Rangkuman Materi Konsumsi, Tabungan, Dan Investasi

Konsumsi

Konsumsi merupakan tindakan individu/ kelompok dalam menggunakan hasil produksi berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Fungsi konsumsi adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat konsumsi rumah tangga dengan pendapatan nasional dalam suatu perekonomian.

Pendapatan

Pendapatan disposibel (disposablel Income) adalah jumlah konsumsi individu ditambah dengan jumlah tabungan yang dimilikinya, dapat dirumuskan sebagai berikut:

Yd = C + S

Perbandingan antara pertambahan konsumsi (∆C) dan pertambahan pendapatan disposibel (∆Yd) akan menghasilkan kecenderungan mengkonsumsi marjinal (Marginal Propensity to consume/MPC), atau dapat dirumuskan:

KONSUMSI, TABUNGAN, DAN INVESTASI

Tabungan

Tabungan (Saving) adalah pendapatan individu/kelompok yang tidak dibelanjakan atau dikeluarkan untuk konsumsi saat ini. Fungsi tabungan adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat tabungan rumah tangga dengan pendapatan nasional dalam suatu perekonomian. Persamaannya dapat dirumuskan sebagai berikut:

Fungsi konsumsi: C = a + bY

Fungsi tabungan: S = -a + (1 – bY)

Keterangan:

a = konsumsi rumah tangga secara nasional dengan asumsi pendapatan nasional = 0

b = kecenderungan konsumsi marjinal

C = tingkat konsumsi

S = tingkat tabungan

Y = tingkat pendapatan nasional

Sedangkan untuk perbandingan antara pertambahan tabungan (∆S) dengan pertambahan pendapatan disposibel (∆Yd) akan menghasilkan kecenderungan menabung marjinal (Marginal Propensity to Save/MPS), atau dapat dirumuskan:

KONSUMSI, TABUNGAN, DAN INVESTASI

MPC + MPS = 1

Perhatikan gambar!

KONSUMSI, TABUNGAN, DAN INVESTASI

Keterangan gambar:

  1. Garis Y = C merupakan garis yang menunjukkan semua pendapatan tepat habis dikonsumsi
  2. Titik a menggambarkan konsumsi rumah tangga dengan asumsi pendapatan nasional = 0
  3. Titik D, yang nilainya = menunjukkan tingkat pendapatan nasional dengan asumsi tabungan rumah tangga sama dengan nol.
  4. Titik E (Equilibrium) merupakan titik impas, di mana konsumsi rumah tangga = pendapatan nasional.
  5. OD menunjukkan besarnya pendapatan yang hanya cukup untuk konsumsi saja.

Nilai MPC dan MPS menentukan tingkat kecenderungan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan yang besarnya kurang dari 450 (garis Y=C). Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan merupakan garis lurus. Fungsi konsumsi selalu memotong garis bersudut 450 (garis Y=C) dan fungsi tabungan memotong sumbu datar (sumbu pendapatan nasional) dengan asumsi tabungan rumah tangga sama dengan nol.

Investasi

Investasi adalah segala upaya yang dilakukan untuk meningkatkan sumberdaya produksi. Investasi dilakukan terhadap barang-barang yang tahan lama (barang modal) yang akan digunakan untuk proses produksi.

Fungsi investasi:

I = f(y)

I = investasi

y = pendapatan nasional sebagai fungsi investasi

Antara konsumsi, tabungan dan investasi terdapat hubungan yang erat. Apabila tingkat konsumsi tinggi maka tingkat tabungan akan rendah. Rendahnya tabungan akan berdampak pada pengurangan jumlah pinjaman. Hal ini akan mempersulit investasi yang berasal dari pinjaman.

Sebelumnya Rangkuman Materi, Contoh Soal Past Future Perfect Continuous Tense & Pembahasannya
Selanjutnya Rangkuman Materi Elastisitas Permintaan Dan Penawaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.