Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan Manajemen

Rangkuman Materi Manajemen Kelas 10

Manajemen secara umum dapat diartikan sebagai suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan pada sumber daya manusia agar tercapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pengertian lain manajemen adalah cara yang digunakan oleh seseorang untuk mengendalikan orang lain menggunakan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan tertentu.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

  1. Mary Parker Follet
    Manajemen adalah suatu seni untuk mengatur orang untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  2. Luther GulickManajemen adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengapa dan bagaimana usaha manusia untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.
  3. Jammes A.F. Stoner
    Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasi, dan pengawasan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  4. George R. Terry
    Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
  5. Henry Fayol
    Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang dimiliki sehingga tercapai tujuan yang efektif dan efisien.

Fungsi Manajemen

Macam-macam fungsi manajemen yaitu:

  1. Perencanaan (planning)
    Perencanaan adalah langkah untuk menetapkan tujuan dan target perusahaan, merumuskan strategi, menentukan sumber-sumber daya yang dibutuhkan, serta menetapkan standar keberhasilan. Perencanaan dilakukan agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan.Ciri-ciri perencanaan yang baik, sebagai berikut:

    • Perencanaan harus sesuai SOP, singkat, dan jelas
    • Memenuhi unsur 5W + 1H (what, why, where, when, who, and how)
    • Menentukan beberapa alternatif rencana yang akan dijalankan agar kegagalan dapat segera ditanggulangi
  2. Pengorganisasian (Organizing)
    Pengorganisasian adalah proses untuk mengelompokkan sumber daya manusia, sumber daya fisik, wewenang, dan tanggung jawab sesuai dengan keahliannya (the right man in the right place) sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.Manfaat dan fungsi pengorganisasian, sebagai berikut:

    • Menempatkan orang pada posisi yang sesuai
    • Mendelegasikan wewenang pada masing-masing orang
    • Membagi tugas sesuai job description masing-masing
    • Meningkatkan profesionalisme di setiap tingkatan manajemen

    Jenis-jenis bentuk organisasi, yaitu:

    • Organisasi garis/ lini
      Yang menerapkan jenis organisasi garis adalah organisasi kecil yang memiliki jumlah pegawai yang masih sedikit. Organisasi garis  adalah jenis organisasi yang pelimpahan wewenangnya secara vertikal, yaitu secara langsung dari atasan ke bawahan. Model seperti ini sifatnya cenderung otoriter.
    • Organisasi fungsional/ staf
      Pada organisasi fungsional pendelegasian tugas dan wewenang menurut bidang masing-masing sangat jelas, sehingga garis komando terlihat pada masing-masing staf sesuai spesialisasinya.
    • Organisasi garis dan staf
      Organisasi garis dan staf diterapkan pada organisasi besar yang memiliki jumlah karyawan banyak. Pelimpahan wewenang dari pimpinan melalui kepala-kepala unit dan para pejabat fungsional.
  1. Pelaksanaan (actuating)
    Pada fungsi pelaksanaan, manajemen merealisasikan program-program organisasi menggunakan alat manajemen sesuai job description masing-masing. Komunikasi yang efektif bisa membantu memaksimalkan pelaksanaan program agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  1. Pengendalian atau pengawasan (controlling)
    Fungsi pengawasan dilakukan untuk meminimalisir kegagalan dari suatu program organisasi  dan diharapkan agar kegagalan tidak terulang lagi. Pengawasan merupakan sarana untuk meningkatkan peluang keberhasilan dari suatu tujuan yang ingin dicapai.

Fungsi manajemen menurut beberapa tokoh ahli, diantaranya:

  1. Menurut Henry Fayol, dengan singkatan POCCC yaitu:
    • Planning (perencanaan): fungsi manajemen untuk merancang tujuan yang ingin dicapai dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.
    • Organizing (pengorganisasian): the right man in the right place, fungsi manajemen dalam menempatkan orang untuk menduduki jabatan tertentu dan mampu melaksanakan tugas pokoknya.
    • Commanding (pemberian perintah): fungsi manajemen dalam hal mengelola perintah untuk memberikan tugas dan wewenang pada setiap lini.
    • Coordinating (koordinasi): fungsi manajemen untuk mengkoordinasikan para bawahan sesuai dengan garis komando masing-masing menggunakan sistem komunikasi yang efektif dan efisien.
    • Controlling (pengawasan): fungsi manajemen untuk mengawasi pencapaian perusahaan sehingga di masa depan diharapkan memperoleh hasil yang lebih baik.
  2. Menurut George R. Terry, dengan singkatan POAC yaitu:
    • Planning (perencanaan): fungsi manajemen perusahaan untuk merancang tujuan yang hendak dicapai perusahaan dengan baik dengan memperhatikan keunggulan dan kekurangan yang dimiliki perusahaan.
    • Organizing (pengorganisasian): fungsi manajemen pada perusahaan untuk menentukan jabatan sekaligus dengan job description
    • Actuating (pelaksanaan): fungsi manajemen dalam melaksanakan rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    • Controlling (pengawasan): fungsi manajemen terkait pengawasan terhadap pelaksanaan program perusahaan pada masing-masing divisi, kemudian dievaluasi sehingga dapat memperbaiki pencapaian di masa depan.

Tingkatan Manajemen

Sumber gambar: ilmu-ekonomi-id.com

Sumber gambar: ilmumanajemenindustri.com

Tingkatan manajemen dapat diurutkan sebagai berikut:

Top manager

  • Pemimpin perusahaan yang memiliki keahlian conceptual skill yang tinggi, technical skill, dan bertanggung jawab langsung terhadap dewan komisaris pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
  • Menetapkan kebijakan operasional
  • Membimbing bawahan agar tercipta koordinasi yang baik
  • Yang berperan sebagai Top Manager yaitu: Presiden Direktur, General Manager, Chief Executive Officer (CEO), dll.

Middle manager

  • Bertugas mengembangkan rencana kegiatan perusahaan
  • Bertugas melaksanakan kebijakan dari Top Manager
  • Menyampaikan kebijakan Top Manager ke Lower manager
  • Middle Manager memiliki keahlian conseptual skill dan technical skill
  • Middle manager bertanggung jawab secara langsung kepada Top Manager
  • Contoh Middle Manager yaitu Manajer pemasaran, Manajer Personalia, Manajer Keuangan, dll

Lower manager

  • Bertugas menjalankan rencana perusahaan
  • Mengawasi karyawan bagian operational
  • Memiliki keahlian technical skill dan conseptual skill
  • Bertanggung jawab secara langsung kepada Middle Manager
  • Contoh Lower Manager yaitu penyelia/ supervisor produksi, penyelia/ supervisor restoran, dll

Operational

  • Pelaksana tugas bagian paling bawah
  • Bertanggung jawab secara langsung terhadap Lower Manager
  • Contoh bagian operational yaitu tenaga administrasi, bagian logistik, teknisi, dll

Alat-Alat Manajemen

Alat-alat manajemen pada suatu perusahaan sangat penting untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Man: sumber daya manusia sebagai pelaksana kebijakan perusahaan untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
  2. Money: dana/ uang yang harus disediakan untuk mendukung aktivitas perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  3. Materials: bahan baku dan bahan pembantu untuk menunjang kegiatan produksi perusahaan.
  4. Methods: suatu cara yang terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana untuk mencapai tujuan perusahaan.
  5. Market: suatu tempat untuk memasarkan barang/ jasa hasil produksi perusahaan.
  6. Machine: alat bantu yang digunakan untuk melakukan kegiatan produksi agar berlangsung secara efektif dan efisien.

Prinsip-Prinsip Manajemen

  1. Pembagian kerja (the right man in the right place): pembagian kerja sesuai dengan keahlian dan kemampuan setiap karyawan sehingga pekerjaan berjalan efektif dan efisien.
  2. Wewenang dan tanggung jawab: setiap wewenang pada suatu pekerjaan akan disertai dengan tanggung jawabnya. Semakin besar wewenang, akan semakin besar juga tanggung jawabnya dan sebaliknya.
  3. Disiplin: sikap patuh dan taat seorang karyawan terhadap pekerjaan sehingga kegiatan di perusahaan dapat berjalan dengan baik. Disiplin yang harus diterapkan misalnya disiplin waktu, disiplin kerja, dsb.
  4. Kesatuan perintah: prinsip kesatuan perintah untuk menghindari tumpeng tindih tugas. Kesatuan perintah berdasarkan pada struktur organisasi perusahaan.
  5. Kesatuan pengarahan: pengarahan dari atasan kepada bawahan sangat bergantung pada sistem komunikasi yang baik.
  6. Mengutamakan kepentingan organisasi: kepentingan organisasi atau perusahaan harus lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi/ kelompok. Hal ini dilakukan agar manajemen perusahaan lebih solid sehingga berdaya saing tinggi.
  7. Penggajian pegawai: sistem penggajian adalah bentuk apresiasi dan kompensasi perusahaan terhadap pegawainya. Gaji sebagai motivasi bagi karyawan agar lebih semangat dalam bekerja.
  8. Pemusatan wewenang: untuk menghindari tumpang tindih wewenang pada bagian-bagian yang penting dalam manajemen perusahaan.
  9. Hirarki: tingkatan pengambilan kebijakan dan tanggung jawab dalam perusahaan.
  10. Ketertiban: ketertiban dalam perusahaan akan menjamin kenyamanan karyawan selama bekerja, sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.
  11. Keadilan dan kejujuran: prinsip moral yang harus dianut oleh sumber daya manusia dalam perusahaan pada setiap lini manajemen.
  12. Stabilitas kondisi karyawan: Top manager, middle manager, dan lower manager sangat berperan dalam menjaga stabilitas karyawan perusahaan. Stabilitas akan terwujud dengan terciptanya kedisiplinan dan ketertiban dalam bekerja.
  13. Prakarsa: sikap menghargai prakarsa/ inisiatif dari setiap karyawan sehingga meningkatkan gairah dalam bekerja. Prakarsa meliputi kehendak, pikiran, perasaan, keahlian, dan pengalaman seseorang.
  14. Semangat kesatuan korp: setiap karyawan harus memiliki semangat kesatuan korp, rasa senasib sepenanggungan yang akan menimbulkan semangat kerja tim antar karyawan. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat menciptakan semangat kesatuan korp bukan yang menimbulkan perpecahan dalam korp.

Bidang-Bidang Manajemen

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)/ Personalia/ HRD
    Manajemen sumber daya manusia terkait dengan rekruitmen, pengembangan mutu, pemberian kompensasi (gaji), dan pengkoordinasikan karyawan. Tujuan kegiatan manajemen sumber daya manusia, yaitu:

    • Mendapatkan karyawan yang berkualitas
    • Meningkatkan keahlian kerja karyawan
    • Menciptakan suasana kerja yang nyaman antara para karyawan dan karyawan dengan atasan
  2. Manajemen keuangan
    Manajemen keuangan merupakan bidang yang fokus terhadap pengelolaan keuangan perusahaan untuk memaksimalkan laba perusahaan. Kegiatan manajemen keuangan meliputi aspek:

    • Pencarian tambahan modal
    • Menentukan kegiatan investasi
    • Menentukan kebijakan pembagian deviden
    • Mengontrol laporan keuangan
  3. Manajemen pemasaran
    Manajemen pemasaran merupakan kegiatan terkait dengan menyampaikan produk dari produsen ke konsumen. Kegiatan manajemen pemasaran meliputi:

    • Riset pasar
    • Perencanaan pemasaran
    • Menganalisis peluang pasar, kendala, dan ancaman dari pesaing
    • Mengiklankan produk
    • Mengelola konsumen untuk meningkatkan permintaan
  4. Manajemen produksi
    Manajemen produksi merupakan kegiatan untuk mengelola faktor-faktor produksi berupa sumber daya manusia, modal, dan kewirausahaan. Kegiatan manajemen produksi terkait dengan:

    • Perencanaan sistem produksi: menentukan konsep atau langkah-langkah untuk menjalankan kegiatan produksi
    • Pengendalian produksi: kegiatan produksi agar dapat memberikan hasil yang maksimal dengan biaya yang rendah dan jangka waktu yang lebih cepat.
    • Pengawasan produksi: menjamin terlaksananya kegiatan produksi agar sesuai dengan yang direncanakan
  5. Manajemen administrasi
    Manajemen administrasi adalah bidang yang terkait dengan pemberian informasi perusahaan untuk membantu manajemen menentukan kebijakan. Tahapan kegiatan yang dilakukan manajemen administrasi yaitu:

    • Pengumpulan data
    • Pencatatan data
    • Pengelompokkan data
    • Pelaporan data
    • Penafsiran data

Penerapan Fungsi Manajemen Di Sekolah

Kegiatan manajemen tidak hanya terdapat pada level perusahaan, akan tetapi juga pada level sekolah. Beberapa kegiatan manajemen di sekolah yang melibatkan peserta didik adalah pembentukkan OSIS dan MPK. Kegiatannya dimulai dengan pemilihan ketua OSIS, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi. Kegiatan lain di sekolah yang melibatkan peserta didik terkait fungsi manajemen yaitu pentas seni, donor darah, bakti sosial, dsb.

Penerapan fungsi manajemen pada kegiatan pentas seni, sebagai berikut:

  1. Perencanaan
    • Menyusun proposal awal
    • Proposal harus berisikan latar belakang, visi misi, perkiraan biaya, dan rencana kegiatan
    • Proposal harus ditandatangani oleh kepala sekolah
    • Kegiatan pentas seni harus mendapat dukungan dari sekolah baik secara materil maupun immateril
  2. Pengorganisasian
    • Membentuk panitia pelaksana kegiatan
    • Membuka open recruitment kepanitiaan untuk menjadi ketua, sekretaris, dan anggota
    • Pembagian tugas pada masing-masing divisi
  3. Pelaksanaan
    • Menyusun proposal sponsorship untuk vendor-vendor yang potensial
    • Mengumpulkan dan mengelola dana dari vendor
    • Merealisasikan acara pentas seni
  4. Pengawasan
    • Mengawasi setiap bidang kepanitiaan pentas seni
    • Mengevaluasi dan Menyusun hasil pengawasan

Contoh Soal & Pembahasan Manajemen

Soal No.1
Manajemen berasal dari Bahasa Inggris yaitu to manage yang artinya …
  1. Sistem
  2. Tata cara
  3. Tata laksana
  4. Usaha
  5. Bekerja sama

PEMBAHASAN :
Manajemen berasal dari Bahasa Inggris yaitu to manage yang berarti mengurus atau tata laksana. Manajemen dapat diartikan sebagai bagaimana cara mengatur, membimbing, dan memimpin dalam suatu organisasi.
Jawaban C

Soal No.2
Manajemen dapat diartikan sebagai seni dan ilmu. Pengertian manajemen sebagai seni adalah …
  1. Dapat dipelajari dan diajarkan kepada orang lain
  2. Kemampuan seseorang dalam memimpin suatu organisasi
  3. Kegiatan untuk merencanakan, mengatur, Menyusun, dan mengawasi
  4. Tindakan untuk merencanakan, mengatur, Menyusun, dan mengawasi
  5. Kegiatan untuk mencapai tujuan suatu organisasi

PEMBAHASAN :
Manajemen sebagai seni dapat diartikan bahwa kemampuan manajemen terkait dengan pembawaan atau talenta seseorang. Setiap orang dapat mengatur, mengawasi, atau memimpin suatu organisasi sesuai dengan karakter, sikap, dan jiwa kepemimpinan yang dimiliki setiap orang.
Jawaban B

Soal No.3
Manajemen dapat dipelajari dan diajarkan kepada orang lain, pengertian tersebut adalah manajemen sebagai …
  1. Ilmu
  2. Seni
  3. Profesi
  4. Istilah
  5. Sifat

PEMBAHASAN :
Manajemen dapat diartikan sebagai seni dan ilmu. Manajemen sebagai seni dapat diartikan bahwa kemampuan manajemen terkait dengan pembawaan atau talenta seseorang. Sedangkan manajemen sebagai ilmu bahwa manajemen dapat dipelajari dan diajarkan kepada orang lain.
Jawaban A

Soal No.4
Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian merupakan fungsi-fungsi manajemen menurut …
  1. George R. Terry
  2. John D. Millet
  3. Henry Fayol
  4. Karnadi Wargasasmita
  5. Drs. The Liang Gie

PEMBAHASAN :
Fungsi-fungsi manajemen menurut Henry Fayol sebagai berikut:

  • Perencanaan (Planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Pengarahan (Comanding)
  • Pengkoordinasian (Coordinating)
  • Pengendalian (Controlling)

Jawaban C

Soal No.5
Fungsi manajemen Comanding menurut Henry Fayol adalah …
  1. Mengkoordinasikan aktivitas organisasi
  2. Menetapkan wewenang antar kelompok
  3. Menentukan tujuan atau sasaran strategis organisasi
  4. Bimbingan motivasi bagi karyawan agar bekerja lebih giat
  5. Membagi tugas antara manajer dan karyawan

PEMBAHASAN :
Fungsi manajemen Comanding atau pengarahan adalah kegiatan untuk meningkatkan motivasi para karyawan untuk lebih giat bekerja.
Jawaban D

Soal No.6
Fungsi manajemen perencanaan sangat penting, sebagai langkah awal agar tujuan organisasi dapat terealisasi dengan baik. Yang bukan termasuk manfaat dilakukannya fungsi perencanaan yaitu …
  1. Menghindari terjadinya kesalahan
  2. Membuat laporan pengawasan
  3. Langkah kerja lebih tepat sasaran
  4. Menyatukan visi dan misi
  5. Menjadi pedoman kegiatan

PEMBAHASAN :
Beberapa manfaat dari kegiatan perencanaan sebagai berikut:

  • Menghindari terjadinya kesalahan
  • Langkah kerja lebih tepat sasaran
  • Menyatukan visi dan misi
  • Menjadi pedoman kegiatan

Sedangkan membuat laporan pengawasan merupakan tugas dari fungsi pengawasan.
Jawaban B

Soal No.7
Bertugas menetapkan tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan adalah tugas dari …
  1. Top management
  2. Middle management
  3. Lower management
  4. Supervisor
  5. Personalia

PEMBAHASAN :
Pada umumnya terdapat tiga tingkatan manajemen yaitu:

  • Top management: bertugas menetapkan tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan.
  • Middle management: bertugas mengawasi unit-unit kerja dan menjalankan rencana dari Top Management.
  • Lower management: bertugas memimpin dan mengawasi tenaga kerja operasional dalam menjalankan rencana-rencana perusahaan.

Jawaban A

Soal No.8
Yang termasuk sebagai manajer tingkat menengah (middle management) adalah …
  1. Supervisor
  2. Kepala bagian
  3. Mandor
  4. CEO
  5. CFO

PEMBAHASAN :
Tingkatan-tingkatan manajemen sebagai berikut:

  1. Top management
    • Chief Executive Officer (CEO)
    • Chief Financial Officer (CFO)
    • Chief Information Officer (CIO)
  2. Middle management
    • Manajer proyek
    • Manajer pabrik
    • Manajer divisi (kepala bagian)
  3. Manajemen lini pertama (Lower management)
    • Supervisor
    • Manajer area
    • Mandor
    • Manajer departemen

Jawaban B

Soal No.9
Perencanaan, tindakan, pengawasan, dan evaluasi terkait dengan proses memperkenalkan barang atau jasa kepada konsumen atau masyarakat luas adalah tugas dari manajemen …
  1. Penjualan
  2. Strategis
  3. Keuangan
  4. SDM
  5. Pemasaran

PEMBAHASAN :
Jenis-jenis manajemen yang sering terdapat di perusahaan diantaranya:

  • Manajemen strategis
  • Manajemen penjualan
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen operasi
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen SDM
  • Manajemen R & D
  • Manajemen proyek
  • Manajemen risiko

Manajemen pemasaran berperan dalam perencanaan, tindakan, pengawasan, dan evaluasi terkait dengan proses memperkenalkan barang atau jasa kepada konsumen atau masyarakat luas. Tujuan manajemen pemasaran adalah agar banyak yang mengenal barang atau jasa hasil produksi sehingga diharapkan masyarakat menjadi tertarik untuk membeli barang atau jasa tersebut.
Jawaban E

Soal No.10
Setiap pemimpin memiliki gaya sendiri dalam memimpin perusahaannya. Manajemen yang memiliki gaya kepemimpinan yang baik adalah …
  1. Autokratis
  2. Visioner
  3. Laissez faire
  4. Transaksional
  5. Menghamba

PEMBAHASAN :
Gaya manajemen yang baik, yaitu:

  • Visioner
  • Demokratis
  • Transformasional
  • Pelatih

Gaya manajemen yang buruk, yaitu:

  • Autokratis
  • Laissez faire
  • Transaksional
  • Menghamba

Jawaban B

Soal No.11
Prinsip dalam manajemen “more pay for more prestige” memiliki arti bahwa …
  1. Upah lebih untuk prestasi lebih
  2. Pelimpahan wewenang
  3. Kesatuan pengarahan
  4. Wewenang dan tanggung jawab manajemen
  5. Pembagian kerja sesuai kemampuan

PEMBAHASAN :
Prinsip dalam manajemen “more pay for more prestige” memiliki arti bahwa upah lebih untuk prestasi lebih. Upah merupakan kompensasi dari prestasi karyawan. Sistem pengupahan yang baik akan menciptakan situasi yang kondusif dalam bekerja.
Jawaban A

Soal No.12
Beberapa definisi manajemen dikemukakan oleh para ahli salah satunya adalah  Henry Fayol yang menyatakan manajemen adalah …
  1. Seni untuk mencapai suatu tujuan melalui usaha yang dilakukan bersama-sama
  2. Kegiatan yang teratur dan rapi dalam organisasi untuk mencapai tujuan
  3. Seni dan ilmu dalam memimpin dan mengambil keputusan
  4. Proses merencanakan, mengatur, mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu
  5. Seni untuk menyediakan layanan terbaik kepada masyarakat

PEMBAHASAN :
Pengertian manajemen menurut Henry Fayol adalah proses memprediksi, merencanakan, mengatur, mengkoordinasi, memerintah, dan mengendalikan kegiatan dalam organisasi untuk mencapai tujuan dan target bersama. Maka dapat diketahui fungsi-fungsi manajemen yang terkait diantaranya:

  • Perencanaan (Planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Pengarahan (Comanding)
  • Pengkoordinasian (Coordinating)
  • Pengendalian (Controlling)

Jawaban D

Soal No.13

Perhatikan pernyataan berikut ini!

  • Merekrut, menyeleksi, dan melatih SDM
  • Pembagian tugas pada SDM
  • Menyusun struktur organisasi dan garis wewenang
  • Mengalokasikan SDA

Fungsi manajemen di atas adalah kegiatan …

  1. Planning
  2. Organizing
  3. Controlling
  4. Actuating
  5. Directing

PEMBAHASAN :
Kegiatan pengorganisasian merupakan suatu proses menyusun dan menentukan sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Sumber daya organisasi terdiri dari sumber daya manusia (SDM), sumber daya fisik (mesin, tanah, gedung), sumber daya operasional (kebijakan, merk atau brand, sistem informasi). Kegiatan yang dilakukan pada fungsi organizing yaitu:

  • Merekrut, menyeleksi, dan melatih SDM
  • Pembagian tugas pada SDM
  • Menyusun struktur organisasi dan garis wewenang
  • Mengalokasikan SDA

Jawaban B

Soal No.14
Yang tidak termasuk unsur-unsur manajemen adalah …
  1. Man
  2. Money
  3. Merk
  4. Market
  5. Materials

PEMBAHASAN :
Terdapat 6 unsur dalam manajemen, yaitu:

  • Man
  • Money
  • Methodes
  • Materials
  • Machines
  • Market

Jawaban C

Soal No.15
Sumber daya fisik berupa mesin pada unsur manajemen disebut dengan …
  1. Man
  2. Money
  3. Market
  4. Materials
  5. Machines

PEMBAHASAN :
Terdapat 6 unsur dalam manajemen, yaitu:

  • Man (sumber daya manusia)
  • Money (sejumlah uang)
  • Methodes (sistem atau cara kerja)
  • Materials (bahan baku)
  • Machines (mesin-mesin)
  • Market (tempat pemasaran atau pasar)

Jawaban E

Soal No.16
Bidang manajemen akuntansi di suatu organisasi atau perusahaan bertujuan …
  1. Membantu manajemen menentukan kebijakan operasional perusahaan
  2. Membantu menyediakan kebutuhan finansial perusahaan
  3. Membantu pengadaan dan pengembangan SDM perusahaan
  4. Membantu memperluas wilayah pemasaran
  5. Membantu agar produksi berjalan sesuai dengan target perusahaan

PEMBAHASAN :
Keberadaan manajemen akuntansi pada sebuah perusahaan bertujuan memberikan informasi mengenai administrasi akuntansi untuk membantu manajemen menentukan kebijakan operasional sehari-hari pada perusahaan.
Jawaban A

Soal No.17
Pada suatu perusahaan manajemen akuntansi meliputi tiga bidang …
  1. Akuntansi keuangan, akuntansi produksi, akuntansi biaya
  2. Akuntansi manajerial, akuntansi pasar, akuntansi keuangan
  3. Akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi manajerial
  4. Akuntansi barang, akuntansi organisasi, akuntansi manajerial
  5. Akuntansi manajerial, akuntansi jasa, akuntansi pasar

PEMBAHASAN :
Tiga bidang akuntansi meliputi:

  • Financial accounting (akuntansi keuangan)
  • Cost accounting (akuntansi biaya)
  • Managerial accounting (akuntansi manajerial)

Jawaban C

Soal No.18
Gaya kepemimpinan yang memberikan wewenang secara luas kepada karyawannya terkait tugas dan tanggung jawab adalah gaya kepemimpinan …
  1. Otoriter
  2. Demokratis
  3. Bebas
  4. Otokratik
  5. Kharismatik

PEMBAHASAN :
Gaya kepemimpinan demokratis adalah memberikan tugas dan tanggung jawab secara luas kepada karyawannya. Karyawan menjadi bagian dari tim yang berperan sangat besar dalam mewujudkan tujuan dari perusahaan.
Jawaban B

Soal No.19
Prinsip manajemen menurut Frederick W. Taylor, kecuali …
  1. Mengembangkan metode kerja yang baik
  2. Pengadaan serta pengembangan SDM
  3. Menghubungkan antara metode kerja yang baik dengan pekerja sudah dipilih dan dilatih
  4. Adanya kerjasama antara manajer dan non manajer melalui pembagian kerja dan tanggung jawab manajer
  5. Manajemen sebagai sesuatu yang terdiri dari fungsi-fungsi

PEMBAHASAN :
Empat prinsip manajemen menurut Frederick W. Taylor sebagai berikut:

  • Mengembangkan metode kerja yang baik
  • Pengadaan serta pengembangan SDM
  • Menghubungkan antara metode kerja yang baik dengan pekerja sudah dipilih dan dilatih
  • Adanya kerjasama antara manajer dan non manajer melalui pembagian kerja dan tanggung jawab manajer.

Jawaban E

Soal No.20
Perlunya pengkoordinasian dalam suatu organisasi atau perusahaan adalah …
  1. Saling melempar tanggung jawab
  2. Terciptanya kerjasama yang terintegrasi
  3. Memonopoli kewenangan
  4. Tidak terciptanya hubungan baik dengan pihak eksternal
  5. Bekerja sesuai dengan keinginan masing-masing

PEMBAHASAN :
Koordinasi dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk memastikan bahwa setiap departemen ataupun lini yang berbeda dapat bekerja sama secara terintegrasi sehingga tercapai keselarasan untuk mewujudkan tujuan dari organisasi atau perusahaan.
Jawaban B

 

Sebelumnya Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan BUMN & BUMS
Selanjutnya Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan Dinamika Litosfer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.