Rangkuman Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) Figural

Rangkuman Materi Tes Potensi Akademik (TPA) Figural Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Tes Kemampuan Figural

A. Deret Gambar

Pada tes deret gambar para peserta harus fokus, teliti, dan tepat untuk menemukan sebuah gambar yang tidak mengikuti pola gambar.

B. Perbedaan Gambar

Tes beda gambar bertujuan untuk menguji logika atau penalaran peserta ujian. Perbedaan gambar tersebut bisa karena perbedaan bentuk gambar, komponen di dalam, pola gambar, dan berbagai kemungkinan perbedaan lain.

C. Analogi Gambar

Analogi gambar dapat menguji kemampuan peserta dalam berpikir logis. Model tesnya berupa perbandingan gambar, tes hubungan dan konsistensi logis, juga variasi tes gambar yang lain. Tes ini dapat diselesaikan dengan cara perputaran. perubahan bentuk, proyeksi, penggabungan, penambahan, maupun penghilangan bentuk.

D. Matriks Gambar

Matriks gambar merupakan rangkaian figur yang tersusun dalam baris dan kolom. Hal yang harus diperhatikan pada jenis soal ini adalah adanya perubahan pada setiap baris dan kolom dengan pola pergerakan secara vertikal, horizontal bahkan diagonal.

E. Analisis Gambar

Menganalisis potongan sebuah gambar utuh menjadi beberapa fragmen dengan cara memilih salah satu gambar dari beberapa jawaban gambar yang disediakan, kemudian menyatukan kembali fragmen-fragmen tersebut menjadi gambar yang utuh.

F. Pengelompokan Gambar

Kelompokkan gambar yang memiliki kesamaan atau kecocokan, dengan mencari hubungan antargambar dari segala sudut pandang yang memungkinkan pada setiap bentuknya

G. Pengaturan Gambar

Memilih set gambar yang mengikuti aturan yang diberikan, misalnya gambar yang tertutup menjadi lebih terbuka dan gambar yang terbuka menjadi lebih tertutup.

H. Pembentukan Gambar

Pada tes pembentukan gambar, peserta akan diminta untuk memilih alternatif yang mewakili tiga dari lima alternatif gambar yang ketika ketiganya digabungkan akan membentuk sebuah bangun datar tertentu.

I. Gambar Embed

Peserta harus mengamati dengan seksama seluruh gambar yang disediakan, baik gambar pada soal maupun gambar pada jawaban. Kemudian bayangkan gambar pada soal bertumpuk pada gambar jawaban, sehingga akan diketahui bayangan yang berbeda dari gambar jawaban (jawaban kurang tepat).

J. Peletakkan Titik

Beberapa titik di letakkan di sejumlah bangun sisi yang saling bertumpuk, kemudian peserta tes mencari posisi titik-titik tersebut apabila bangun sisi yang bertumpuk tadi berpindah posisi tumpukan.

K. Melengkapi Gambar

Mencari pola sudut terakhir dari gambar pada soal, dengan memberikan beberapa buah gambar yang merupakan potongan dari gambar. Pilihlah salah satu jawaban dari pilihan gambar yang tersedia untuk melengkapi gambar pada soal sehingga dapat melengkapi pola yang ada.

L. Penalaran Gambar

Diketahui sebuah gambar bangun datar yang di dalamnya terdapat banyak garis sehingga akan didapatkan beberapa satuan bangun datar dengan ukuran yang lebih kecil di dalamnya. Kemudian hitung berapa banyak garis lurus atau bangun datar yang  terdapat dalam satu gambar tersebut. Untuk memudahkan pengerjaan soal, peserta tes dapat memberikan tanda berupa alfabet di setiap sudut bangun datar yang diberikan.

M. Potongan Kertas

Asumsikan sebuah kertas dilipat dengan pola lipatan yang bervariasi. Kemudian kertas tersebut digunting sesuai dengan pola pada gambar terakhir dan bayangkan hasil guntingan tersebut setelah kertas dibuka lipatannya.

N. Lipatan Kertas

Asumsikan terdapat sebuah cermin di tengah-tengah gambar, lalu perhatikan arah lipatannya. Untuk lipatan ke kanan maka hasil pencerminan di bagian kiri, begitu juga jika harus melipat ke atas atau ke bawah.

O. Pencerminan

Anggaplah kita sedang berada di depan cermin, untuk menentukan bayangannya kita hanya perlu membalik gambar searah cermin. Tes ini memerlukan kecerdasan, ketelitian penglihatan, dan problem solving.

P. Bayangan Air

Tes bayangan air pada dasarnya sama dengan tes pencerminan, yang membedakan adalah jika pada pencerminan bayangannya ada dikiri/kanan sednagkan pada tes bayangan air bayangannya ada di atas/ bawah.

Q. Kubus dan Dadu

Model tes ini adalah menguji kemampuan peserta untuk melihat sesuatu informasi visual yang tersedia kemudian merekontruksinya menjadi suatu bangun yang utuh (bangun ruang/ benda berdimensi). Peserta harus berimajinasi dan berpikir secara abstrak untuk merekonstruksi bagian-bagian dari struktur bangun dalam bidang datar (jaring-jaring) menjadi  suatu bangun yang utuh berdimensi.

R. Diagram Venn

Diagram venn adalah diagram berupa lingkaran yang merepresentasikan hubungan logis antara himpunan satu dengan himpunan lain. Tes ini digolongkan sebagai tes abstrak karena jawaban berupa gambar diagram venn. Tiga buah kata dianalisis kemudian diinterpretasikan dengan gambar diagram venn yang sesuai.

Contoh Soal & Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) Figural Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Soal No.1
Perhatikan gambar di bawah ini!
Hubungan yang sesuai antara gambar 3 dan 4 adalah …
figural no 1
Sumber: Tim Garuda Eduka dan Tim Mitrasiswa

PEMBAHASAN :
Perhatikan gambar 1 dan 2 untuk menentukan hubungan yang sesuai antara gambar 3 dan 4. Sehingga diperoleh gambar dikelilingi gambar baru dengan jumlah sisi yang bertambah satu, dengan ujung bagian atas dari kedua gambar tersebut bersinggungan.
Jawaban C

Soal No.2
Perhatikan gambar di bawah ini!
Hubungan yang sesuai antara gambar 3 dan 4 adalah …
figural no 2
Sumber: Tim Garuda Eduka dan Tim Mitrasiswa

PEMBAHASAN :
Perhatikan gambar 1 dan 2 untuk menentukan hubungan yang sesuai antara gambar 3 dan 4. Semua elemen dibalik secara lateral, sedangkan elemen paling atas dan paling bawah bertukar posisi.
Jawaban E

Soal No.3
Pilihlah satu gambar yang berbeda di antara lima gambar  berikut ini!
figural no 3
Sumber: Tim Garuda Eduka dan Tim Mitrasiswa

PEMBAHASAN :
Perbedaan gambar bisa terjadi karena perbedaan bentuk gambar, komponen di dalam, pola gambar, dan berbagai kemungkinan perbedaan lain. Pada gambar di atas, gambar C menunjukkan jumlah daun di ujung atas gambar tidak sama dengan jumlah daun di ujung bawah gambar.
Jawaban C

Soal No. 4
Pilihlah satu gambar yang berbeda di antara lima gambar  berikut ini!
figural 4
Sumber: Tim Garuda Eduka dan Tim Mitrasiswa

PEMBAHASAN :
Perbedaan gambar bisa terjadi karena perbedaan bentuk gambar, komponen di dalam, pola gambar, dan berbagai kemungkinan perbedaan lain. Pada gambar di atas, gambar A, B C, dan D kepala panah di sepanjang keliling lingkaran bergerak searah jarum jam sedangkan gambar E berbeda yaitu bergerak berlawanan dengan arah jarum jam.
Jawaban E

Soal No. 5
Perhatikan gambar! Hasil pencerminan gambar di bawah ini adalah …
figural no 5
Sumber: gramedia.com

PEMBAHASAN :
Pada pencerminan, untuk menentukan bayangannya kita hanya perlu membalik gambar searah cermin. Berdasarkan soal di atas posisi cermin sudah diketahui yaitu di sebelah kanan gambar, sehingga dapat memudahkan kita untuk menentukan bayangannya.
Jawaban B

Soal No. 6
Pilihlah satu gambar yang berbeda di antara lima gambar  berikut ini!
figural 15

PEMBAHASAN :
Tes beda gambar bertujuan untuk menguji logika atau penalaran peserta ujian. Perbedaan gambar tersebut bisa karena perbedaan bentuk gambar, komponen di dalam, pola gambar, dan berbagai kemungkinan perbedaan lain. Perhatikan dengan seksama ada satu gambar yang berbeda dengan 4 gambar lainnya. Dengan menghitung sisi-sisi bangun datar tersebut dapat diketahui bahwa gambar B hanya memiliki 4 sisi, sedangkan gambar yang lain terdiri dari 5 sisi.
Jawaban B

Soal No. 7
Lengkapi matriks gambar berikut ini!
figural no 7
Sumber: zenius.net

PEMBAHASAN :
Hal yang harus diperhatikan pada jenis soal matriks gambar adalah adanya perubahan pada setiap baris dan kolom dengan pola pergerakan secara vertikal, horizontal bahkan diagonal. Pada soal di atas akan lebih mudah dengan membaca matriks secara horizontal. Sehingga pola gambar yang tepat adalah gambar B.
Jawaban B

Soal No. 8
Menentukan pasangan dari bangun datar  di bawah ini!
figural no 8
Sumber: zenius.net

PEMBAHASAN :
Tes ini dapat diselesaikan dengan cara perputaran. perubahan bentuk, proyeksi, penggabungan, penambahan, maupun penghilangan bentuk. Pada soal di atas, diketahui gambar sebelumnya berbentuk segilima dan pasangannya akan berupa segilima, maka untuk gambar selanjutnya berbentuk segienam dan ambil dua sisi yang atas dari segienam kemudian masukan ke bagian dalam sehingga diperoleh gambar C.
Jawaban C

Soal No. 9
Perhatikan jaring-jaring berikut ini dan tentukan gambar bangun ruangnya!
figural no 9
Sumber: zenius.net

PEMBAHASAN :
Untuk menyelesaikan soal ini peserta harus berimajinasi dan berpikir secara abstrak untuk merekonstruksi bagian-bagian dari struktur bangun dalam bidang datar (jaring-jaring) menjadi  suatu bangun yang utuh berdimensi. Jangan lupa perhatikan tanda lingkaran pada jaring-jaring akan memudahkan kita untuk menemukan jawaban yang paling tepat.
Jawaban A

Soal No. 10
Menentukan pasangan dari bangun datar  di bawah ini!
figural no 10
Sumber: zenius.net

PEMBAHASAN :
Tes ini dapat diselesaikan dengan cara perputaran. perubahan bentuk, proyeksi, penggabungan, penambahan, maupun penghilangan bentuk. Gabungkan kedua bangun, kemudian dirotasi 900 searah jarum jam.
Jawaban B

Soal No. 11
Berikut ini diketahui diagram venn yang representasinya sesuai dengan tiga objek yaitu …

    1. Banten-Cilegon-Cianjur
    2. Negara-Provinsi-Kota
    3. Binatang-Serangga-Kecoak
    4. Jantan-Betina-Hermafrodit
    5. Sayur-Kangkung-Sawi

PEMBAHASAN :
diagram venn 2
Jawaban A

Soal No. 12
Diagram venn untuk: Paman-Pria-Ayah
diagram venn 3

PEMBAHASAN :
diagram venn 4
Semua paman dan semua ayah adalah pria. Sehingga ada satu lingkaran besar pria dan dua lingkaran kecil (paman dan ayah), dua lingkaran kecil berada di dalam lingkaran besar. Dua lingkaran kecil saling beririsan karena paman dan ayah memiliki hubungan kekerabatan bahwa ada orang yang merupakan seorang ayah (bagi anaknya) dan juga seorang paman (bagi keponakannya).
Jawaban E

Soal No. 13
Diagram venn untuk: Tumbuhan-Bunga-Binatang-Kucing
diagram venn 5

PEMBAHASAN :
Bunga adalah salah satu tumbuhan dan kucing adalah salah satu jenis binatang. Diagram venn berupa dua lingkaran besar dengan masing-masing di dalamnya terdapat satu lingkaran kecil. Hal ini karena tumbuhan dan binatang tidak memiliki keterkaitan, begitu juga dengan bunga dan kucing.
Jawaban E

Soal No. 14
Menentukan gambar mana yang paling sesuai dengan jaring-jaring prisma berikut ini:
Sumber: makinmahir.idspasial 1

PEMBAHASAN :
Untuk mempermudah, perhatikan terlebih dahulu pola segitiga pada sisi tegak dan garis lurus pada sisi atas yang membagi segi lima sama luas. Kemudian rangkai sisi tegak prisma, maka pola segitiga akan bersebelahan dengan ujung segitiga menghadap arah yang sama. Jangan lupa garis lurus membagi segi lima sama luas.
Jawaban B

Soal No. 15
Menentukan pola perubahan gambar 3D yang terbentuk sebagai berikut:
spasial 2
Sumber: makinmahir.id

PEMBAHASAN :
Perhatikan bangun tabung kecil pada setiap pergantian gambar posisinya berubah, bergerak sesuai arah jarum jam. Jumlah lingkaran pada sisi depan kubus mengalami pengurangan sebanyak 1 lingkaran dan posisi tabung (gambar keempat) berada pada sudut kanan depan.
Jawaban C

Soal No. 16
Mengubah bentuk gambar 2 dimensi menjadi 3 dimensi, sebagai berikut:
spasial 3
Sumber: Practiceaptitudetest.com

PEMBAHASAN :
Pada jaring-jaring kubus di atas asumsikan dua gambar persegi kecil menjadi alas kubus, gambar satu lingkaran besar dan dan tiga lingkaran kecil menjadi sisi kubus, sedangkan gambar persegi kecil terletak di bagian atas kubus. Maka bentuk 3D yang tepat adalah gambar D.
Jawaban D

Soal No. 17
Menentukan hubungan gambar dengan sebab akibat sebagai berikut:
spasial 4
Sumber: glints.com

PEMBAHASAN :
Perhatikan gambar 2 dimensi persegi, terjadi perubahan ukuran gambar dari besar menjadi kecil. Maka hubungan selanjutnya adalah gambar kubus besar akan berubah menjadi kubus kecil.
Jawaban B

Soal No. 18
Menentukan hasil perputaran gambar yang tepat berikut ini:
figural 10
Sumber: gramedia.com

PEMBAHASAN :
Putar gambar searah jarum jam dan kita akan menemukan gambar yang tepat dengan mencocokan pilihan satu persatu.
Jawaban A

Soal No. 19
Diagram venn untuk: Banjir, gempa bumi, bencana alam
figural 11

PEMBAHASAN :
Menentukan ciri-ciri, kesamaan, perbedaan, atau keanggotaannya sehingga diketahui hubungan ketiga objek pada soal. Banjir dan gempa bumi termasuk bencana alam, tapi keduanya tidak memiliki hubungan. Sehingga diagram venn nya terdiri dari satu lingkaran besar (bencana alam) dan di dalamnya terdapat dua lingkaran kecil (banjir dan gempa bumi) yang tidak beririsan.
Jawaban C

Soal No. 20
Diagram venn untuk: Pilot, Guru, Atlet
figural 11

PEMBAHASAN :
Mencari persamaan, perbedaan, atau kategori objek pada soal. Pilot, guru, atlet memiliki persamaan yaitu merupakan profesi sehingga diagram venn nya terdiri dari tiga lingkaran (pilot, guru, atlet) yang ketiganya saling beririsan.
Jawaban A

Soal No. 21
figural 14
Gambar domino selanjutnya adalah …
figural 13

PEMBAHASAN :
Terdapat persamaan pada gambar domino tersebut, yaitu semuanya memiliki 4 buah titik (besar dan kecil). Maka gambar domino selanjutnya juga harus memiliki 4 buah titik.
Jawaban D

Soal No. 22
Pilihlah satu gambar yang berbeda di antara lima gambar berikut ini!
figural 16

PEMBAHASAN :
Tes beda gambar bertujuan untuk menguji logika atau penalaran peserta ujian. Perbedaan gambar tersebut bisa karena perbedaan bentuk gambar, komponen di dalam, pola gambar, dan berbagai kemungkinan perbedaan lain. Perhatikan dengan seksama ada satu gambar yang berbeda dengan 4 gambar lainnya. Pada pola gambar B, C, D, dan E garisnya memotong lingkaran, hanya pada gambar A garisnya tidak memotong lingkaran.
Jawaban A

Soal No. 23
Pilihlah satu gambar yang berbeda di antara lima gambar berikut ini!
figural 17

PEMBAHASAN :
Tes beda gambar bertujuan untuk menguji logika atau penalaran peserta ujian. Perbedaan gambar tersebut bisa karena perbedaan bentuk gambar, komponen di dalam, pola gambar, dan berbagai kemungkinan perbedaan lain. Perhatikan dengan seksama ada satu gambar yang berbeda dengan 4 gambar lainnya. Pola A = 3 keriting, B = 4 keriting, C = 5 keriting, D = 7 keriting, dan E = 9 keriting. Pada A, C, D, dan E adalah pola bilangan ganjil, sedangkan B polanya bilangan genap.
Jawaban B

Soal No. 24
Mengubah bentuk gambar 2 dimensi menjadi 3 dimensi, sebagai berikut:
figural 18

PEMBAHASAN :
Untuk mempermudah, perhatikan terlebih dahulu pola jaring-jaringnya. Kemudian rangkai sisi tegak prisma segiempat yang memiliki panjang sisi sama kaki, kemudian lihat di jaring bagian ujung gambar sebelah kanan berupa kotak kecil sebagai penentu jawaban.
Jawaban D

Soal No. 25
Menentukan pasangan dari bangun datar  di bawah ini!
figural 19

PEMBAHASAN :
Tes ini dapat diselesaikan dengan cara perputaran 1800 , dengan warna gambar saling berlawanan. Kemudian di bagian kanan atas gambar kedua ditambahkan bentuk segitiga dengan warna yang berlawanan dengan bentuk pola sebelumnya.
Jawaban B

Soal No. 26
Menentukan pasangan dari pola gambar  di bawah ini!
figural 21

PEMBAHASAN :
Pola pada soal di atas, gambar sebelah kanan merupakan hasil pencerminan terhadap gambar sebelah kiri. Kemudian dilakukan duplikasi objek yang ditunjukkan panah, seperti berikut:
figural 22

Jawaban B

Soal No. 27
Menentukan pasangan dari pola gambar berikut ini!
figural 23
figural 24

PEMBAHASAN :
Perhatikan gambar  sebelah kiri petak pertama yang memuat gambar sebuah segitiga dan tiga persegi panjang berukuran kecil (persegi panjang baris kedua diarsir). Sedangkan pada petak kedua, segitiga berubah menjadi persegi panjang dengan setengah bagiannya diarsir. Ketiga persegi panjang di petak pertama berubah menjadi segitiga.
Kondisi tersebut berlaku pada gambar sebelah kanan untuk memperoleh pola selanjutnya.

Jawaban C

Soal No. 28
Diagram venn untuk: Anjing, Binatang peliharaan, Kucing
figural 25

PEMBAHASAN :
Beberapa anjing dan beberapa kucing adalah termasuk binatang peliharaan, tetapi sebagian lagi tidak karena termasuk binatang liar. Sedangkan kucing dan anjing tidak berhubungan satu sama lain. Maka diagram venn yang terbentuk sebagai berikut:figural 26

Jawaban A

Soal No. 29
Menentukan pola gambar selanjutnya!
figural 27

PEMBAHASAN :
Perhatikan pola pada gambar 1, 2, 3, 4, dan 5, dua elemen ditambahkan di masing-masing gambar, baik itu berupa dua garis, dua lengkungan, atau satu garis dan satu lengkungan.

Jawaban A

Soal No. 30
Menentukan pola gambar selanjutnya!
figural 28

PEMBAHASAN :
Untuk memudahkan pengerjaan, perhatikan segitiga yang berada di tengah. Segitiga pada kolom kiri dan kanan saling berlawanan arah. Segitiga pada kolom kanan berotasi searah jarum jam dan kolom tengah berotasi berlawanan arah jarum jam. Maka segitiga pada kolom kiri berotasi searah jarum jam.

Jawaban A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page