Rangkuman Materi, Contoh Soal Ekosistem dan Lingkungan & Pembahasan

Rangkuman Materi Ekosistem & Lingkungan Kelas 10

Ekosistem merupakan suatu sistem yang melibatkan hubungan timbal balik antara organisme hidup dengan lingkungannya. Sedangkan ilmu yang mempelajari tentang ekosistem adalah ekologi.

Komponen Ekosistem

Biotik

Komponen biotik adalah komponen pada lingkungan yang terdiri dari mahluk hidup atau disebut juga dengan komponen hidup. Komponen ini terdiri dari:

  • Produsen: organisme yang menciptakan makanan sendiri (autotrof) misalnya tumbuhan.
  • Konsumen: organisme yang tidak bisa menciptakan makanan sendiri (heterotrof). Kebutuhannya dipenuhi oleh organisme autotrof sebagai sumber makanannya, contohnya manusia dan hewan.
  • Dekomposer (pengurai): organisme yang berperan menguraikan bahan organik dari organisme yang sudah mati (sapotrof/detritivor), misalnya jamur, cacing, kutu kayu, dan bakteri.

Abiotik

Komponen abiotik adalah komponen yang tidak hidup baik secara kimia ataupun fisik. Komponen ini  menjadi medium atau substrat atau tempat hidup organisme dalam suau ekosistem. Komponen-komponen abiotik, adalah:

  • Air: komponen terbesar dalam tubuh, air juga diperlukan untuk proses metabolisme.
  • Cahaya: diperlukan untuk proses fotosintesis
  • Oksigen: digunakan untuk proses pembakaran dalam tubuh agar menghasilkan energi
  • Suhu: menentukan habitat mahluk hidup tertentu
  • Tanah dan batuan: sebagai tempat tinggal dan menyediakan unsur-unsur penting bagi pertumbuhan mahluk hidup

Bentuk Interaksi Dalam Ekosistem

  • Antibiosis: hubungan antara dua jenis organisme, organisme yang satu dapat menghambat atau mematikan organisme lain. Contohnya Penicillium dapat mengeluarkan antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, tumbuhan kamboja dan gamal dapat mengeluarkan racun untuk membunuh tumbuhan disekitarnya.
  • Kompetisi: persaingan antar individu satu spesies (intraspesifik)atau antar individu yang berbeda spesies (interspesifik). Contohnya kompetisi untuk mendapatkan makanan, tempat hidup, air, dan pasangan hidup.
  • Predasi: hubungan antar organisme pemangsa (predator) dan mangsanya. Contohnya harimau dan rusa
  • Simbiosis: hubungan dua organisme berbeda yang berinteraksi dengan erat dan khusus. Simbiosis dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Simbiosis mutualisme: interaksi dua organisme yang saling menguntungkan. Contohnya lebar dan bunga, jamur dan akar tumbuhan.
  • Simbiosis parasitisme: interaksi dua organisme yang satu diuntungkan dan yang satu dirugikan. Contohnya benalu dan tanaman inangnya, cacing perut dan manusia.
  • Simbiosis komensalisme: interaksi dua organisme yang satu diuntungkan dan yang satu tidak untung ataupun tidak rugi. Contohnya ikan hiu dan ikan remora, bakteri pembusuk dalam usus mammalia.

Daur Biogeokimia Pada Ekosistem

Daur nitrogen

  • 78% gas yang terdapat di atmosfer adalah nitrogen (N2 )
  • Bakteri dapat menyerap nitrogen dalam bentuk N2 misalnya Rhizobium yang hidup pada bintil akar Leguminosae
  • Kemudian nitrogen diubah menjadi amonia (NH3 ) atau disebut amonifikasi
  • Bakteri nitrit (nitrosococcus dan nitrosomonas) merombak amonia menjadi ion nitrit (NO2 ). Ion nitrit lalu dirombak oleh bakteri nitrat (nitrobacter) menjadi ion nitrat (NO3 ). Proses pembentukkan senyawa nitrat dari amonia disebut nitrifikasi.
  • Ion nitrat adalah bentuk senyawa yang dapat diserap tumbuhan. Ion nitrat juga dibutuhkan bakteri dalam tanah untuk proses denitrifikasi.
  • Denitrifikasi adalah proses mereduksi nitrat menjadi gas nitrogen, kemudian nitrogen tersebut akan kembali ke amosfer.

Daur karbon dan oksigen

Salah satu unsur yang dapat didaur ulang di alam adalah oksigen dan karbon, dengan daur yang saling terkait satu sama lain. Karbon di udara bebas berbentuk CO2 yang dapat larut dalam air.

Proses yang terjadi dalam daur karbon dan oksigen melibatkan peristiwa sebagai berikut secara berurutan:

Fotosintesis

Fotosintesis pada tumbuhan (produsen)untuk menghasilkan karbohidrat dan oksigen sebagai bahan makanan dan sumber energi. Proses ini memerlukan karbon dioksida dari udara dan air yang diserap melalui akar-akar.

Respirasi

Mahluk hidup memerlukan oksigen untuk bernapas dan sebagai sumber energi. respirasi adalah proses pemecahan gula (karbohidrat) dan oksigen (O2 )kemudian menghasilkan CO2 , air, dan energi. karbon dioksida ini akan dilepaskan kembali ke udara.

Kebakaran

Selain dari proses  respirasi, karbon dioksida juga dihasilkan dari kebakaran alami, erupsi  gunung berapi, asap kendaraan, tambang, energi nuklir, dll yang akan dilepaskan ke atmosfer.

Dekomposisi

Dekomposisi adalah pemecahan komponen/ bagian organisme yang telah mati menjadi unsur dasarnya. Unsur-unsur dasar ini diantaranya air, kalsium, nitrogen, karbon dioksida, dan oksigen. karbon dioksida dan oksigen akan dilepaskan ke atmosfer. Organisme yang berperan dalam proses  dekomposisi (dekomposer) adalah serangga, jamur, dan bakteri.

Daur air

  1. Evaporasi (penguapan): penguapan air terjadi pada saat suhu udara sedang tinggi, air yang ada di bumi (air sungai, air laut, air tanah dan air yang terdapat dalam tubuh mahluk hidup) akan menguap dan membentuk awan.
  2. Transpirasi: penguapan air juga terjadi pada jaringan tumbuhan, akar menyerap air dan mengalirkannya ke daun untuk fotosintesis. Air hasil fotosintesis akan dilepaskan oleh tanaman melalui stomata dalam bentuk uap air ke atmosfer.
  3. Sublimasi: penguapan air yang berasal dari lapisan es kutub utara, kutub selatan, dan es di pegunungan. Pada proses ini es berubah menjadi uap tanpa melewati fase cair.
  4. Kondensasi: setelah melewati proses penguapan, uap air di atmosfer akan berubah menjadi benda cair/ titik-titik air hujan karena pengaruh suhu yang rendah.
  5. Presipitasi: setelah terjadi kondensasi maka titik-titik air akan jatuh ke permukaan bumi, baik dalam bentuk cair atau beku (salju).
  6. Limpasan: air hujan akan mengalir di atas permukaan bumi akan masuk ke danau, laut, dan samudra.
  7. Infiltrasi: selain mengalir di permukaan air juga mengalir di dalam tanah

Pada saat suhu tinggi maka air akan mengalami penguapan kembali dan begitu seterusnya.

Sumber gambar : https://pelajarankelas5sd.wordpress.com/

Daur fosfor

  1. Sumber utama fosfor diperoleh melalui proses pelapukan batuan. Fosfor merupakan salah satu unsur penyusun materi genetic.
  2. Pelapukan menyebabkan batuan mengalami erosi dan membebaskan senyawa fosfat yang diperlukan mahluk hidup
  3. Tumbuhan, jamur, dan mikroorganisme menyerap fosfat yang terkandung dalam tanah, sedangkan manusia dan hewan mendapatkan fosfat dari tumbuhan atau dari hewan lain yang dimangsa.
  4. Fosfat akan kembali ke tanah atau air melalui proses dekomposisi dengan bantuan dekomposer.

Sumber gambar : http://pertanian-unas-sharfinah.blogspot.com/

Daur sulfur

  1. Adanya aktivitas gunung berapi atau aktivitas industry batu bara yang menggunakan bahan bakar berupa gas SO2 .
  2. Gas SO2 akan naik ke udara membentuk awan, kemudian terjadi hidrolisis air berupa H2 SO4 sehingga menurunkan hujan awan akibat proses kondensasi.
  3. Hujan awan yang turun ke daratan akan diubah menjadi sulfat yang dibutuhkan oleh tumbuhan melalui penyerapan oleh akar.
  4. Perpindahan sulfat pada mahluk hidup terjadi melalui proses rantai makanan.
  5. Ketika mahluk hidup mati akan terjadi proses dekomposisi dengan bantuan decomposer.

Lingkungan

Keseimbangan Lingkungan

Keseimbangan pada lingkungan dapat tercipta apabila:

  • Unsur-unsur yang terlibat dalam setiap aksi-reaksi dapat berperan sesuai kondisi lingkungan
  • Pemindahan energy (arus energy) dan siklus biogeokimia dapat berlangsung sebagaimana mestinya.

Sedangkan keseimbangan lingkungan akan terganggu apabila:

  • Terjadi perubahan yang melebihi kemampuannya misalnya pengurangan fungsi dari unsur-unsur yang terlibat
  • Hilangnya sebagian unsur-unsur yang dapat mengakibatkan putusnya mata rantai dalam ekosistem

Perubahan yang terjadi pada lingkungan dipengaruhi dua faktor, yaitu:

  1. Faktor alam

    Bencana alam banjir bandang, gunung meletus, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, kekeringan, kebakaran hutan, angin puting beliung, dan perubahan musim.
    Bencana alam ini dapat mengubah lahan pertanian menjadi danau  atau menyebabkan suatu kawasan porak-poranda dan populasi mahluk hidup menurun.

  1. Kegiatan manusia
    • Pembukaan lahan untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, papan, lahan dan sarana transportasi
    • Aktivitas pertanian yang berlebihan seperti penggunaan pestisida dan pupuk kimia lain yang berlebihan
    • Eksploitasi sumber daya laut yang tidak ramah lingkungan

Hal di atas terjadi semata-mata karena kebutuhan manusia yang meningkat seiring dengan meningkatnya pula jumlah manusia. Didorong pula oleh perkembangna IPTEK yang pesat sehingga ekpsloitasi SDA terjadi di mana-mana.

Dampak Pencemaran Lingkungan

Pencemaran air

  • Limbah industry (logam berat berupa merkuri, timbal, seng, timah, krom, arsenat, dll): menyebabkan kematian organisme di dalam air.
  • Limbah rumah tangga (plastic, minyak, sisa-sisa makanan, dan deterjen: mengakibatkan berbagai penyakit dan kematian organisme dalam air.
  • Limbah pertanian (zat kimia pada pupuk pertanian): menyebabkan eutrofikasi dan menyebabkan kematian organisme di dalam air.

Pencemaran udara

No.

Jenis Polutan

Sumber

Dampak

1

Karbon monoksida (CO)Bahan bakar fosil (bensin dan solar) dan pembakaran sisa hasil pertanianMetabolisme dapat terganggu dan dapat menyebabkan kematian

2

Karbon dioksida

(CO2 )

Bahan bakar fosil (bensin dan solar)Menyebabkan pemanasan global (efek rumah kaca)

3

Hidrokarbon (Cx Hy )Pembuangan sampah, tansportasi, dan proses pembakaranHidrokarbon yang berikatan dengan oksida nitrogen di udara dapat mengakibatkan iritasi pada  mata dan keracunan
4CFC/FreonPendingin ruangan (AC), peralatan yang terbuat dari aerosol, dan lemari esMerusak lapisan ozon. Lapisan ozon berfungsi melindungi bumi dari sinar ultraviolet

5

Nitrogen oksida

(NOx )

Minyak, bensin, pembakaran arang, dan gas alamBersifat racun dan dapat mengakibatkan sesak napas

6

Sulfur oksida (SOx )Asap pabrik, gas, batu arang, dan minyak bakarDapat menyebabkan terjadinya hujan asam

Pencemaran tanah

  • Limbah rumah tangga (sampah organic dan anorganik): menyebabkan tanah menjadi labil dan mikroorganisme tanah menjadi terganggu
  • Limbah pertanian (zat kimia pada pestisida/pupuk dan insektisida): menyebabkan kematian mikroorganisme baik dalam tanah

Pengelolaan Lingkungan

  • Melestarikan air
  • Mengolah limbah cair rumah tangga dan industry
  • Tidak membuang sampah ke sungai
  • Membuat sumur resapan
  • Melestarikan udara
  • Penanaman pohon dan tanaman hias di sekitar kita
  • Mengurangi emisi dan gas sisa pembakaran
  • Menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon
  • Melestarikan tanah
  • Menggalakkan reboisasi
  • Membuat terasering/ sengkedan

Contoh Soal & Pembahasan Ekosistem dan Lingkungan UN Biologi SMA

Soal No.1 (UN 2014)
CO2 dapat menyebabkan rumah kaca jika kadarnya di atmosfer meningkat dan mengakibatkan peningkatan suhu bumi yang di sebut pemanasan global. Efek ruah kaca ini dapat ditanggulangi dengan cara ….
  1. membuka lahan pertanian baru
  2. pembakaran hutan
  3. penebangan hutan
  4. penghijauan
  5. penggunaan Freon

PEMBAHASAN :
CO2 merupakan gas yang timbul dari proses pembakaran sempurna bahan bakar fosil. Gas ini dapat menyebabkan efek rumah kaca yang menahan panas dan memantulkannya kembali ke permukaan bumi sehingga suhu bumu semakin meningkat. Kelebihan CO2 dapat ditanggulangi dengan cara penghijauan. Dengan adanya tanaman CO2 di udara akan diserap dan digunakan tanaman untuk berfoto sintesis
Jawaban D

Soal No.2 (UN 2014)
Pembakaran bahan bakar fosil  untuk berbagai kepentingan ternyata dapat menyebabkan terjadinya pencernaan ingkungan yang serius karena ….
  1. polutan SOdan NO2 menyebabkan penipisan ozon
  2. polutan CO menyebabkan kematian tumbuhan
  3. polutan CO2 menyebabkan pemanasan global
  4. polutan PO4 menyebabkan terjadinya hujan asam
  5. polutan CFC menyebabkan efek rumah kaca

PEMBAHASAN :
Berbagai buangan gas bahan bakar fosil yang menjadi polutan diantaranya:

  • Gas CO2 menyebabkan pemanasan global atau efek rumah kaca. Gas CO2 akan mampu menahan panas dan memantulkan kembali ke permukaan bumi sehingga temperatur permukaan bumi menjadi panas
  • Gas CO menyebabkan keracunan pada manusia. Gas ini mampu berikatan dengan haemoglobin yang seharusnya mengikat oksigen. Gas oksigen akan kalah bersaing dengan gas CO untuk berikatan dengan haemoglobin
  • SO3 dan NO3 akan menyebabkan terjadinya hujan asam.

Sedangkan CFC merupakan gas buangan dari freon yang berasal dari kulkas atau AC. Adanya CFC ini menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon. Jawaban yang paling tepat adalah C
Jawaban C

Soal No.3 (UN 2014)
Peran organisme x pada jejaring makanan jejaring makan diatas adalah …
  1. Penyedia tempat hidup untuk hewan
  2. Mengubah zat anorganik menjadi organik
  3. Mengubah zat organik menjadi anorganik
  4. Memakan tumbuhan saja
  5. Penyedia energi untuk fotosintesis

PEMBAHASAN :
Organisme X yaitu bakteri dan jamur merupakan detritrivor yang berperan untuk mengubah zat organik berupa sisa-sisa makanan menjadi senyawa anorganik
Jawaban C

Soal No.4 (UN 2014)
Perhatikan bagan berikut!

Peran tikus berdasarkan jejaring makanan diatas adalah …

  1. Dedrivitor
  2. Produsen
  3. Konsumen I
  4. Konsumen II
  5. Karnivor

PEMBAHASAN :
Tingkatan makhluk hidup dari bagan tersebut:

  • Sayur dan rumput sebagai produsen
  • Tikus, kambing, marmut sebagai konsumen I
  • Ular, harimau, kucing sebagai konsumen II
  • Singa sebagai konsumen III
  • pengurai sebagai dedrivitor

Maka jawaban yang benar adalah C
Jawaban C

Soal No.5 (UN 2014)
Gambar berikut menunjukan jejaring makanan.

Pada jejaring makanan di atas . organisme x berperan sebagai…

  1. Produsen
  2. Konsumen primer
  3. Konsumen sekunder
  4. Konsumen tersier
  5. Pengurai

PEMBAHASAN :
Organisme X yaitu laba-laba, pada jaring makanan di soal dapat dijelaskan:

  • Tanaman sebagai produsen
  • Ulat, kelinci dan belalang sebagai konsumen I atau konsumen primer
  • Laba-laba sebagai konsumen II atau konsumen sekunder
  • Burung sebagai konsumen II dan konsumen III
  • Elang sebagai konsumen II, III dan IV

Sehingga jawaban yang tepat adalah C
Jawaban C

Soal No.6 (UN 2014)
Perhatikan gambar di bawah ini!

Berdasarkan jejaring makanan di atas, peranan X adalah…

  1. Detritivor
  2. Herbivor
  3. Konsumen puncak
  4. Konsumen tingkat 1 dan 2
  5. Konstimen tingkat 2 dan 3

PEMBAHASAN :
Peranan hewan dalam jejaring makanan di atas adalah

  • Tanaman sebagai produsen
  • Ulat, kelinci dan belalang sebagai konsumen I atau konsumen primer
  • Laba-laba sebagai konsumen II atau konsumen sekunder
  • Burung sebagai konsumen II dan konsumen III
  • Elang sebagai konsumen II, III dan IV

Sehingga jawaban yang tepat adalah E
Jawaban E

Soal No.7 (UN 2014)
Perhatikan bagan daur biogeokimia nitrogen!

Fiksasi N2 ditunjukan pada proses..

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

PEMBAHASAN :
Proses pada bagan daur nitrogen pada masing-masing nomor yaitu

  • Proses 1 : merupakan pengambilan nitrogen dari udara oleh bakteri pengikat contohnya Rhizobium yang terdapat pada bintil akar tanaman. Bakteri ini akan mengubah nitrogen bebas menjadi nitrat.
  • Proses 2 : Nitritasi yaitu pengubahan amonium menjadi nitrit (NO2) bakteri yang berperan adalah Nitrosomonas
  • Proses 3 : Nitrasi yaitu pengubahan nitrit menjadi nitrat bakteri yang berperan yaitu Nitrobacter
  • Proses 4 : Asimilasi nitrogen adalah pembentukan senyawa nitrogen organik seperti asam amino dari senyawa nitrogen anorganik yang hadir di lingkungan.
  • Proses 5 : Dekomposer yang berfungsi untuk merombak atau menguraikan nitrogen organik yang ada di dalam makhluk hidup yang mati menjadi nitrogen anorganik.

Jawaban yang tepat adalah A
Jawaban A

Soal No.8 (UN 2014)
Perhatikan rantai makanan berikut!

Peran komponen 1 adalah…

  1. Membentuk produktivitas sekunder
  2. Mengubah zat anorganik menjadi organik
  3. Mengubah zat organik menjadi anorganik
  4. Menguraikan molekul besar menjadi kecil
  5. Menangkap energi kimia menjadi energi potensial

PEMBAHASAN :
Komponen 1 adalah tanaman yang mengubah zat anorganik (tidak mengandung bahan kehidupan) menjadi zat organik (mengandung bahan kehidupan) dengan dibantu oleh sinar matahari
Jawaban B

Soal No.9 (UN 2014)
Cermati siklus karbon berikut!

Proses yang terjadi pada X dan Y adalah…

  1. Oksidasi dan respirasi
  2. Respirasi dan transpirasi
  3. Fotosintesis dan respirasi
  4. Transpirasi dan respirasi
  5. Fotosintesis dan oksidasi

PEMBAHASAN :
Proses yang terjadi pada X adalah proses yang terjadi pada fotosintesis. Dimana pada proses X adalah terjadi penyerapan CO2 yang dilakukan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis kemudian digunakan hewan pada gambar untuk melakukan proses respirasi seperti yang ditunjukan oleh proses Y. Jadi jawaban yang tepat adalah C
Jawaban C

Soal No.10 (UN 2013)
Dalam ekosistem perairan terdapat komponen sebagai berikut.
  1. bakteri (pengurai)
  2. ikan besar
  3. zooplankton
  4. ikan kecil
  5. plankton

Perpindahan energi yang terjadi pada ekosistem tersebut secara berurutan adalah ….

  1. (1)→(2) →(3)→(4)→(5)
  2. (1)→(5) →(4)→(2)→(3)
  3. (2)→(5) →(4)→(2)→(1)
  4. (2)→(5) →(4)→(3)→(1)
  5. (5)→(4) →(3)→(2)→(1)

PEMBAHASAN :
Rantai makanan dimulai dari produsen dalam ekosistem perairan termasuk produsen adalah fitoplankton. Selanjutnya fitoplankton sebgai produsen akan dimakan oleh konsumen I yaitu zooplankton. Kemudian zooplankton akan dimakan oleh ikan kecil sebagai konsumen II lalu ikan kecil akan dimakan oleh ikan besar sebagai konsumen III. Dan pada akhirnya ikan besar jika mati akan diuraikan oleh dekomposer yaitu bakteri. Maka urutan yang benar adalah jawaban C
Jawaban C

Soal No.11 (UN 2013)
Energi cahaya matahari masuk kedalam komponen  biotik melalui produsen dan di ubah menjadi energi kimia. Organisme yang memiliki peran mengubah energy tersebut adalah ….
  1. hewan herbivora
  2. hewan karnivora
  3. pengurai
  4. konsumen
  5. tumbuhan hijau

PEMBAHASAN :
Produsen merupakan salah satu komponen biotik yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia dan menghasilkan makanan bagi organisme yang lain. Produsen yang menggunakan cahaya matahari pada umumnya merupakan tumbuhan hijau yang kemudian mengubahnya menjadi energi. Sehingga jawaban yang tepat adalah E
Jawaban E

Soal No.12 (UN 2013)
Pembakaran bahan bakar fosil untuk berbagai kepentingan dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan yang seius, yaitu timbulnya polutan …
  1. Gas CO2 yang menyebabkan pemanasan global
  2. CFC yang menyebabkan efek rumah kaca
  3. SOx dan NOx yang menyebabkan penipisan ozon
  4. PO4 yang menyebabkan terjadinya hujan asam
  5. Gas NH3 yang menyebabkan kematian tumbuhan

PEMBAHASAN :
Hasil pembakaran bahan bakar fosil menghasilkan berbagai polutan diantaranya

  • Gas CO2 menyebabkan pemanasan global atau efek rumah kaca. Gas CO2 akan mampu menahan panas dan memantulkan kembali ke permukaan bumi sehingga temperatur permukaan bumi menjadi panas
  • Gas CO menyebabkan keracunan pada manusia. Gas ini mampu berikatan dengan haemoglobin yang seharusnya mengikat oksigen. Gas oksigen akan kalah bersaing dengan gas CO untuk berikatan dengan haemoglobin
  • SO3 dan NO3 akan menyebabkan terjadinya hujan asam.

Sedangkan CFC merupakan gas buangan dari freon yang berasal dari kulkas atau AC. Adanya CFC ini menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon. Gas NH3 tidak dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil. Jawaban yang paling tepat adalah A.
Jawaban A

Soal No.13 (UN 2013)
Perhatikan daur karbon dan oksigen berikut ini!

Proses yang terjadi pada bagian Y adalah

  1. Respirasi
  2. Fotosintesis
  3. Penguraian
  4. Mineralisasi
  5. Pelapukan

PEMBAHASAN :
Pada daur karbon dan oksigen tersebut oksigen akan dimanfaatkan hewan untuk melakukan respirasi yang kemudian hewan akan mengeluarkan kotoran yang diuraikan oleh mikroorganisme. Hasil penguraian tersebut akan menghasilkan CO2 yang digunakan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Hasil fotosintesis tersebut adalah oksigen dapat digunakan pabrik untuk proses pembakaran dan digunakan hewan. Pada proses Y terjadi proses penguraian oleh mikroorganisme. Sehingga jawaban yang tepat adalah C
Jawaban C

Contoh Soal & Pembahasan Ekosistem dan Lingkungan SBMPTN Biologi SMA

Soal No.1 (SBMPTN 2013)
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan dinamika populasi adalah…
  1. Daya dukung lingkungan merupakan jumlah individu yang dapat didukung oleh lingkungan
  2. Karakter penting populasi antara lain adalah pola persebaran dan kepadatan
  3. Ukuran populasi bergantung pada kemampuan adaptasi anggotanya
  4. Imigrasi dan emigrasi bersifat memperbesar ukuran populasi

PEMBAHASAN :

  • Salah satu faktor yang mempengaruhi dinamika populasi yaitu daya dukung lingkungan, daya dukung lingkungan merupakan jumlah individu yang dapat didukung oleh lingkungan. Daya dukung lingkungan mempengaruhi terhadap pertumbuhan populasi.
  • Karakter penting populasi diantaranya pola persebaran dan kepadatan juga mempengaruhi dinamika populasi. Selain itu komposisi genetik dan dispersi mempengaruhi terhadap populasi itu sendiri
  • Dinamika populasi juga dipengaruhi oleh ukuran populasi di mana ukuran populasi bergantung pada kemampuan adaptasi anggotanya.
  • Imigrasi (perpindahan ke negara bukan asalnya) dapat memperbesar ukuran populasi, sedangkan emigrasi (tindakan pindah dari negara asalnya) dapat memperkecil ukuran populasi.

Jawaban A

Soal No.2 (SBMPTN 2013)
Pernyataan yang benar tentang herbivora dalam ekosistem adalah…
  1. Faktor abiotik membatasi kehidupan herbivora
  2. Kepadatan populasi herbivora dibatasi oleh interaksi antar spesies
  3. Terdapat kompetisi antarspesies yang membatasi jumlah herbivor
  4. Kehidupan herbivora dibatasi oleh aliran energi dalam ekosistem

PEMBAHASAN :
Penjelasan masing-masing pernyataan:

  1. Faktor abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Diantaranya cahaya, air dan CO2. Contoh faktor abiotik tersebut digunakan untuk proses fotosintetis yang tentukan akan mempengaruhi kehidupan herbivora yang menggunakan tumbuhan sebagai sumber makanannya. Maka pernyataan 1 benar
  2. Kepadatan populasi herbivora dibatasi oleh interaksi antar spesies. Interaksi antar spesies akan berpengaruh terhadap kepadatan populasi. Misal adanya predator atau parasit. Penyataan 2 benar
  3. Terdapat kompetisi antarspesies yang membatasi jumlah herbivor. Kompetisi yang dimaksud bisa memperebutkan sumber daya apalagi pada spesies yang sama. Bisa memperebutkan cahaya atau makanan dapat membatasi jumlah herbivora. Penyataan 3 benar
  4. Kehidupan herbivora dibatasi oleh aliran energi dalam ekosistem. Aliran energi yang dimaksud berupa sinar matahari, sinar matahari dapat mempengaruhi jumlah tumbuhan yang ada. Jika matahari cukup maka jumlah tumbuhan akan banyak dan herbivora meningkat begitu pula sebaliknya. Pernyataan 4 benar

Jawaban E

Soal No.3 (SNMPTN 2012)
Di dalam ekosistem, cendawan berperan penting sebagai…
  1. Konsumen kedua
  2. Konsumen puncak
  3. Konsumen pertama
  4. Pengurai
  5. Produsen

PEMBAHASAN :
Cendawan merupakan jamur yang ditemukan pada kayu lapuk. Di dalam ekosistem, cendawan berperan penting sebagai pengurai.
Jawaban D

Soal No.4 (SNMPTN 2010)
Interaksi antar organisme berikut yang termasuk dalam kategori kompetisi intraspesifik adalah interaksi…
  1. Sesama anggota kupu-kupu dengan spesies sama yang mendiami suatu populasi.
  2. Sesama anggota kembang dengan beragam spesies yang mendiami suatu populasi
  3. Benalu dengan pohon inangnya
  4. Semut dengan pohon rambutan
  5. Sapi dan rumput

PEMBAHASAN :
Kompetisi yang melibatkan spesies yang sama dalam suatu populasi disebut kompetisi intrapesifik contohnya sesama anggota kupu-kupu dengan spesies sama yang mendiami suatu populasi. Kompetisis ini berupa memperebutkan mangsa, daerah teritorial atau pasangan hidup.
Jawaban A

Soal No.5 (UM UGM 2010)
Jika ekosistem air tawar tercemar bahan insektisida dari wilayah pertanian di sekitarnya maka kadar terbesar bahan pencemar terdapat pada…
  1. Air tawar
  2. Ikan herbivor
  3. Fitoplankton
  4. Ikan karnivor
  5. Zooplankton

PEMBAHASAN :
Jika ekosistem air tercemar oleh bahan insektisida dari wilayah pertanian disekitarnya maka kadar terbesar bahan pencermar terdapat pada ikan karnivora yang merupakan konsumen puncak. Hal ini disebabkan makin tinggi posisi dalam rantai makanan maka makin jumlah akumulasi kadar bahan pencemar.
Jawaban D

Soal No.6 (UM UGM 2010)
Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Ukuran populasi bergantung pada kemampuan adaptasi anggotanya.
  2. Kestabilan populasi dalam kurun waktu tertentu.
  3. Pola penyebaran dan kepadatan memengaruhi dinamika populasi.
  4. Kematian dan emigrasi memperbesar ukuran populasi.

Pernyataan yang benar terkait dengan dinamika populasi ditunjukan oleh nomor…..

  1. I,II,dan III
  2. I dan II
  3. II dan I
  4. IV saja
  5. Semua benar

PEMBAHASAN :

  1. Ukuran populasi benar bergantung pada kemampuan adaptasi anggotanya.
  2. Penyataan II benar bahwa kestabilan populasi dalam kurun waktu tertentu
  3. Salah satu faktor yang mempengaruhi dinamika populasi adalah pola penyebaran dan kepadatan
  4. Kematian dan emigrasi seharusnya memperkecil ukuran populasi. Penyataan IV salah

Jadi yang benar adalah I, II, dan III
Jawaban A

Soal No.7 (SPMBM 2009)
Untuk menghitung kepadatan populasi kelinci pada waktu tertentu di padang savana,selain menghitung jumlah kelinci perlu diketahui pula…
  1. Faktor pembatas pertumbuhan populasinya
  2. Laju kelahiran
  3. Luas daerah yang ditempatinya
  4. Luas pertumbuhan populasinya
  5. Pola penyebaran populasinya

PEMBAHASAN :
Menghitung kepadatan populasi kelinci pada waktu tertentu di padang savana, selain menghitung jumlah kelinci juga perlu diketahui luas daerah yang ditempati. Karena kepadatan populasi dapat dihitung dari  jumlah kelinci per luas lahan yang ditempati.
Jawaban C

Soal No.8 (UM UGM 2009)
Yang berfungsi sebagai produsen primer di dalam ekosistem alamiah adalah organisme…
  1. Autotrof
  2. Heterotrof
  3. Saprofit
  4. Karnivora
  5. Herbivora

PEMBAHASAN :
Yang berfungsi sebagai produsen dalam ekosistem alamiah adalah organisme autotrof. Organisme autotrof merupakan organisme yang mampu menyusun makanannya sendiri dari senyawa anorganik menjadi organik dengan bantuan faktor luar seperi sinar matahari.
Jawaban A

Soal No.9 (UM UGM 2009)
Bagian dangkal di tepi danau dengan komunitas tumbuhan yang akarnya mencapai dasar perairan disebut zona…
  1. Limnetik
  2. Profundal
  3. Epilimnion
  4. Litoral
  5. Hipolimnion

PEMBAHASAN :
Zona danau dibagi menjadi empat daerah yaitu

  • Litoral: penghuninya yaitu ganggang dan tumbuhan yang akarnya dapat mencapai dasar perairan, siput,  serangga dan ikan.
  • Limnetik : penghuninya berbagai fitoplankton dan zooplankton.
  • Profundal : penghuninya cacing dan mikrobia.
  • Bentik : penghuninya bentos dan sisa-sisa organisme mati.

Maka jawaban yang benar adalah litoral
Jawaban D

Soal No.10 (SNMPTN 2008)
Hujan asam dapat terjadi apabila di atmosfer banyak mengandung gas…
  1. CO2
  2. CO
  3. N2
  4. SO2
  5. CH2

PEMBAHASAN :
Penyebab hujan asam jika di atmosfer banyak mengandung gas NOx dan gas SOx. Sumber Gas ini dapat berasal dari gas buang kendaraan dan asap pabrik atau dari aktivitas gunung api.
Jawaban D

Soal No.11 (UMPTN 2001)
DDT adalah salah satu pestisida yang berbahaya bagi lingkungan,karena sifatnya dapat membunuh hewan sasaran dan hewan bukan sasaran,Sifat-sifat DDT tersebut diantaranya…
  1. Sukar terurai
  2. Larut dalam lemak
  3. Terakumulasi dalam tubuh organisme
  4. Larut dalam air

PEMBAHASAN :
DDT merupakan pestisida yang berbahaya bagi lingkungan, karena  sifatnya dapat membunuh hewan sasaran dan hewan bukan sasaran, sifat-sifat DDT diantarnya:

  • Sukar terurai
  • Larut dalam lemak
  • Terakumulasi dalam tubuh organisme
  • Tidak larut dalam air

Pernyataan yang benar adalah 1-3
Jawaban A

Soal No.12 (UMPTN 2001)
Tingginya kadar karbon monoksida diudara dapat menganggu kesehatan manusia terutama yang berkaitan dengan…
  1. Pengikatan O2 oleh darah
  2. Penurunan kadar hb darah
  3. Efek rumah kaca
  4. Radang saluran pernapasan
  5. Pengikatan CO oleh leukosit

PEMBAHASAN :
Adanya CO yang terhisap ke dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh kekurangan O2 karena Hb yang seharusnya mengikat O2 dengan adanya CO Hb hanya akan mengikat CO dan tidak mengikat O2. Jika menghirup CO maka akan terjadi sesak napas, kejang otot dan dapat menyebabkan kematian.
Jawaban A

Soal No.13 (UMPTN 2001)
Kelompok tumbuhan sejenis yang hidup disebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu…
  1. Ekosistem
  2. Kominitasi
  3. Populasi
  4. Spesies endemik
  5. Gulma air

PEMBAHASAN :
Populasi merupakan kelompok tumbuhan sejenis yang hidup di sebidang sawah berdasarkan konsep ekologi. Contohnya populasi tanaman padi.
Jawaban C

Soal No.14 (UMPTN 2001)
Berdasarkan kategori kehidupan pada ekosistem perairan, hewan yang aktif berenang tanpa terpengaruh oleh arus air dinamakan…
  1. Nekton
  2. Plankton
  3. Neuston
  4. Bentos
  5. Perifiton

PEMBAHASAN :
Penjelasan pilihan jawaban

  • Nekton : organisme yang aktif berenang tanpa dipengaruhi arus air.
  • Plankton : organisme yang bergerak pasif dipengaruhi oleh arus air
  • Neuston : organisme yang hidup di permukaan air.
  • Bentos : organisme yang melekat atau bergerak di dasar perairan
  • Parifiton : yaitu organisme yang hidup  menempel pada tumbuhan air

Jawaban A

Soal No.15 (UMPTN 2000)
Pada daerah pasang surut, organisme berikut ini yang termasuk bentos adalah…
  1. Udang, kepiting, ikan
  2. Keong, kepiting, kerang
  3. Ikan, keong, kerang
  4. Udang, spongia, obelia
  5. Obelia, hydra, spongia

PEMBAHASAN :
bentos merupakan hewan dan tumbuh-tumbuhan yang hidup di atas atau di bawah dasar laut atau pada wilayah yang disebut zona bentik. Pada daerah pasang surut, organisme yang termasuk bentos adalah keong, kepiting dan kerang
Jawaban B

 

Sebelumnya Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan Kingdom Animalia Biologi SMA
Selanjutnya Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan Tekanan Tingkat SMP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.