39 pm

    makasi ya artikelnya. dgn contoh soal dan pembahasannya sy dpt mmngerjakan tugas saya.

  22. irvan.mahendra77
    irvan.mahendra77
    28/11/2016 at 10:46 pm

    Min, rangkuman hidrolisis pdfnya kok ngga bisa didownload yahh ?? Mohon diperbaiki dong. Terimakasih.

  23. Yudi
    Yudi
    29/11/2016 at 9:53 am

    bisa di download. barusan saya cek ga ada masalah

Tinggalkan Balasan

Pesan kamu*

Komentar kamu akan ditinjau dulu sebelum ditampilkan

Name*
Email*
Url