Rangkuman Materi Perilaku Menyimpang (Non Konformitas)

Perilaku Menyimpang (non konformitas)

Semua tindakan manusia dalam kehidupan bermasyarakat dibatasi oleh aturan/norma yang berlaku. Perilaku seseorang yang bertentangan dengan aturan tersebut dikatakan perilaku menyimpang. Penyimpangan terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat disebut deviasi, sedangkan pelakunya disebut devian. Definisi perilaku menyimpang menurut para ahli:

Paul B. Horton

Mengatakan bahwa penyimpangan adalah setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat.

Nasution

Penyimpangan sosial menurut Nasution adalah perbuatan yang menyimpang dan bertentangan dengan nilai-nilai kebaikan yang berlaku di dalam masyarakat.

Lewis coser

Mengatakan bahwa perilaku menyimpang merupakan bentuk dari penyesuaian budaya yang berlaku di masyarakat dengan perubahan sosial.

James W. van der Zanden

Perilaku menyimpang merupakan perilaku yang oleh sebagian besar orang dianggap sebagai hal negative dan di luar batas toleransi yang berlaku.

Teori-teori sosiologi tentang perilaku menyimpang

Penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dapat kita ketahui dari beberapa teori yang berlaku:

  1. Teori labelling

    Menurut Edwin M. Lemert, seseorang berperilaku menyimpang karena proses labelling (julukan, cap atau merk) yang bersumber dari masyarakat atau dari lingkungan sosialnya.

  1. Teori hubungan diferensiasi

    Menurut Edwin H. Sutherland, seseorang berperilaku menyimpang karena interaksi sosialnya dengan oarng lain yang berperilaku menyimpang.

  1. Teori anomi

    Menurut Robert K. Merton, individu atau kelompok harus menyesuaikan diri dengan tujuan budaya di masyarakat dan beberapa penyesuaian bisa menjadi sebuah penyimpangan.

  1. Teori kontrol

    Teori ini menyatakan bahwa penyebab terjadinya kejahatan/penyimpangan perilaku karena lemahnya ikatan individu terhadap norma yang berlaku di masyarakat.

  1. Teori konflik

    Menurut Karl Marx, perilaku menyimpang muncul karena peran kelompok-kelompok yang berkuasa di masyarakat untuk melindungi kepentingan mereka.

Sebelumnya Rangkuman Materi Sosialisasi
Selanjutnya Rangkuman Materi Stratifikasi Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.